2jz_twin_turbo.png

Ini yang Membuat Mesin 2JZ Twin Turbo Melegenda

Diterbitkan16 Apr 2021

Bagi AutoFamily yang menggemari kecepatan, modifikasi dan erat dengan dunia balap pasti tak asing dengan mesin 2JZ twin turbo. Mesin ini sebenarnya tergolong lawas karena merupakan jantung pacu dari Toyota Supra generasi keempat.

Walau Supra generasi keempat sudah sejak lama tak lagi diproduksi, namun mesinnya yang berkode 2JZ tersebut hingga hari ini masih banyak diburu. Sudah bisa ditebak, yang memburu mesin ini bukan saja kalangan kolektor Supra yang hendak merestorasi mobilnya, tapi juga kalangan modifikator performa mesin.

PILIH MOBIL BARU TOYOTA DENGAN PENAWARAN MENARIK DARI AUTO2000

Padahal banyak mesin atau bahkan mobil lain yang lebih muda usianya, tapi tetap unit 2JZ seolah jadi pilihan utama. Bahkan bisa dibilang mesin satu ini punya pesona tersendiri di kalangan pecinta kecepatan.

Lantas apa yang membuat mesin ini menjadi primadona? Tentu ada berbagai alasannya. Mulai dari basis mesinnya yang dalam kondisi stadarnya memang sudah powerfull, material bahannya, sampai ketersediaan komponen pendukungnya yang masih cukup mudah didapat jadi alasannya.


Mesin yang sangat kuat

Bisa dibilang mesin 2JZ twin turbo adalah mesin yang sangat kuat. Bukan kuat dari sisi tenaga saja, tapi dari material pembentukya juga tergolong kuat.

Sebagai informasi, semua versi mesin 2JZ menggunakan blok besi cor. Memang dari segi bobot jadi cukup berat, namun untuk mendapat kekuatan maka bahan ini sangat ideal.

Mesin ini bagian silindernya sendiri cukup kuat. Inilah mengapa 2JZ-GTE dapat menahan tekanan dorongan turbo yang sangat kuat. Modifikator atau tunner dapat memberikan boost turbo tinggi tanpa harus mengkhawatirkan struktur dasar mesin.

Pada seri 2JZ-GTE juga memiliki benefit dari penerapan desain three-layer steel head gasket yang sangat baik. Dengan hal itu mesin dapat menerima tekanan turbo yang tinggi tanpa jebol.

Selain itu berkat penggunaan forged steel crankshaft yang juga sangat kuat menjadi tambahan kekuatan dari mesin ini. Blok mesin ini juga terkenal sangat rigid dan kuat menahan getaran dan putaran mesin yang tinggi.

Baca juga:Yaris Ukir Hasil Positif di Balap Paling Bergengsi Indonesia

Pada dasarnya, Toyota benar-benar memberikan tenaga yang sangat powerfull saat mendesain mesin ini. Bahkan bisa dikatakan mesin 2JZ twin turbo memiliki banyak karakteristik desain yang sama dengan mesin truk turbo-diesel kompresi tinggi.

Namun 2JZ pada dasarnya adalah mesin mobil sport berbahan bakar bensin namunsseolah-olah Toyota merancangnya untuk para penggemar mobil berperforma tinggi yang selalu haus akan modifikasi.

Sebagai informasi, mesin 2JZ twin turbo berkapasitas 3.000 cc. Dapur pacu ini berkonfigurasi enam silinder dan dapat menghasilkan daya mencapai 320 dk dengan torsi maksimum mencapai sekitar 427 Nm!

AutoFamily yang hendak memiliki Toyota Supra jangan khawatir kesulitan mendapatkannya. Sebab tersedia Toyota Supra generasi kelima yang tersedia di Auto2000.


Auto2000 Digiroom

MILIKI TOYOTA GR SUPRA IMPIAN ANDA DI AUTO2000
digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.