LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

5 Trik Pintar Atur Barang Bawaan di Bagasi Mobil Saat Mudik

Biasanya saat melakukan perjalanan mudik dengan penumpang yang banyak, barang yang dibawa pun akan cukup banyak. Barang yang cukup banyak inilah yang perlu diperhatikan agar semua barang barang bisa muat di bagasi mobil tapi performa mobil dan keselamatan penumpang tidak diabaikan. Berikut adalah trik pintar mengatur barang bawaan di bagasi mobil yang bisa Anda coba saat mudik nanti.

1. Terapkan Prinsip Center of Gravity

Dalam prinsip Center of grafity, semakin rendah posisi beban maka pengendalian mobil makin bagus dan semakin tinggi posisi beban maka tingkat kestabilan pengendalian menjadi kurang bagus seperti berisiko terjadi body roll atau mobil seperti akan tergelincir ke arah luar ketika mobil menikung.

Taruh barang yang lebih berat terlebih dulu, tempatkan di tempat paling bawah (lantai bagasi). Baru kemudian disusul dengan barang-barang dengan bobot yang lebih ringan. Pertimbangkan juga risiko kerusakannya, contohnya laptop yang walaupun terbilang cukup berat tapi kalau ditempatkan di bawah dan ditumpuki barang lain akan mudah rusak. Barang seperti ini lebih baik ditaruh di posisi atas dan tidak ditumpuk barang lain.

2. Pastikan Beban Seimbang Kanan dan Kiri

Usahakan menempatkan barang dengan bobot yang rata, seimbang antara kanan dan kiri. Jika beban tidak seimbang, seperti lebih berat ke kanan, maka mobil akan condong ke kanan ketika berjalan. Ini sudah pasti sangat berbahaya khususnya saat melewati jalan bergelombang karena handling menjadi kurang stabil.

3. Pastikan Pengaturan Interlock (barang saling mengunci)

Saat menempatkan barang, pastikan sudah saling mengunci antar barang dengan posisi rapat ke body mobil kanan dan kiri. Usahakan tidak ada lagi ruang kosong yang bisa menyebabkan barang bergeser. Pastikan sisi kanan sampai kiri barang rapat.

Untuk barang yang berbentuk tinggi, letakkan dengan cara tidur karena jika ditempatkan dengan posisi berdiri kemungkinan bergeser dan bergoyang menjadi lebih besar. Namun jika ditempatkan dengan cara tidur berbahaya, bisa menyebabkan kerusakan barang, bisa diletakkan dengan cara berdiri tapi tetap ingat untuk memastikan barang tersebut sudah saling mengunci.

4. Perhitungkan Daya Muat Mobil

Ketika membawa barang, Anda juga harus mempertimbangkan berapa bobot barang yang kita bawa, hitung dengan berat penumpang, kemudian jumlahkan antara berat barang dan juga berat penumpang. Jangan sampai melebihi beban maksimum mobil.  Biasanya untuk mobil MPV (7 penumpang) beban maksimumnya adalah 540 Kg. Jika  dimuati 7 orang yang masing-masing bobotnya 70 Kg, maka maksimum untuk barang adalah 50 Kg, jangan lebih dari itu.

5. Pakai Bracket

Setelah memenuhi 4 prinsip diatas, yang terakhir adalah pakai bracket atau jaring. Untuk apa? Supaya barang tidak mudah bergeser posisinya. Jaring ini biasanya terbuat dari tali atau karet dan tali, dan pada sebagian mobil yang dijual di pasaran saat ini sudah ada jaring bawaan. Jika belum ada, bracket ini bisa dengan mudah beli di pasaran dengan harga yang bervariasi.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia