LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Begini Cara Rawat Radiator Mobil Supaya Tidak Overheat

 

Auto2000.co.id – Pemilik mobil jangan sampai tidak memperhatikan kondisi radiator. Pasalnya, komponen ini punya fungsi vital, yakni menjaga kinerja mesin tetap normal dan tidak overheat.

Salah satu musuh utama mesin adalah temperatur terlampau tinggi (overheat), karena itu diperlukan cairan untuk menjaga mesin agar tidak kepanasan. Kalau sampai mesin terlalu panas, bisa-bisa mesin macet dan mati.

Radiator merupakan bagian dari sistem penjaga temperatur mesin. Komponen ini bertugas melepas panas setelah air pendingin melewati water jacket, lewat embusan angin dan ditambah bantuan kipas.

Alasan ini yang membuat fungsinya begitu penting, sehingga perlu adanya perawatan yang dilakukan pemilik mobil.

BACA JUGA : Demi Kenyamanan, Mohon Tidak Melakukan 6 Hal Ini di Cabang Auto2000

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, caranya cukup mudah dan bisa dilakukan seorang diri. Tapi jika tidak ingin repot bisa datang langsung ke bengkel resmi Auto2000.

Radiator itu, paling utama kata Sapta harus dikuras dan diganti air di dalamnya setiap kelipatan 80.000 km.

“Secara fungsi untuk membersihkan kerak-kerak yang ada di dalam radiator itu sendiri, karena jika dibiarkan terlalu lama bisa timbul kerak,” ujar Sapta belum lama ini di Jakarta.

Menurut dia, bisa juga mengecek kondisi air yang ada di dalam radiator. Usahakan juga selalu diganti setiap kelipatan 80.000 km.

BACA JUGA : Tasia Bisa Bantu Booking Service di Bengkel Auto2000 atau Order THS

Tentunya juga harus menggunakan cairan coolant, karena air tersebut dirancang untuk menjaga suhu dan menahan korosi sehingga saluran radiator hingga water jacket di dalam mesin bisa bekerja dengan baik.

“Bisa juga dicek kondisi radiator, apakah terdapat kebocoran pada permukaannya atau tidak. Jika ada yang bocor maka sebaiknya juga langsung dibawa ke bengkel resmi Auto2000 untuk dicek lebih lanjut,” ungkap dia.

Cairan coolant sendiri, kata Sapta yang masih bagus tetap berwarna merah cerah. Jika sudah terlihat menguning maka sebaiknya diganti dengan yang baru agar kinerjanya tetap optimal.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia