air terjun sri gethuk.webp

Wisata Air Terjun Sri Gethuk dengan Daya Tarik Khas Gunung Kidul

Diterbitkan29 Mei 2024

Air terjun Sri Gethuk merupakan salah satu keajaiban alam yang memukau di Yogyakarta, Indonesia. Terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memikat dengan air yang jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter ke dalam kolam alami yang biru kehijauan.


Tak hanya keindahannya, Air Terjun Sri Gethuk juga memiliki sejarah dan legenda yang menarik, menjadikannya destinasi wisata yang populer bagi para pengunjung lokal maupun mancanegara. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan batu-batu besar yang memperkuat pesonanya, air terjun ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mengunjunginya. Yuk, mari kita eksplorasi lebih dalam kecantikan alam yang memukau dari Air Terjun Sri Gethuk!


Lokasi dan Rute Air Terjun Sri Gethuk 

Air Terjun Sri Gethuk, sebuah destinasi alam yang terkenal di Yogyakarta, Indonesia, telah menjadi salah satu daya tarik utama bagi para pengunjung. Lokasinya yang terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, menghadirkan panorama alam yang memukau dan ketenangan yang menyegarkan bagi siapa pun yang mengunjunginya. 

Melalui jarak tempuh sekitar 40 Km dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan menuju Air Terjun Sri Gethuk memakan waktu sekitar 1,5 jam, namun setiap detik perjalanan akan diisi dengan kegembiraan dan antisipasi akan keindahan yang menunggu di destinasi akhir tersebut.


DAPATKAN KUPON SERVICE MENGUNTUNGKAN DI AUTO2000 DIGIROOM UNTUK ANDA!


Arti dari Air Terjun ‘’Sri Gethuk’’

Sumber nama "Sri Gethuk" berasal dari buah lokal yang tumbuh subur di sekitar kawasan air terjun. Buah gethuk, yang terkenal dengan kulit kerasnya dan daging yang lembut serta manis, memberikan inspirasi bagi penamaan ini. Dipilihnya nama ini karena kemiripan bentuk air terjun dengan tumpukan buah gethuk yang terjatuh, menciptakan keterkaitan yang erat antara keindahan alam dengan keunikan produk lokal yang tumbuh di sekitarnya.


Eksplrtasi Wisata Air Terjun Sri Gethuk 

Air Terjun yang memiliki tiga sumber mata air ini menawarkan berbagai kegiatan rekreasi yang menarik untuk membuat pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Salah satu kegiatan yang dapat dinikmati adalah bermain flying fox, sebuah aktivitas yang memberikan sensasi mengasyikkan ketika meluncur di atas keindahan alam yang memukau. 


Selain itu, pengunjung juga memiliki kesempatan untuk merasakan petualangan unik dengan menaiki rakit menuju lokasi air terjun dan melakukan body rafting, sambil membiarkan diri mereka terpaku pada keindahan alam yang mempesona. Perjalanan menuju rakit dimulai dengan berjalan kaki sekitar 2 kilometer dari loket pembelian tiket menuju sungai, menambahkan unsur petualangan dan eksplorasi dalam perjalanan mereka. 


Setelah itu, pengalaman berlanjut dengan naik rakit selama sekitar 7 menit, menambahkan dimensi baru pada petualangan mereka. Selain menawarkan keindahan air terjun, pengunjung juga dapat menjelajahi Goa Rancang Kencana, sebuah tempat yang juga telah dibuka kembali untuk publik. 


Adapun, penerapan protokol kesehatan yang ketat telah menjadi fokus utama, dengan harapan wisatawan akan mematuhi serangkaian aturan tersebut sebelum memasuki area wisata, sebagai langkah proaktif untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bersama. Melalui segala hal menarik yang ditawarkan, Air Terjun Sri Gethuk tidak hanya menjadi tujuan liburan yang sempurna, tetapi juga sebuah tempat di mana petualangan dan keindahan alam bertemu dalam harmoni yang sempurna.


Kuliner Sekitar Kawasan Air Terjun Sri Gethuk 

Di sekitar Air Terjun Sri Gethuk, terdapat beragam warung dan kios yang menawarkan aneka makanan khas daerah, termasuk hidangan yang menggunakan buah gethuk sebagai bahan utama. Salah satu kuliner yang cukup terkenal adalah “Gethuk Goreng”, sebuah sajian yang terdiri dari gethuk yang digoreng kemudian disajikan dengan kuah gula merah, menciptakan paduan rasa yang lezat dan menggugah selera. 

Hidangan ini telah menjadi camilan favorit bagi pengunjung yang berkunjung ke lokasi wisata ini. Selain itu, untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk, tersedia beberapa pilihan transportasi yang dapat disesuaikan dengan asal tempat dan preferensi masing-masing pengunjung. Beberapa opsi transportasi yang umum digunakan antara lain menggunakan mobil pribadi, menggunakan angkutan umum, atau bahkan menyewa kendaraan, memungkinkan pengunjung untuk memilih alternatif yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan mereka. 


Harga Tiket dan Fasilitas Air Terjun Sri Gethuk

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini, AutoFamily hanya perlu membayar Rp10.000 per orang. Harga ini tentu tergolong terjangkau jika Anda bandingkan dengan keindahan alam yang akan Anda temukan di dalamnya.


Jika Anda ingin memaksimalkan pengalaman berwisata alam di sini, Anda bisa menyewa kapal kecil atau perahu untuk menyusuri kawasan ini di harga Rp10.000. Selain perahu, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas lain seperti mushola, warung makan, tempat parkir, dan toilet.


Waktu Terbaik Berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Air Terjun Sri Gethuk sendiri buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata ini adalah ketika pada musim hujan atau musim kemarau. Mengapa demikian?


Pada sat musim hujan, debit air sumber mata air sedang tinggi-tingginya, sementara saat musim kemarau, warna dari air terjun akan sangat jernih.


Lalu, seperti tempat wisata lainnya, sebisa mungkin hindari mengunjungi tempat ini pada akhir pekan atau saat sedang hari libur untuk menghindari keramaian.


PILIH BERBAGAI TIPE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


Oleh karena itu, pengalaman berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga memperkaya perjalanan dengan kelezatan kuliner lokal dan kemudahan aksesibilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.


Segala keindahan alam dan pengalaman yang ditawarkan, Air Terjun Sri Gethuk menjadi destinasi yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Melalui gemuruh air yang jatuh dari ketinggian, aroma segar pepohonan, dan pesona alam yang memesona, pengunjung dapat menikmati momen-momen berharga yang akan terukir dalam ingatan mereka selamanya.


Namun, setelah menjelajahi keajaiban alam ini, mungkin saatnya untuk kembali ke peradaban. Ada beberapa rekomendasi mobil untuk perjalanan jauh dan dapat percayakan kebutuhan tersebut kepada Auto2000 Digiroom. 


Melalui layanan terbaik dan berbagai pilihan mobil berkualitas, AutoFamily dapat melanjutkan perjalanan dengan tenang dan nyaman. Auto2000 Digiroom hadir untuk menjaga mobilitas, memastikan perjalanan Anda berjalan lancar, dari alam yang indah hingga jalan raya yang panjang.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.