LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Baru Tahu Ternyata Karat Pada Krom Mobil Bisa Dihilangkan Dengan Gunakan Ini

Umumnya, krom digunakan sebagai lapisan pelindung atau untuk mengilapkan logam lainnya. Biasanya krom juga ada yang melapisi beberapa bagian pada mobil anda. Logam yang dilapisi krom inilah yang biasanya berkarat. Dengan sedikit usaha, menghilangan karat pada krom menggunakan peralatan rumahan ternyata sangat mudah dilakukan. Simak caranya berikut ini ya

1.    Gunakan minuman bersoda, sari jeruk nipis, atau asam lemah di rumah lainnya. Minuman bersoda atau kola yang mengandung asam fosfat dapat digunakan untuk membersihkan karat. Pilihan lainnya adalah sari jeruk nipis dan cuka. Asam lemah dapat menghilangkan karat tanpa menyebabkan kerusakan berat pada logam di sekitarnya.

2.    Bersihkan krom. Sebelum Anda mencoba menghilangkan karat pada krom, sebaiknya bersihkan debu dan kotoran lainnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda lebih mudah melihat dan membersihkan lapisan karat. Gunakan sabun cuci mobil untuk membersihkan krom pada peralatan mobil, dan air sabun bisa untuk benda berlapis krom lainnya.

3.    Rendam benda berlapis krom di dalam asam lemah, atau tuangkan asam lemah ke atasnya. Jika benda tersebut tidak dapat Anda rendam, cukup tuangkan asam lemah ke permukaannya.

4.    Lap atau gosok hingga lapisan karatnya mengelupas. Anda mungkin harus menggunakan spons atau sikat piring lembut untuk mengelupas karat. Sikat pembersih alat masak berbahan kaca biasanya cukup aman untuk menggosok krom. Untuk mengangkat lapisan karat yang tebal, gosokkan dengan lembaran aluminium foil atau gosok dengan spons cuci piring.

5.    Bersihkan sisanya dengan sabun yang lembut. Jika Anda membersihkan mobil, gunakan sabun cuci mobil untuk membersihkan karat dan sisa asam. Sabun cuci piring tidak boleh digunakan pada cat mobil, karena dapat membuatnya terkelupas. Bagian yang tidak berlapis cat dapat dibersihkan dengan sabun biasa dan air.

Keringkan dan rawat mobil Anda. Keringkan mobil dengan tisu untuk mencegah karat timbul kembali. Jika karat menimbulkan kerusakan yang cukup berat, baca bagian perawatan lanjutan.

6. Oleskan lapisan pengilap atau wax pada permukaan krom untuk mencegah karat kembali timbul.

Namun, Anda mungkin harus melakukan perawatan lanjutan jika bagian yang berkarat cukup luas dan banyak lapisan krom yang telah mengelupas.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia