LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Begini Cara Rawat Ban Serep, Bahaya Kalau Lupa


Auto2000.co.id – Ban serep atau ban cadangan punya tugas yang tidak kalah penting. Bisa kebayang kan saat Anda butuh ban serep ternyata tidak bisa digunakan karena tidak ada angin?

Maka dari itu, ban serep harus masuk dalam radar perawatan Anda layaknya ban normal yang dipakai setiap hari. Jangan sampai ketika dibutuhkan, ban cadangan tidak ada di tempatnya.

Lantas, bagaimana cara menjaga kondisi ban serep?

BACA JUGA : Sambut Ramadhan  dan Pemilu 2019, Auto2000 Menawarkan Diskon Biaya Jasa, Oli dan Spare Part dalam Program Pre Holiday Campaign dan Tunjukkan Jarimu

1. Pahami lokasinya

Ban serep Toyota punya lokasi peletakan yang berbeda tergantung tipe mobilnya. Contoh, untuk MPV seperti Toyota Avanza dan Kijang Innova ban serep berada di kolong mobil dan butuh sedikit usaha untuk menurunkannya.

Meski begitu, di MPV lain yakni Toyota Sienta, ban serep justru berada di bawah dek bagasi sehingga mudah untuk diturunkan cukup dengan mengangkat lantai bagasi. Termasuk pada model hatchback dan sedan seperti Yaris dan Vios.

Masin ingat Toyota Rush lama yang meletakkan ban serep di pintu bagasi? Ia butuh usaha lebih untuk menurunkan dan memasang kembali ke dudukannya tersebut.

BACA JUGA : Bukan April Mop, Modal Rp 5 Juta Anda Bisa Beli New Avanza di Auto2000

2. Pahami jenis ban serep

Ban serep yang diletakkan di kolong mobil biasanya menggunakan ukuran sama dengan ban standar alias full size. Ban seperti ini bisa diperlakukan seperti ban normal.
Beda dengan ban serep yang berada di bawah bagasi. Ukurannya lebih kecil dan ban normal alias space saver untuk menghemat ruang penyimpanan.

Ban jenis ini hanya bisa dipakai sementara sampai Anda menambal ban yang bocor dan langsung menggantinya. Kecepannya pun dibatasi maksimal hanya 60 km/jam.

BACA JUGA : Mau Lebaran Pakai Toyota Kijang Innova Reborn? Kejar Promonya di Auto2000!

3. Isi tekanan angin ban

Jangankan ban serep yang berada di lokasi yang sulit dijangkau, ban reguler saja kadang Anda masih suka lupa mengisi tekanan angin ban.

Memang ban serep tidak digunakan, namun pori-pori ban membuat udara yang berada di dalam bisa keluar perlahan hingga akhirnya habis total kalau Anda sama sekali tidak peduli.

Sangat tidak nyaman kan kalau sampai habis total padahal sedang dibutuhkan? Oh ya, jangan lupa isi tekanan angin ban serep 5 Psi lebih tinggi dari rekomendasi supaya tidak turun terlalu banyak saat Anda lupa mengisi.

BACA JUGA : Persiapan Mudik Lebaran, Ini Daftar Promo Toyota dari Auto2000 Bulan April 2019

4. Periksa kondisi fisik

Meski tidak dipakai, usahakan untuk mengecek kondisi ban serep saat Anda mengisi anginnya. Perhatikan kondisi telapak ban kalau ada kerusakan. Termasuk pula kondisi dinding ban.

Untuk ban serep full size, ia mesti ikut ritual rotasi ban untuk menjaga tingkat keausan seluruh ban agar tetap merata. Saat balancing, sebaiknya ban serep juga disertakan.

​​​​​​​Nah, Auto2000 paham sekali kebutuhan perawatan ban serep sehingga Anda tidak perlu khawatir karena saat servis berkala, ban serep akan mendapatkan perawatan setara ban lain.

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF