LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Begini Cara Sederhana Rawat Power Window Supaya Awet


Auto2000.co.id – Punya mobil dengan kondisi prima, artinya semua fitur berfungsi dengan baik. Sehingga menjaga suasana perjalanan tetap nyaman. Tapi kalau ada fitur yang rusak, biasanya cukup bikin ribet, salah satunya power window.

Meski tidak krusial, tetapi fungsi power window cukup penting, salah satunya mengontrol fungsi jendela ketika masuk tol. Kalau power window bermasalah, seperti macet atau bahkan tak lagi berfungsi, tentu akan sangat menjengkelkan.

Apalagi bila kerusakan terjadi ketika kaca sedang dalam posisi terbuka yang membuat jendela tak lagi bisa menutup, otomatis kondisi tersebut akan membuat pemilik mobil kerepotan.

BACA JUGA : Masuk Musim Hujan, Pastikan 7 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik Supaya Anda Tenang di Jalan

Salah satu cara agar terhindar dari masalah kerusakan power window adalah dengan rajin melakukan perawatan sederhana.
Perlu diketahui, pengoperasian power window tidak lepas dari kerja motor elektrik, karena itu pemilik mobil wajib memperhatikan kondisinya.

“Karena power window bekerja menggunakan motor listrik untuk menaikkan atau menurunkan jendela, jadi harus dipastikan bila tidak ada beban yang menghalangi kerja motor,” ujar Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, beberapa waktu lalu.

“Beban yang dimaksud bisa datang dari mana saja, tapi pada umumnya dari sektor kaca sendiri,” lanjutnya.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Jaga Ban Mobil Supaya Tidak Gampang Meletus di Jalan Tol?

Bila terjadi beban yang menghalangi, seperti adanya debu dan kotoran lain, atau mungkin karet lis kaca yang sudah tak lagi elastis, akan membuat kerja motor menjadi berat.
Dampaknya, ketika kaca akan dibuka atau ditutup prosesnya sedikit lama, bahkan kadang sampai tersendat.

Lebih lanjut, Suparman menjelaskan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk memastikan kerja power window tetap optimal untuk digunakan.
Pertama memperhatikan kondisi karet list kaca, bila kondisinya sudah mengeras baiknya jangan ditunda untuk mengganti. Pengerasan pada karet biasanya terjadi karena mobil sering diparkirkan di bawah terik matahari langsung.

BACA JUGA : Ini Mobil Yang Bisa Anda Beli di Auto2000 Modal Rp 150 Juta Saja

Untuk menjaga kelenturannya, pemilik mobil bisa mengoleskan cairan silikon minimal dua minggu sekali. Hal ini juga berguna untuk melindungi karet agar tak cepat getas.

“Kebersihan kaca dan list karet tadi juga tidak bisa dianggap remeh. Biasakan tidak membiarkan debu terlalu lama hinggap di permukaan kaca,” terang Suparman.
“Karena bila didiamkan bisa membuat debu tersebut masuk ke bagain dalam pintu yang membuat motor elektik menjadi kotor,” ucapnya.

​​​​​​​Hal kedua biasakan untuk tidak membuka kaca saat kondisi hujan atau ketika melintasi jalan berdebu. Karena bila air hujan sampai terkena tombol power window, dampaknya bisa menimbulkan kerusakan yang membuat tombol tersebut tak lagi dapat digunakan.

Share this article
Tanya Tasia