Bagaimana Cara Agar Bagian Mobil Ini Tetap Terlihat Mengkilap Cari Tahu Disini"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Bagaimana Cara Agar Bagian Mobil Ini Tetap Terlihat Mengkilap Cari Tahu Disini

Dalam melakukan perawatan mobil tidak hanya terbatas dalam merawat mesin mobil saja, melainkan juga penampilan luarnya agar tetap terlihat bagus dan mengkilap. Salah satu bagian luar mobil yang perlu diperhatikan adalah kaca. Dalam melakukan perawatan kaca agar tetap mengilap tentunya berbeda dengan perawatan pada bodi mobil.

Hal ini karena kebersihan kaca akan sangat mempengaruhi penampilan serta visibilitas pengemudi. Karena itu, sangat perlu untuk menjaga agar kondisi kaca mobil tetap mengilap. Nah, berikut ini adalah beberapa cara merawat kaca mobil agar tetap mengilap yang dapat dengan mudah Anda lakukan, yaitu:

Mewaspadai goresan pada kaca film

Pada umumnya para pemilik mobil akan menggunakan kaca film sebagai pelapis bagian dalam kaca agar tidak tergores. Hal ini memang terbukti efektif untuk mencegah agar kaca tidak tergores, namun hal ini tidak juga menjamin bahwa kaca mobil Anda aman dari goresan. Karena itu selalu waspada dan cemat ketika memasukkan benda apapun ke dalam mobil Anda. Sebab goresan sekecil apapun dapat merusak kaca sehingga mengganggu visibilitas pengemudi.

Jaga kebersihan kaca secara rutin

Kaca mempunyai bidang yang terbilang cukup luas sehingga sangat mudah untuk terkena kotoran. Baik itu debu yang menempel, air hujan, hingga cipratan air yang berasal dari kendaraan lain sehingga berpotensi meninggalkan noda. Karena itu, untuk merawat kaca mobil Anda, segera bersihkan jika terdapat noda pada kaca mobil Anda. Sebab, jika dibiarkan terlalu maka, akan membuat noda tersebut semakin sulit untuk dibersihkan. Cara paling aman untuk membersihkan noda pada kaca kendaraan Anda adalah dengan menggunakan lap basah.

Bersihkan kaca mobil dengan lap bersih

Saat merawat kaca kendaraan Anda, sebaiknya perhatikan juga kondisi lap yang akan digunakan. Lap yang lembut dan bersih tentunya akan mencegah timbulnya goresan pada kaca, sebaliknya jika lap yang digunakan merupakan lap kasar, maka goresan tentunya akan timbul dari serat-serat yang adal. Jika lap yang digunakan adalah lap yang kotor dan berdebu, maka akan menyebabkan goresan dari lap tersebut. Karena itu, Anda perlu menyediakan dua ember berisi air agar mampu membedakan mana yang digunakan untuk membilas lap dan mana yang dapat digunakan untuk mencuci kaca mobil.

Segera keringkan setelah basah

Kaca yang basah setelah hujan atau setelah dicuci akan sangat riskan terkena jamur. Karena itu, sangat penting untuk langsung mengeringkannya sesegera mungkin. Jika sudah terlanjur berjamur, maka yang dapat Anda lakukan adalah membersihkannya menggunakan cairan pembersih kaca khusus yang digunakan untuk memoles bagian tersebut. Meskipun hasilnya terlihat sangat memuaskan, namun menggunakan cairan pembersih kaca tidak boleh dilakukan secara sering, sebab akan membuat lapisan permukaan kaca menjadi semakin menipis.

Periksa kondisi karet wiper

Goresan pada kaca kendaraan bisa juga disebabkan oleh gerakan wiper, terutama ketika kondisi karet wiper mengeras. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk secara rutin memeriksa kondisi karet wiper mobil Anda. Caranya adalah dengan menggerakkan karet wiper untuk menguji kelenturannya. Jika dirasa sudah keras, maka segeralah untuk menggantinya. Paling lambat penggantian karet wiper dilakukan setahun sekali untuk mencegah terjadinya goresan permanen pada bagian kaca.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia