100kb_News_7.jpg

Astra Dinobatkan Jadi Best Company di Indonesia

Diterbitkan14 Apr 2020

14 Oct 2016

HONG KONG: PT Astra International Tbk pada malam ini (13/10) menerima penghargaan sebagaiBest Company di Indonesia dari majalah FinanceAsia, Hong Kong, dalam acara Finance Asia 20thAnniversary Platinum Awards, yang berlangsung di sebuah hotel di Hong Kong.

Astra meraih penghargaan sebagai perusahaan terbaik di Indonesia berdasarkan data historis hasiljajak pendapat yang diadakan setiap tahun untuk perusahaan berbagai negara di Asia sepanjang 20tahun majalah tersebut berdiri. Pada kesempatan ini, FinanceAsia hanya memilih satu perusahaandari setiap negara. Beberapa korporasi besar yang meraih penghargaan Best Company antara lainSamsung Electronics dari Korea Selatan, China Telecom dari China, PTT dari Thailand dan Singtel dariSingapura.

Foto 3 (1)

Atas nama pribadi dan manajemen Astra, kami berterima kasih kepada seluruh pemangkukepentingan yang berpartisipasi dalam survei tersebut, dan telah mendukung perjalanan Astrasepanjang 59 tahun ini. Tentunya kami berharap semoga prestasi ini dapat menjadi kebanggaanbangsa bagi masyarakat Indonesia, ujar Presiden Direktur Prijono Sugiarto setelah menerimapenghargaan.

Menurut Prijono, sebagai aset nasional, Astra ingin terus berkontribusi di bidang ekonomi dan sosialbagi bangsa Indonesia melalui 202 perusahaan yang didukung oleh 213.175 karyawan beserta lebihdari 2.500 vendor yang melibatkan lebih dari satu juta karyawan untuk melayani lebih dari 10 jutakonsumen atau pelanggan Grup Astra setiap tahunnya.

Dalam perjalanannya menjelang usia ke-60 pada tahun 2017, Astra senantiasa memberikan yangterbaik di setiap bidang usaha melalui enam lini bisnis yaitu Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat danPertambangan, Agribisnis, Infrastruktur, Logistik dan Lainnya serta Teknologi Informasi. AstraInternational tercatat di Bursa Efek Indonesia 4 April 1990 dan menjadi salah satu saham yangtergolong blue chip dengan kapitalisasi pasar saham sekitar Rp 337 triliun (data 12 Oktober 2016).Majalah FinanceAsia telah mengadakan jajak pendapat dari kalangan investor dan analis di Asiamenyangkut berbagai kriteria: kinerja perusahaan, tata kelola perusahaan, investor relations,corporate social responsibility (CSR) dan kepemimpinan seorang CEO.

Foto 3 (1)

Pada jajak pendapat tahunan yang diselenggarakan FinanceAsia, Astra International meraihpenghargaan kategori Best Managed Company pada posisi pertama selama 13 tahun, yaitu pada2001, 2003, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014 dan 2015. Untuk kategoriBest Corporate Governance, Astra International menerima peringkat teratas dalam 10 tahun pada2003, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2014 dan 2015. Pada tahun 2011 & 2013, PrijonoSugiarto menerima predikat Best CEO peringkat pertama versi majalah FinanceAsia.Penghargaan yang diberikan FinanceAsia kepada Astra pada acara malam ini, merupakan akumulasiprestasi atau kinerja perusahaan atas berbagai kriteria dalam 20 tahun terakhir.

Strategi Triple P Roadmap
Pada tahun 2010, manajemen Astra di bawah kepemimpinan Prijono Sugiarto menerapkan strategiTriple P Roadmap yang meliputi Portfolio Roadmap, People Roadmap dan Public ContributionRoadmap, agar Astra mampu tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. Melalui arah strategisini, Astra mengambil langkah-langkah konkret dengan jelas yang menjabarkan posisi Astra dalam jangka panjang, termasuk menemukan peluang untuk mendiversifikasikan sumber pendapatan,meningkatkan kompetensi SDM dan memperluas jangkauan CSR, meliputi :

ø Portfolio Roadmap memberi gambaran strategi pengembangan bisnis yang bertumpu padakondisi pasar dan kualitas untuk menjadi salah satu perusahaan terbaik di tingkat global.
ø People Roadmap menunjukkan arah pengembangan sumber daya manusia untuk mendukungtarget portofolio bisnis yang sesuai dengan portfolio roadmap.
ø Sedangkan peran dan investasi Astra dalam mengembangkan masyarakat dan perlindunganlingkungan dicanangkan dalam Public Contribution Roadmap untuk mewujudkan cita-cita Astrasebagai The Best Company in Corporate Social Responsibility.

Astra menjalankan kegiatan CSR melalui seluruh anak perusahan dan 9 yayasan, yakni YayasanToyota dan Astra yang didirikan pada tahun 1974. Berikutnya berdiri Yayasan Dharma Bhakti Astra(1980), Yayasan Astra Bina Ilmu (1995),Yayasan Astra Honda Motor (1995), Yayasan Amaliah Astra(2001), Yayasan Pendidikan Michael D. Ruslim (2006), Yayasan Karya Bhakti UT(2008), Yayasan AstraAgro Lestari (2010) dan Yayasan Insan Mulia Pama (2014).Seluruh perusahaan Grup Astra serta kesembilan yayasan tersebut berkiprah di empat pilar CSR yangdilakukan Astra, yakni di bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Semua
kegiatan CSR Grup Astra dilakukan melalui pedoman yang dibuat oleh Environment and SocialResponsibility Division PT Astra International Tbk dengan jumlah personal lebih dari 30 orang yangahli di bidangnya.
Intinya, Astra melakukan berbagai kegiatan CSR tersebut lebih dari 42 tahun yang lalu, karenasejalan dengan cita-cita Astra, yaitu ingin Sejahtera Bersama Bangsa. Di manapun Astra berada harusmemberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya.

Seluruh kontribusi untuk bangsa tersebut merupakan perwujudan Semangat Astra Terpadu Untuk(SATU) Indonesia sebagai langkah nyata Grup Astra beserta sembilan yayasannya untuk berperanaktif dan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.Astra terus berkomitmen untuk memberikan karya terbaiknya bagi bangsa, sejalan dengan butirpertama filosofi perusahaan, Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa danNegara.

Auto2000

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.