News_9.jpg

AUTO2000 SINGOSARI SIAPKAN LAYANAN BODY & PAINT TERLENGKAP DI JAWA TIMUR SEJALAN DENGAN MARKET OTOMOTIF YANG BERTUMBUH

Diterbitkan14 Mar 2020

22 Mar 2019


Auto2000.co.id Penjualan mobil baru di kota Malang selalu menunjukkan peningkatan yang sangat menjanjikan selama 2 tahun terakhir. Seperti tahun 2017 silam, datapenjualanmobil untuk wilayah Malang mencapai13.923 unit, naik sekitar 9% dari tahun 2016 yang hanya 12.749 unit. Sementara tahun 2018 tercatat penjualan mobil baru sebanyak 14.984 unit, atau naik sekitar 8% dari 2017. Proyeksinya, di tahun 2022 penjualan mobil baru bakal tembus hingga 19.000 unit. Sementara itu, antara tahun 2014 hingga 2018 lalu, penjualan mobil Toyota di wilayah Malang mencapai 13.620 unit.

Pertumbuhan tersebut jelas merupakan potensi pasar yang sangat menjanjikan bagi Auto2000 mengingat hingga tahun 2018 baru memiliki 2 cabang di kota Malang, yakni Auto2000 Sutoyo dan Auto2000 Sukun. Naiknya penjualan mobil baru ditunjang oleh meningkatnya ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata, perkebunan, industri, pertanian, dan kerajinan. Padahal, luas wilayah Malang dan sekitarnya mencapai 68,23 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 1,311 juta jiwa lebih (data 2017).

Melihat potensi tersebut, di bulan September 2018 lalu, Auto2000 Singosari berdiri sebagai cabang ke-3 di kota Malang. Ini melengkapi dealer Auto2000 di provinsi Jawa Timur yang saat ini total berjumlah 23 cabang yang terdiri dari19outlet VSP (Vehicle Service Part) yang melayani jual beli dan servis kendaraan, serta4outlet VSP+BP (Vehicle Service Part + Body Paint) yang sanggup melayani jual beli, servisberkala, perbaikan, dan pengecatan bodi kendaraan.

Sebagai salah satu cabang terkini dan termodern, Auto2000 Singosari masuk dalam kategori outlet VSP + BP untuk melengkapi 2 outlet sebelumnyadi kota Malangyang hanya VSP. Berdiri di atas lahan seluas 11.344 m2, Auto2000 Singosari memiliki area VSP seluas 5.184 m2 dan area BP seluas 6.160 m2. Untuk layanan after sales, bengkel resmi ini ditunjang oleh 16 stall general repair yang melayani kebutuhan servis berkala dan perbaikan teknis. Dan yang paling besar, area layananperbaikanbodidan catyang mencapai 121 production dan support stall. Terdiri atas 22 stall reguler, 10 stall express body & paint, serta 89 stalluntuksupport.

Layanan bengkel dan cat menjadi salah satu keunggulan utama Auto2000 Singosari karena merupakan salah satu fasilitas BP (body & paint) terlengkap dan termodern di Jawa Timur,mengingat tingginya kebutuhan fasilitas perbaikan mobil Auto2000 di wilayah Jawa Timur yang hanya 4 cabang yaitu Auto2000 Kenjeran, Auto2000 Jember, Auto2000 Kediri dan terbaru Auto2000 Singosari. Dari demografinya, Auto2000 Singosari siap melayaniarea Malang Rayaprovinsi Jawa Timur.Layanan Express Body Paint juga bisa ditemui pelanggan disini, dimana dalam 8 jam kendaraan pelanggan akan cantik kembali. Ibarat ketok magic dengan standard kualitas Toyota, kendaraan dengan kerusakan maksimal di 3 panel (tertentu) dapat dikerjakan secara ekspress.

Sejak resmi mendapatkan otorisasi dari Toyota, Auto2000 Singosari mencatat hasil penjualan yang positif mencapai 40 unit perbulan. Sementara untuk after sales, produktivitas usaha general repair mencapai 356 unit perbulan, THS Auto2000 Home Service mencapai 67 unit perbulan, dan body and paint mencapai 352 unit perbulan. Khusus untuk BP, 76% masuk dalam perbaikan ringan, 21% perbaikan menengah, dan 3% perbaikan berat. Sebagai catatan tambahan, saat ini Auto2000 Singosari ditunjang oleh 2 unit Toyota Transmover untuk layanan THS Auto2000 Home Service.

Pasar otomotif Malang yang terus tumbuh merupakan potensi pasar yang sangat layak untuk kami kembangkan. Selain itu, kebutuhan layanan after sales yang besar, terutama untuk perbaikan bodi dan cat kendaraan membuat kami memutuskan untuk membangun salah satu fasilitas perbaikan bodi mobil terlengkap dan termodern di Jawa Timur di cabang Auto2000 Singosari. Dengan begitu, kebutuhan pengguna mobil Toyota yang juga merupakan pelanggan Auto2000 dapat terlayani dengan mudah dan nyaman. Ini sejalan dengan konsep layanan baru kami yakni Auto2000 Lebih dengan tagline Urusan Toyota Lebih Mudah, jelas Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000 saat acara kunjungan jurnalis nasional dan lokal Jawa Timur ke Auto2000 Singosari Malang, Rabu (20/3/2019).

THS Auto2000 Home Service Remajakan Armada
THS Auto2000 Home Service merupakan salah satu layanan after sales Auto2000 yang begitu diandalkan oleh pemilik mobil Toyota terutama di daerah perkotaan dengan tingkat kesibukan tinggi namun terkendala waktu dan kondisi jalan. Ini karena layanan THS siap memberikan layanan servis berkala dan perbaikan ringan kendaraan kurang dari 2 jam di lokasi dan waktu yang diinginkan oleh pelanggan Auto2000.
Agar dapat memberikan layanan terbaik untuk pelanggan, Auto2000 melakukan langkah rejuvenation atau peremajaan armada THS yang beroperasi di seluruh wilayah operasional Auto2000. Langkah ini juga terkait dengan upaya mempertahankan brand image Toyota seiring meningkatnya ekspektasi pelanggan. Termasuk juga sebagai langkah antisipasi mengingat kompetitor juga mulai bermain di sektor layanan servis mobile serta untuk meningkatkan produktivitas sehingga memiliki kontribusi positif pada pendapatan perusahaan.
Peremajaan armada THS meliputi 95 unit peremajaan THS Toyota Transmover, 5 unit penggantiaan armada sepeda motor dan truk Dyna, serta 9 unit pengadaan unit THS Toyota Transmover baru sebagai langkah ekspansi bisnis. Dari total 109 unit itu, 24 unit diserahkan ke regional DKI 1, 24 unit ke regional DKI 2, 17 unit ke regional Jawa Barat, 21 unit ke regional Jawa Timur, 6 unit ke regional Kalimantan Barat, dan 17 unit ke regional Sumatera.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.