LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Beberapa Penyebab Lampu Mobil Kemasukan Air

Air atau embun bisa masuk kedalam lampu depan mobil itu terjadi karena proses kondensasi yang berlangsung secara alami. Sama seperti embun dipagi hari, embun dipagi hari dapat terbentuk karena terdapat perbedaan suhu. Didalam headlamp pun demikian, suhu didalam headlamp lebih panas dibandingkan suhu luar. Sehingga, uap air akan mengembun pada dinding lampu yang memiliki suhu lebih rendah.

Tapi pertanyaanya, bagaimana bisa uap air masuk kedalam lampu kepala ? Ada beberapa hal yang membuat uap air bisa masuk kedalam lampu kepala antara lain ;

BACA JUGA : 10 Ciri Ban Mobil Harus Diganti Ini Tandanya

1. Saat proses penggantian bolam lampu

Saat kita melepas bolam lampu depan, maka lubang bolam lampu akan terbuka. Hal ini bisa menjadi pintu masuk bagi udara lembab kedalam lampu. Sehingga, ketika kita melintasi area dengan suhu dingin (misal didaerah pegunungan) maka udara lembab didalam lampu akan mengembun.

2. Karena seal/karet bolam pecah

Bolam lampu depan, pasti memiliki karet seal yang berfungsi merapatkan celah antara bolam lampu dan rumah lampu. Fungsi utama dari karet seal ini, adalah agar udara serta air dari luar tidak masuk kedalam lampu.

Namun, terkadang kita kurang hati-hati saat melepas bolam lampu sehingga karet seal ini pun pecah/sobek. Kalau karet seal pecah, maka udara lembab bisa dengan mudah masuk ke lampu atau bahkan air hujan juga bisa dengan mudahnya masuk.

BACA JUGA : Perhatikan unsur Keselamatan Untung Rugi Ganti Velg dan Ban Lebih Besar

3. Karena seal mika lampu bocor

Selain pada bolam, karet seal juga terdapat pada sambungan antara reflektor lampu dengan kaca lampu. Karet ini bersifat permanen, artinya tidak bisa dibuka tutup seperti karet seal pada lampu. Namun, kalau seal ini bocor, jelas air hujan atau air cucian mobil bisa masuk kedalam lampu. Sehingga lampu mobil berair dan perlu penanganan khusus untuk menghilangkannya.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia