LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Baterai Remote Keyless Habis Bagaimana Caranya Membuka Mobil

 

Pada beberapa mobil kekinian, sudah menggunakan teknologi smart entry alias keyless untuk membuka pintu dan menyalakan mesin sehingga tak lagi membutuhkan anak kunci. Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran bagi penggunanya, bagaimana menyalakan kendaraan saat remote keyless kehabisan baterai. Pasalnya, kegiatan membuka pintu dan menyalakan mesin membutuhkan peran remote tersebut. Saat akan membuka pintu, pengguna harus menekan tombol hitam pada gagang pintu dengan syarat remote harus berada dekat dengan mobil (misalnya dikantungi oleh pengguna). Pintu bisa terbuka karena fitur keyless entry memanfaatkan sinyal dari transmitter(remote) yang berhubungan dengan receiver yang ada di mobil.

BACA JUGA : Tips Memperbaiki Karet Wiper yang Berderit

Lalu, bagaimana jika baterai remote habis? pemilik mobil tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Pemilik mobil tetap bisa masuk dengan cara manual yakni membuka pintu dengan anak kunci yang letaknya menyatu dengan remote. Untuk menggeluarkan anak kunci, pengguna bisa mencari tombol kecil yang biasanya terletak di bagian belakang atau atas remote. Namun cara ini dilakukan jika baterai sudah benar-benar habis. Namun jika baterai masih ada namun sudah lemah, remote masih bisa mengirimkan sinyal ke mobil bila jaraknya cukup dekat. “Caranya dengan menekan remote dekat mobil. Misalnya menempel di kaca depan yang langsung berdekatan dengan gagang pintu mobil,”.

Ketika sudah masuk ke mobil, bagaimana cara menyalakan mesinnya? Caranya ternyata cukup mudah. Pengemudi bisa menghadapkan remote keyless ke tombol start stop, maka mobil akan otomatis menyala. “Contoh pada keyless Toyota, tinggal tempel remote yang ada lambang Toyota ke tombol. Setelah itu lakukan start seperti biasa. Tapi agar nyaman, jangan lupa mengganti baterai remote. Bisa dilakukan sendiri atau di bengkel resmi,”.

BACA JUGA : 5 Kerusakan pada Wiper Mobil dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab remote keyless mobil bermasalah

Baterai habis merupakan salah satu penyebab remote keyless mobil menjadi bermasalah. Hal lain yang bisa mempengaruhi kinerja remote keyless yakni adanya gangguan dari lingkungan sekitar tempat mobil diparkir. Gangguan yang dimaksud seperti adanya frekuensi pemancar radio atau BTS. Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Pandeglang., Bapak Heri Andriyanto, remote keyless yang terkena gangguan frekuensi BTS akan lebih sulit membuka dan mengunci pintu. “Jadi bukan karena remote yang bermasalah, tetapi terganggu oleh sinyal di sekitar. Pintu mobil tetap bisa dikunci dan dibuka, hanya saja lebih lama,” jelasnya.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF