Astra & Toyota Perkuat Jaringan Penjualan dan Distribusi di Indonesia"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Astra & Toyota Perkuat Jaringan Penjualan dan Distribusi di Indonesia

JAKARTA, Indonesia : PT Astra Intenational Tbk (Astra) dan PT Toyota Motor Corporation (TMC) pada hari ini (3/6) sepakat untuk melaksanakan sejumlah inisiatif bersama untuk memperkuat peranan PT Toyota Astra Motor (TAM), perusahaan patungan antara Astra dan TMC dengan kepemilikan 51%-49%.

TAM merupakan distributor nasional kendaraan Toyota secara eksklusif di Indonesia. Inisiatif ini bertujuan untuk membangun jaringan penjualan dan distribusi yang lebih efisien dan kompetitif, termasuk perluasan peranan distribusi TAM, peningkatan operasional logistik melalui manajemen yang terpusat, serta manajemen persediaan dan inventori yang lebih baik.

Saat ini, TAM mendistribusikan produk Toyota kepada lima dealer utama dimana dealer utama tersebut selain melakukan penjualan produk Toyota secara langsung kepada konsumen, mereka juga dapat mendistribusikan lebih lanjut kepada sub-dealer yang juga melakukan penjualan langsung kepada konsumen. Guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas penjualan dan proses distribusi, seluruh fungsi yang terkait dengan sub-distribusi yang kini dilaksanakan oleh dealer utama akan diintegrasikan ke dalam TAM secara bertahap dalam beberapa bulan ke depan.

Astra, melalui Auto2000, merupakan salah satu dari lima dealer utama yang melakukan penjualan langsung kepada konsumen dan juga sub-dealer. Berdasarkan penataan ulang ini, bisnis antara Auto2000 dan sub-dealernya serta operasional terkait akan dialihkan kepada TAM. Dari perspektif laba bersih konsolidasi Grup Astra, penataan ulang ini diperkirakan tidak berdampak material dalam jangka pendek dan dapat berdampak positif kedepannya. Penataan ulang ini juga diharapkan akan bermanfaat bagi seluruh pemangku kepentingan Astra, khususnya para konsumen.

Suparno Djasmin, Direktur Astra International yang bertanggung jawab atas bisnis Toyota, mengatakan: “Inisiatif dan upaya bersama ini menjadi bukti filosofi bersama antara TMC dan Astra dalam upaya untuk melakukan perbaikan secara terus menerus dan membangun hubungan yang lebih erat antara Astra dan Toyota yang telah terjalin lebih dari 40 tahun. Saya percaya inisiatif ini akan memperkuat posisi Toyota sebagai pemimpin pasar di Indonesia”. Pelaksanaan inisiatif ini diharapkan selesai pada awal 2016.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia