LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Batas Kecepatan Penggunaan Ban Cadangan pada Mobil


Auto2000.co.id – Seluruh mobil pasti punya ban serep atau cadangan. Biasanya di tempatkan di bagasi belakang, atau digantung di kolong lantai bagian belakang mobil.

Fungsinya sudah jelas, sebagai cadangan apabila satu dari empat ban yang terpasang mengalami masalah seperti bocor dan lain sebagainya.

Nah, jika seperti itu otomatis pemilik mobil harus menggunakan ban cadangan. Tetapi tidak boleh selamanya digunakan, minimal sampai menemukan tempat tambal ban.

Apalagi ada ketentuan lain yang harus diikuti oleh pemilik mobil ketika menggunakan ban serep. Paling utama, ada batas kecepatan maksimal yang telah direkomendasikan oleh setiap pabrikan.

BACA JUGA : Ini Sebab Anda Nyaman Berlibur Bersama Auto2000

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, batas kecepatan maksimal ketika menggunakan ban cadangan, yaitu 80 km/jam. Jangan sampai melebihi batas tersebut, karena bisa membahayakan.

“Ban cadangan itu tidak sama seperti ban biasa. Apalagi ada mobil yang memiliki ban cadangan lebih kecil dibandingkan ban aslinya. Kalau dipakai kencang, otomatis tidak akan stabil,” kata Suparna beberapa waktu lalu di Jakarta.

Suparna menyarankan, ketika pemilik mobil Toyota menggunakan ban cadangan, maka ketika di tengah jalan bertemu dengan tukang tambal ban atau bengkel resmi Auto2000 bisa langsung memperbaiki ban yang bermasalah itu.

BACA JUGA : Waspadalah! Ini Pemicu Karat Tumbuh di Bodi Mobil Anda

Sebab, ban serep itu sendiri tidak diperbolehkan untuk terus digunakan selamanya.
Dengan ukuran yang berbeda, otomatis pengereman dan keseimbangan mobil menjadi kurang maksimal, sehingga akan berbahaya, apalagi dipacu dengan kecepatan di atas 80 km/jam.

​​​​​​​“Jika datang ke bengkel resmi Auto2000, maka akan langsung ditangani dengan baik dan benar, sehingga ban cadangan bisa disimpan lagi dan pemilik mobil bisa kembali menggunakan ban yang asli,” kata Suparna.

Share this article
Tanya Tasia