air terjun tumpak sewu.webp

Rute Menuju Air Terjun Tumpak Sewu dan Daya Tariknya

Diterbitkan25 Jun 2024

Air Terjun Tumpak Sewu, yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, adalah salah satu keajaiban alam yang memukau di Indonesia. Dikenal sebagai air terjun seribu karena airnya yang memecah di atas tebing dan membentuk ratusan aliran air, Tumpak Sewu menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Namun, keindahan alamnya tidak hanya terbatas pada air terjun itu sendiri, tetapi juga pada lingkungan sekitarnya yang subur dan hijau.


Jadi, bagi AutoFamily yang ingin berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu, persiapkan diri untuk menikmati petualangan alam yang mengesankan. Sebelum berangkat, pastikan untuk membawa perlengkapan yang sesuai dengan aktivitas outdoor, seperti sepatu yang nyaman, pakaian yang sesuai dengan cuaca, dan perlengkapan pribadi lainnya. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!


Rute dan Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menggunakan transportasi darat dari berbagai kota terdekat seperti Malang, Surabaya, atau Banyuwangi. Setelah tiba di Lumajang, perjalanan dilanjutkan ke arah selatan menuju Desa Pronojiwo. 


Rute perjalanan ke Tumpak Sewu umumnya melalui jalan-jalan pedesaan yang berliku. Namun, Anda dapat memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum yang tersedia. Lokasinya yang tersembunyi di antara perbukitan memberikan nuansa alam yang eksotis dan menawan. Namun, untuk mencapai keindahan alam tersebut, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup menantang. 


Rute menuju lokasi Air Terjun Tumpak Sewu memerlukan perjalanan melalui jalan-jalan berliku di pegunungan, sering kali diikuti dengan melewati sungai-sungai kecil yang mengalir dari air terjun tersebut. Meskipun aksesnya cukup sulit, setiap tantangan yang dihadapi selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan alam yang memukau begitu sampai di destinasi. 


DAPATKAN SUKU CADANG ORISINAL DAN BERKUALITAS HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 

Jadwal, Harga Tiket, dan Fasilitas Air Terjun Tumpak Sewu

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu terbuka bagi pengunjung mulai dari 07.00 hingga 17.00 WIB. Untuk bagian bawah air terjun sendiri hanya terbuka untuk umum dari 07.00 hingga 15.00 WIB. Oleh karena itu, jika AutoFamily ingin memaksimalkan kunjungan, pastikan untuk pada jam jam awal.


Harga tiket masuk area wisata adalah Rp10.000 per orang. Terdapat juga area parkir untuk mobil dengan biaya Rp10.000. Biaya tersebut tentu sangatlah murah mengingat Anda bisa menikmati berbagai spot unik di dalam area wisata Air Terjun Tumpak Sewu seperti Goa Bidadari, Tebing Nirwana, dan Telaga Biru.


Air Terjun Tumpak Sewu juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan berwisata AutoFamily. Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain mushola, toilet, serta warung wisata yang menyediakan aneka kuliner.


5 Daya Tarik dari Air Terjun Tumpak Sewu 

Air Terjun Tumpak Sewu menawarkan daya tarik alam yang memukau dan berbagai aktivitas menarik bagi para pengunjung, di antaranya:


1. Memiliki Banyak Air Terjun Kecil

Air Terjun Tumpak Sewu tidak hanya memukau dengan air terjun utamanya, tetapi juga memiliki air terjun kecil yang tersebar di sekitarnya. Anda akan menemukan beberapa air terjun yang tingginya lebih kecil dari Tumpak Sewu, namun memiliki pesona sendiri. 

Airnya yang jernih dan segar menciptakan suasana yang menenangkan, sementara kolam-kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun kecil ini menawarkan kesempatan bagi Anda untuk berenang atau bermain air. Kejernihan air membuat dasar kolam terlihat dengan jelas, menciptakan pengalaman yang menyegarkan dan memikat bagi para Anda yang berkunjung.


2. Gua Tetes

Salah satu daya tarik tambahan dari Air Terjun Tumpak Sewu adalah adanya Gua Tetes. Gua ini merupakan gua kecil yang terletak di belakang air terjun. Anda dapat menjelajahi gua ini untuk merasakan suasana yang unik dan menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan. Bagi Anda yang menyukai tantangan, eksplorasi Gua Tetes menjadi pengalaman yang menarik dan memuaskan selama kunjungan Anda ke wisata air terjun ini.


3. Gua Bidadari

Daya tarik yang menarik lainnya yang dapat ditemukan di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu adalah Gua Bidadari. Terletak di sekitar air terjun utama, Gua Bidadari menawarkan pengalaman eksplorasi yang menarik bagi para pengunjung. Nama Gua Bidadari menggambarkan keindahan gua ini, yang konon diyakini sebagai tempat persembunyian para bidadari menurut legenda lokal.


CEK PROMO MENARIK UNTUK MOBIL TOYOTA ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


4. Bukit Panorama

Menyajikan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian, Bukit Panorama adalah destinasi yang sangat populer di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu. Dari sini, Anda dapat menikmati panorama yang memukau, termasuk pemandangan luas dari air terjun, hamparan hijau pegunungan, dan lembah yang indah. 

5. Telaga Biru

Terletak tidak jauh dari Gua Bidadari, Telaga Biru menawarkan pesona alam yang menakjubkan yang tak boleh dilewatkan bagi para Anda. Meskipun lokasinya tidak jauh dari Gua Bidadari, untuk mencapai Telaga Biru pengunjung harus melewati rute yang cukup ekstrem. Perjalanan ini melibatkan berjalan di atas batu berair yang licin, dengan bantuan seutas tali sebagai pegangan.


Telaga Biru sendiri terbentuk oleh aliran air yang mengalir dari tebing yang masih berhubungan dengan Gua Bidadari. Kedalaman telaga ini relatif dangkal, hanya mencapai sekitar perut hingga dada orang dewasa. Hal ini menjadikan tempat ini aman bagi Anda yang tidak bisa berenang. 


Aktivitas di Air Terjun Tumpak Sewu

Di tempat ini, AutoFamily dapat menemukan berbagai kegiatan untuk dilakukan. Kegiatan utama di Air Terjun Tumpak Sewu tentu adalah berpetualang menelusuri alam liar yang masih hijau serta berhenti di beberapa pos untuk mengambil foto-foto yang estetik. Dalam perjalanan, Anda akan melewati tebing serta aliran-aliran sungai yang memiliki air jernih. Tidak hanya berpetualang, Anda juga dapat menikmati kegiatan agrowisata. AutoFamily dapat langsung memetik dan menikmati buah salak di kebun warga sekitar air terjun. 


Dari informasi tentang Air Terjun Tumpak Sewu beserta daya tarik dan aktivitas menarik di sekitarnya, Anda dapat mengambil kesimpulan bahwa destinasi ini merupakan tempat yang menakjubkan untuk dikunjungi. Meskipun akses menuju beberapa tempat mungkin memerlukan usaha ekstra, pengalaman yang diperoleh akan sebanding dengan keindahan alam yang disajikan.


Untuk memastikan perjalanan menuju Air Terjun Tumpak Sewu berjalan lancar dan nyaman, Anda dapat menemukan rekomendasi mobil touring terbaik Toyota di Auto2000 Digiroom. Melalui berbagai pilihan mobil berkualitas dan layanan terpercaya yang ditawarkan oleh Auto2000 Digiroom, Anda dapat memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan.


Selain itu, Anda juga dapat melakukan penjadwalan test drive dan booking service dengan mudah melalui layanan yang disediakan oleh Auto2000 Digiroom. Auto2000 Digiroom menyediakan layanan yang mudah diakses dan profesional. 


Manfaatkan juga promo PILIH AUTO2000 untuk mendapat kesempatan undian hadiah 400 paket wisata ke berbagai destinasi mulai dari Labuan Bajo, Vietnam, Eropa, hingga Umroh. Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 Digiroom sekarang dan persiapkan perjalanan Anda dengan sempurna! 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar hanya sebagai ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.