LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Beda Jenisnya Beda Cara Atasinya Ini Jurus Ampuh Usir Serangga Dalam Kabin Mobil

Kabin mobil yang hangat dan cozy ternyata bukan cuma disukai oleh pemilik mobil. Sadar atau tidak, terkadang ada “penyusup” dalam kabin yang tak Anda inginkan. Kabin atau interior mobil ternyata juga menjadi ruang favorit sejumlah serangga untuk membuat rumah. Diantaranya semut, kecoa, nyamuk, dan laba-laba. Serangga-serangga ini rata-rata bersarang di sela-sela interior mobil.

SEMUT

Serangga berukuran mikro itu merupakan binatang yang paling gemar singgah di ruang kabin mobil. Tubuhnya yang sangat kecil memungkinkan semut untuk masuk ke interior melalui sela-sela yang ada di bodi mobil. Namun jika keberadaan semut di ruang kabin dalam jumlah yang banyak tentu akan menimbulkan masalah.

Semut punya sifat berkoloni, sehingga jika ada satu semut yang masuk ke kabin biasanya akan membawa serta “teman-teman” mereka. Keberadaan semut di suatu lokasi karena satu alasan, yakni ada makanan untuk mereka. Bentuknya bisa berupa bangkai serangga lain atau sisa-sisa makanan Anda.

Guna mencegah dan menghindari semut masuk ke sela-sela kabin yakni dengan cara menjaga kebersihan interior mobil. Pastikan tidak ada kotoran berupa bangkai serangga lain seperti lalat atau kecoa dan sisa makanan. Bersihkan kabin secara rutin serta gunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran yang tersembunyi disela-sela bagian interior.

Jika semut sudah terlanjur ada di dalam kabin, ada baiknya Anda menggunakan pestisida berbentuk gel pada posisi yang mudah Anda bersihkan untuk memancing dan mematikannya. Setelah itu bersihkan semut dan pestisida yang tersisa. Jangan menggunakan pestisida cair dengan cara disemprot atau aerosol. Pestisida cair dan aerosol sangat mudah menguap bersama udara dan tersirkulasi bersama AC lalu bisa meracuni manusia jika dihirup dalam jumlah banyak serta waktu yang lama.

KECOA

Kecoa merupakan serangga yang memiliki ketahanan tubuh sangat kuat. Ia bisa bertahan hidup di satu lingkungan dalam waktu yang sangat lama. Namun kecoa tak mungkin masuk ke ruang kabin dengan sendirinya. Serangga ini biasanya menempel pada barang-barang yang Anda masukkan ke mobil seperti kardus, koran bekas, atau bahkan sepatu yang lembab.

Ruang kabin yang kotor dan lembab merupakan tempat tinggal nyaman bagi kecoa. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin kecoa akan mengajak pasangan atau koloninya untuk tinggal di ruang kabin mobil Anda lebih lama.

Cara paling mudah untuk menghilangkan kecoa di kabin yakni dengan membunuhnya. Caranya beragam, bisaa dengan memukul atau menggunakan pestisida. Tetapi lagi-lagi disarankan jangan gunakan pestisida cair yang biasanya di jual umum dalam bentuk semprotan pembunuh serangga. Gunakan pestisida gel di beberapa titik yang mudah Anda bersihkan agar kecoa terpancing untuk memakannya lalu mati seketika.

NYAMUK

Serangga bersayap ini mungkin termasuk yang jarang bersarang di kabin mobil, kalaupun ada, biasanya tidak bertahan lama. Meski demikian jika nyamuk “muncul” saat Anda tengah mengemudi pastinya bisa mengganggu konsentrasi selama perjalanan.

Kabin mobil sebenarnya bukan tempat favorit nyamuk. Nyamuk menyukai tempat yang gelap, tertutup, dan lembab. Namun nyamuk bisa masuk ke dalam mobil jika kaca jendela tidak tertutup rapat saat parkir malam hari. Bagi para pemilik mobil beratap terbuka atau yang telah memiliki fitur sunroof, jangan lupa juga untuk menutup bagian atap tersebut. Karena itulah jalan masuk nyamuk menyelinap ke kabin mobil Anda.

Cara mengusirnya dengan membuka lebar-lebar jendela atau nyamuk saat siang hari ketika mobil akan digunakan. Harapannya nyamuk memiliki jalan keluar dari kabin mobil. Namun jika nyamuk membandel, bisa dengan menyemprot pewangi interior, karena nyamuk tidak menyukai bau-bauan.

LABA – LABA

Binatang ini biasanya muncul apabila mobil lama tidak dipakai. Laba-laba menyukai tempat yang lembab dan kotor, apabila kendaraan Anda tidak pernah dibersihkan dan disimpan dalam waktu yang lama, sudah dipastikan menjadi lokasi tujuan binatang melata ini untuk membuat sarang.

Untuk mencegah dan membersihkan laba-laba dari kendaraan Anda sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan membersihkan kendaraan secara rutin. Menghidupkan AC dan menggunakan parfum mobil juga memberikan efek mencegah laba-laba bersarang di kabin.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ya Auto Family.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF