LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

30 Tahun InnovAstra Budaya Inovasi Sebagai Kunci Prestasi

 

JAKARTA: InnovAstra, ajang tahunan untuk menampilkan dan menghargai kemampuan berinovasi seluruh insan Astra di tanah air, tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-30. Acara penganugerahan penghargaan kepada para pemenang dilaksanakan di Gedung PT Astra International Tbk, pada hari ini, Kamis, 27 Februari 2014.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-57 Astra. Berbagai proyek yang menggagas perbaikan operasional dan inovasi yang diusung dalam InnovAstra telah berhasil diterapkan dalam kegiatan rutin operasional, sehingga semakin mendorong aktualisasi pengembangan karyawan, proses kerja dan kinerja untuk meraih perbaikan berkelanjutan.

Untuk mengantar Astra ke tingkat pencapaian organisasi yang lebih tinggi (next level), inovasi menjadi sebuah syarat yang tidak terelakkan. Dalam globalisasi, inovasi merupakan sebuah daya dorong, bahkan sumber pertumbuhan organisasi yang utama.

“Untuk itu, gerakan inovasi yang telah dilakukan selama ini harus terus dilanjutkan, bahkan lebih diperkuat dan diperbarui sesuai konteks zamannya. Oleh karenanya, manajemen sangat mendukung gagasan InnovAstra to the Next Level, dalam rangka merumuskan kembali sistem dan praktek inovasi di Astra, dengan harapan dapat mengantar Astra ke jenjang pencapaian yang lebih tinggi,” ungkap Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Tampil juga dalam sesi sharing Indra Sjafri, Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, yang bercerita tentang bagaimana membentuk tim yang berhasil dengan memasukkan unsur inovasi, dari berbagai bidang, sehingga mampu mencatat prestasi di level internasional setelah 22 tahun Indonesia puasa gelar. “Kami punya empat kriteria penilaian, yaitu skill pemain, fisik, kecerdasan dan mental pemain, setelah berinovasi blusukan atau mencari bibit-bibit unggul di seluruh pelosok tanah air,” ujar Indra Sjafri dengan penuh semangat nasional di depan inovator-inovator Grup Astra.

Penyelenggaraan InnovAstra sejak awal hingga kini telah menghasilkan proyek dengan jumlah yang cukup banyak dari setiap kategori, perinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Kategori Suggestion System (SS) atau sistem saran adalah improvement dan inovasi kategori individu, hingga saat ini telah menghasilkan 5.174.489 proyek.
  2. Kategori Quality Control Circle (QCC) adalah improvement dan inovasi kategori tim dalam satu departemen, hingga saat ini telah menghasilkan 65.710 proyek.
  3. Kategori Quality Control Project (QCP) adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas departemen dalam satu divisi, hingga saat ini telah menghasilkan 6.274 proyek.
  4. Kategori Business Performance Improvement (BPI) adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas divisi dalam satu perusahaan, hingga saat ini telah menghasilkan 284 proyek.
  5. Kategori Value Chain Innovation (VCI) yang baru dimulai sejak tahun 2013 lalu, adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas perusahaan, hingga saat ini telah menghasilkan 43 proyek.

Astra memaknai setiap langkahnya dengan sumbangsih untuk bangsa dan negara. Beberapa pencapaian yang telah diraih Astra menjadi sebuah semangat untuk bisa berbuat lebih baik lagi bagi kemajuan negeri, melalui 179 perusahaan dan 197.434 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia, Astra bertekad untuk mewujudkan cita –cita menjadi kebanggaan bangsa (pride of the nation) di tahun 2020 mendatang.

Yang istimewa pada penyelenggaraan InnovAstra ke-30 ini adalah, Astra memberikan The Distinguished Award of InnovAstra 30, sebuah apresiasi yang khusus diberikan kepada perusahaan yang selama ini dinilai telah menunjukkan praktek inovasi yang terukur, bermutu dan juga bekesinambungan. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong langkah insan Astra dan juga organisasi untuk semakin terlibat aktif dalam gerakan inovasi di Astra.

Ada tiga sasaran yang ingin dituju dalam inisiatif InnovAstra to the Next Level, yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas inovasi, agar memiliki dampak hasil yang lebih signifikan dan strategis.
  2. Memperluas bidang inovasi yang digarap, mulai dari inovasi di bidang proses, produk dan layanan, jaringan distribusi, merek (brand) dan bahkan bisnis model.
  3. Memastikan adanya pengukuran inovasi yang mampu mendorong pertumbuhan perusahaan secara berkelanjutan (sustainable).

Perjalanan InnovAstra ditahun ke-30 ini telah menjadi bukti bahwa invovasi telah menjadi budaya dalam kegiatan harian di Astra. Perjalanan panjang ini juga menunjukkan bahwa Astra dan manajemennya memberikan komitmen dan dukungan yang konsisten tehadap aktivitas improvement dan innovation para karyawannya. Jajaran organisasi juga percaya bahwa InnovAstra telah memberikan nilai tambah yang nyata bagi kinerja perusahaan, dan menjadikan insan Astra sebagai manusia pembelajar yang mau terus tumbuh dan berkembang demi masa depan pribadi maupun organisasi yang lebih cerah.

Tahun 2014, jumlah proyek – proyek inovasi yang didaftarkan di InnovAstra secara rata – rata mengalami peningkatan sebesar 43,78%, dengan perincian sebagai berikut:

  1. Kategori Suggestion System (SS) atau sistem saran menghasilkan 637.027 proyek, naik sebesar 29,45% dari tahun sebelumnya.
  2. Kategori Quality Control Circle menghasilkan 7.312 proyek, naik sebesar 0,34% dari tahun sebelumnya.
  3. Kategori Quality Control Project menghasilkan 1.138 proyek, naik sebesar 20,55% dari tahun sebelumnya.
  4. Kategori Business Performance Improvement (BPI) menghasilkan 130 proyek, naik sebesar 124,14% dari tahun sebelumnya.
  5. Kategori Value Chain Innovation (VCI) menghasilkan 26 proyek, naik sebesar 44,44% dari tahun sebelumnya.

“Data statistik di atas merupakan sebuah pancapaian yang luar biasa, yang menunjukkan partisipasi aktif seluruh insan Astra dalam berbagai kegiatan improvement dan innovation, yang akan memberikan nilai tambah Astra bagi para pelanggan, stakeholders dan bangsa Indonesia,” jelas Prijono.

Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC)

Dalam acara hari ini juga diserahkan penghargaan Astra Green Company dan Astra Friendly Company (AGC dan AFC) kepada perusahaan di Grup Astra.

AGC telah dimulai sejak tahun 1999 dan terus dikembangkan hingga kini. AGC memuat kriteria di bidang Pengelolaan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (LK3) yang meliputi strategi bisnis perusahaan (green strategy), proses bisnis yang aman, nyaman dan bersih (green process), pengembangan produk yang ramah lingkungan (green product) dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia (green employee). AGC bertujuan untuk mencapai operasi bisnis yang ramah lingkungan dan keberlanjutan di masing – masing bisnis dan operasi Grup Astra.

Sementara itu, Astra Friendly Company merupakan bentuk kerangka panduan komprehensif Grup Astra mengenai penerapan sistem manajemen, implementasi dan metode pengukuran program pengembangan berkesinambungan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Melalui standar AFC, setiap perusahaan dalam Grup Astra diharapkan dapat mengintegrasikan aspek sosial dalam setiap keputusan bisnisnya sehingga tercapai peningkatan kualitas hubungan sosial yang seimbang dan harmonis dengan para pemangku kepentingan.

Fokus implementasi program AFC adalah pada program pendidikan, kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat (Income Generating Activities), kesehatan dan lingkungan. Sejak tahun 2011, terdapat revisi pada kriteria penilaian AFC yaitu penambahan kriteria penilaian program budaya. Perusahaan – perusahaan di Grup Astra diharapkan turut serta dalam melakukan pelestarian budaya masyarakat setempat.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia