LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

5 Cara Sederhana Hindari Stress Terjebak Macet Saat Mudik

Tinggal didaerah perkotaan pasti tidak asing lagi dengan yang namanya macet. Untuk menempuh jarak yang hanya sejauh 4km saja rasanya seperti menempuh perjalanan yang jauhnya 40km.

Apalagi jelang Lebaran seperti ini, kemacetan pasti menjadi hal yang kerap terjadi karena arus mudik yang begitu padat.

Meskipun berbagai solusi mengatasi kemacetan sudah diberlakukan, kemacetan akan tetap saja terjadi karena memang volume kendaraan setiap tahun selalu bertambah, sedangkan pembangunan jalan raya tidak demikian.

Selain menimbulkan dampak buruk berupa kecelakaan, jalanan yang macet juga dapat memicu terjadinya stress kepada pengemudi mobil atau pengendara motor sehingga mereka menjadi bertingkah agresif dan ngawur di jalan. Stress yang terus menerus dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain seperti serangan jantung, stroke, impotensi bagi laki laki dan penyakit membahayakan lainnya.

Nah bagaimana cara untuk mengatasi stress saat mengemudi yuk disimak

1. Mengatur ritme nafas dan bersabar

Pertanda kita mulai stress di jalan raya biasanya kepala akan terasa pusing, pening atau nyeri, bila sudah demikian cobalah redam stress yang anda alami dengan mengatur ritme nafas, yakni menghirup udara dalam – dalam melalui hidung dan keluarkan dari mulut.

Lakukan hal ini secara berulang – ulang sampai pusing / pening reda. Mengatur ritme nafas ini sangat berguna untuk membantu meningkatkan supplay oksigen kedalam otak sehingga kita bisa kembali berfikir secara jernih. Setelah itu berlaku lah sabar agar stress tidak hinggap kembali.

2. Selalu berfikir yang positif

Pikiran yang selalu memikirkan hal – hal positif sudah pasti tidak akan membuat kita gampang stress, jadi selama kalian terjebak macet usahakan selalu berfikir positif sehingga stress tidak menghinggapi kita.

3. Posisikan badan dengan nyaman

Selanjutnya agar stress tidak menghinggapi kita saat berkendara selain berfikir yang positif ialah memposisikan tubuh kalian senyaman  mungkin. Karena dengan posisi tubuh yang nyaman atau rilex bisa meminimalisir timbulnya stress lanjutan.

4. Mendengarkan lagu MP3 / radio

Untuk mengalihkan perhatian saat terjebak macet agar tidak mudah stress biasanya kita akan melakukan hal – hal yang menurut kita menyenangkan, salah satunya adalah dengan mendengarkan Radio maupun memutar lagu MP3 kesukaan kita. Nah cara ini termasuk cara yang lumayan ampuh dan patut untuk dicoba untuk mengusir jenuh dan stress yang mungkin saja hinggap di kepala.

5. Jaga jarak aman dan jangan terpancing provokasi

Penting sekali untuk menjaga jarak aman berkendara, khususnya bagi kalian yang mengendarai mobil. Dengan menjaga jarak aman, anda jadi tidak terpancing emosi dengan pengemudi lain didepan yang kemungkinan melakukan pengereman mendadak.

Jika jalanan yang sering anda lewati ternyata jadi langganan macet, ada baiknya anda berangkat beberapa jam lebih awal, atau bisa juga mencari jalur alternatif lain sehingga kemungkinan stress bisa diminimalisir.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)
​​​​​
​​​​​​​Auto2000

Share this article
Tanya Tasia