LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

7 Langkah Pintar Membersihkan Karpet Mobil Yuk Dipraktekkin

Supaya tetap nyaman ketika menggunakannya, kebersihan mobil yang Anda miliki harus terus dijaga. Terlebih pada saat musim hujan, di mana mobil akan sering terkena guyuran air hujan sehingga berpengaruh pada kondisi mobil, baik interior maupun eksteriornya.

Pada eksterior mobil sudah jelas jika terkena kotoran atau debu karena memang langsung bersentuhan dengan dunia luar. Sedangkan interior mobil juga punya kemungkinan cepat kotor karena penumpang yang keluar masuk mobil dengan membawa noda yang bisa mengotori karpet mobil Anda.

Walaupun letak karpet mobil cukup tersembunyi di bawah jok, tetap kebersihan pada bagian ini wajib dijaga supaya penumpang tetap nyaman. Anda juga perlu tahu kalau kebersihan karpet mobil juga bisa menjadi salah satu aspek pertimbangan dalam menentukan kisaran harga mobil. Karena itulah, mari simak tips dan cara membersihkan karpet mobil berikut ini

1. Keluarkan karpet dari mobil Anda. Ingat, jangan membersihkan karpet sementara karpet tersebut masih di dalam mobil karena kotorannya bisa menyebar ke tempat lain di dalam mobil dan akhirnya akan sulit dibersihkan. Keluarkanlah semua karpet yang ada di dalam mobil, baik itu karpet yang ada di kabin bagian depan maupun di bagian belakang ke luar mobil Anda. Letakkan di tempat terbuka yang lapang.

2. Langkah selanjutnya, basahi karpet mobil lebih dahulu dengan air bersih secara merata. Usahakan membasahinya dengan air yang banyak sehingga kotoran dan noda yang mungkin sudah menempel dengan keras nantinya akan lebih mudah dibersihkan.

3. Dilanjutkan dengan mengolesi karpet dengan sabun atau shampo mobil secukupnya, khususnya di bagian karpet yang terdapat kotoran atau noda. Semakin tebal noda yang menempel di karpet, maka sebaiknya semakin banyak pula sabun yang Anda olesi di tempat noda tersebut.

4. Sikat karpet mobil tersebut dengan memakai sikat yang bentuk kuasnya lebar untuk bagian noda yang mudah dibersihkan, serta gunakan sikat yang kuasnya tebal dan kuat untuk membersihkan kotoran dan noda yang membandel.

5. Jika noda pada karpet sudah disikat,siram dengan air bersih secara merata pada seluruh bagian, sisi atas maupun bawah. Pastikan sabun atau sampo dan noda-noda pada karpet tersebut hilang bersama siraman air tersebut.

6. Setelahnya, langsung jemur karpet dan pastikan karpet tidak terkena sinar matahari langsung supaya warna dasar karpet tidak berubah. Jemurlah di tempat yang berangin agar cepat kering.

7. Terakhir, jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dasar kabin dengan vacum cleaner untuk menghilangkan kotoran dan noda di tempat yang sulit dijangkau.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)
​​​​​
​​​​​​​Auto2000

Share this article
Tanya Tasia