LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Astra Resmikan 20 Rumah Pintar Tersebar di Sembilan Provinsi

BALARAJA, Banten: Hari ini Senin, 19 Mei 2014, Astra meresmikan 20 rumah pintar yang dibangun di sembilan provinsi di wilayah Indonesia yaitu Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Barat.

Peresmian tersebut mewakili ke 20 rumah pintar yang telah dibangun dan dilaksanakan secara simbolis di Rumah Pintar Astra yang berlokasi di Desa Talagasari, Balaraja, Banten oleh Ibu Negara Republik Indonesia Hj. Ani Bambang Yudhoyono di dampingi oleh Ibu Hj. Herawati Boediono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia M. Nuh serta Presiden Direktur PT Astra International Tbk (Astra) Prijono Sugiarto. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto mengatakan bahwa : “Kami berharap dengan hadirny rumah pintar Astra dapat membantu mewadahi komunitas belajar masyarakat serta mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat melalui usaha-usaha kreatif. Karena, Astra percay bahwa bangsa yang besar haruslah memiliki generasi yang cerdas dan berkualitas.” Dalam acara ini, Astra juga menerima penghargaan Adicipta Lokatara tahun 2014 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu penghargaan yang diberikan untuk perusahaan yang berdedikasi dalam pengembangan program pendidikan anak usia dini dan pendidikan non formal dan informal. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia M. Nuh kepada Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto. Rumah pintar adalah salah satu program Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), berupa penyediaan sarana pendidikan bagi masyarakat melalui berbagai sumber belajar. Rumah pintar merupakan sarana pemberdayaan masyarakat yang dapat mewadahi berbagai kegiatan dimulai dari pendidikan anak usia dini, remaja, kaum perempuan hingga kelompok lanjut usia. Keberadaan rumah pintar diharapkan dapat membangun masyarakat cerdas, inovatif, kreatif, mandiri dan sejahtera. Dukungan Grup Astra pada program pembangunan rumah pintar ditandai dengan disepakatinya pembangunan 20 unit Rumah Pintar Astra pada tahun 2012. Pembangunan fisik 20 rumah pintar tersebut dimulai pada tahun 2013, dengan biaya sebesar Rp 12,8 miliar. Selain jumlah dana untuk membangun fisik rumah pintar tersebut, Grup Astra juga menyediakan fasilitas yang dibutuhkan untuk terlaksananya aktivitas di lima sentra, termasuk merekrut dan memberikan pelatihan-pelatihan untuk pengurus dan tutor yang akan mengajar di rumah pintar tersebut.

Dana operasional
Di bulan November 2013, Grup Astra bekerjasama dengan SIKIB telah melaksanakan pelatihan terhadap 28 pengurus/tutor dari semua Rumah Pintar Astra. Tidak hanya itu, Astra juga
mengalokasikan dana operasional tahunan untuk masing-masing rumah pintar.

Sesuai dengan konsep yang ditentukan oleh SIKIB, Rumah Pintar Astra terdiri dari lima sentra, yaitu:
1. Sentra buku:
Diisi dengan berbagai jenis buku dengan jumlah minimal 3.000 – 5.000 eksemplar dari berbagai judul, yang bertujuan untuk mengembangkan minat baca dan pengetahuan bagi anak-anak dan warga.
2. Sentra bermain dan permainan:
Tempat yang diisi dengan berbagai Alat Permainan Edukatif (APE) bagi anak usia dini untuk mengembangkan semua potensi dan kreativitas serta imajinasi anak melalui pengembangan kecerdasan anak (multiple intelligence).
3. Sentra komputer:
Menyediakan minimal 3-5 komputer, dengan tujuan untuk mengenalkan teknologi untuk anak-anak dan remaja.
4. Sentra audio visual/panggung:
Berisi peralatan audio visual dan panggung yang bertujuan untuk mengembangkan potensi inner dan intrapersonal anak guna membangun rasa percaya diri, serta menggali kreativitas dan keberanian anak-anak dalam mengeksplorasi bakat dan minatnya.
5. Sentra kriya:
Wadah yang menyediakan berbagai aktivitas yang dirancang untuk memberikan keterampilan hidup dan keterampilan vokasional bagi masyarakat. Sentra kriya diharapkan dapat menciptakan perluasan peluang usaha dan peluang kerja bagi masyarakat setempat. Muara program ini adalah pada pengembangan jiwa kewirausahaan, pengenalan lingkungan, penggalian budaya pada anak-anak dan masyarakat setempat.
Selain PT Astra International Tbk, Grup Astra yang terlibat dalam pembangunan 20 rumah pintar ini adalah Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, grup bisnis Astra Heavy Equipment, Mining & Energy (AHEME), grup bisnis Otomotif yang terdiri dari Astra Motor (ASMO) 1, ASMO 3 dan ASMO 4, Astra Agro Lestari (AAL) dan grup bisnis Jasa Keuangan.
SATU Indonesia Program CSR Astra diterapkan dalam payung SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia), yang merupakan langkah nyata Grup Astra beserta delapan yayasan untuk berperan aktif berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat dan membangun keharmonisan dengan masyarakat serta lingkungan.

Hingga tahun 2013, total sekolah yang dibina Astra bersama anak perusahaan dan sejumlah
yayasannya mencapai lebih dari 10.500 sekolah.
2. Program Lingkungan:
Fokus pada program konservasi dan sanitasi bagi masyarakat. Hingga Desember 2013, dalam bidang
lingkungan Astra telah menanam 2.448.282 pohon.
3. Program Income Generating Activity:
Fokus pada komunitas lokal dan sub-kontraktor Astra di setiap lokasi sekitar instalasi Grup Astra.
Hingga Desember 2013 dalam bidang UKM kelompok Income Generating Activities (IGA) Grup Astra
telah mencapai 425 kelompok, masyarakat yang menerima program sebanyak 29.379 orang.
Jumlah UKM yang dibina melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) di seluruh Indonesia sebanyak
8.149 UKM.
4. Program Kesehatan:
Fokus pada kesehatan ibu dan anak. Hingga Desember 2013, Mobil Kesehatan Astra (MOKESA), yang
memberikan pengobatan gratis bersama dokter dan obat-obatan telah melayani 41.969 pasien dan
melakukan pembinaan pada 681 Posyandu.
Menurut Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto, seluruh kegiatan tersebut sejalan dengan butir
pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan negara.
“Grup Astra sebagai salah satu aset bangsa, selalu ingin memberikan kontribusi terbaik bagi
kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia,” tambah Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto.

Balaraja, 19 Mei 2014
PT Astra International Tbk

Yulian Warman
Head of Public Relations

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF