Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
SUV Tabrak Truk di Tol Tran Jawa, Benarkah Karena Serangan Microsleep?
Home - Berita - SUV Tabrak Truk di Tol Trans Jawa, Benarkah Karena...

SUV Tabrak Truk di Tol Trans Jawa, Benarkah Karena Microsleep?

Berita
04 Mar 2019

Auto2000.co.id – Jumat pagi (1/3/2019) lalu, sebuah SUV menghantam sebuah truk bermuatan kaca di jalan tol Trans Jawa segmen Ngawi – Kertosono KM 604, Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun.

Berdasarkan keterangan sopir truk yang dikutip oleh media, SUV tersebut menghantam dengan sangat keras dari belakang tanpa ada bunyi pengereman sehingga menewaskan 3 orang yang berada di dalam SUV.

Memang hingga saat ini belum ada keterangan resmi pihak kepolisian mengenai sebab kecelakaan tragis yang melibatkan SUV dengan pelat nomor Jakarta tersebut.

Namun bisa diduga, dengan tidak adanya bunyi pengereman mungkin sopir SUV tengah mengantuk karena tanpa kejelasan langsung menabrak bak truk yang sedang melaju sekitar 60 km/jam itu.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto2000 Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu

Tanpa bermaksud menghakimi salah satu pihak, mungkinkah seseorang ketiduran hingga terlelap saat mengemudikan mobil di jalan tol? Bahkan di pagi hari seperti kejadian SUV di atas?

Kondisi di atas mungkin saja dan biasa disebut sebagai microsleep, yakni suatu kondisi dimana seseorang, dalam hal ini pengemudi mobil, tertidur lelap secara tiba-tiba hanya dalam waktu yang sangat singkat, sekitar 1 hingga 30 detik.

Microsleep sering menyerang saat Anda melakukan pekerjaan yang monoton. Contohnya adalah saat berkendara dalam waktu yang lama di jalan tol Trans Jawa yang melenakan.

Jalan yang relatif sepi membuat Anda sanggup memacu mobil hingga kecepatan tinggi, bahkan di atas batas kecepatan maksimum. Apalagi kecelakaan terjadi di pagi hari yang pastinya lengang dan menggoda untuk memacu mobil.

BACA JUGA : Apa itu Aquaplaning Yang Bikin Mobil Kecelakaan Terbalik di Jalan Tol?

Di lain sisi, SUV yang menabrak truk menggunakan pelat nomor Jakarta. Kalau benar dari Jakarta, artinya di titik kecelakaan mobil sudah berjalan selama lebih dari 8 jam.

Di titik itu pengemudi mestinya sudah memasuki fase kelelahan. Ditambah, kecelakaan terjadi di pagi hari sehingga nyaris sepanjang malam sopir tidak istirahat. Begitu masuk pagi, tubuh akan ‘menagih’ Anda untuk tidur.

Hasrat untuk terus memacu mobil tidak diimbangi oleh kondisi tubuh yang menurun seiring waktu. Begitu terserang microsleep, kecelakaan fatal siap mengintai.

Makanya, Anda hanya boleh mengemudi tanpa istirahat maksimal 4 jam saja untuk menghindari kelelahan. Setelah itu pilihannya hanya ada 2, istirahat tidur atau ganti sopir.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Karena jalan lengang dan santai, katakan mobil Anda melaju 120 km/jam. Jika dikalkulasi, dalam 1 detik mobil Anda sanggup melaju sejauh sekitar 33 meter.

Sebagai pembanding, panjang rata-rata mobil itu 4 meter, sehingga jarak itu sama dengan 8 mobil diparkir memanjang. Dalam waktu 3 detik, mobil Anda sudah melaju sejauh sekitar 100 meter!

Begitu Anda kena serangan microsleep, risiko kecelakaan parah seperti menabrak mobil lain dari belakang atau bahkan pindah ke jalur berlawanan sangat mungkin terjadi.

Oleh sebab itu, jangan pernah remehkan risiko terserang microsleep saat berkendara, bahkan kala Anda merasa tubuh dalam kondisi fit sekalipun mengingat potensi serangannya yang tiba-tiba dan fatal.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.