Email
Password
lupa password? klik disini
RESET PASSWORD
belum punya akun?

Auto2000.co.id – Saat ini sudah masuk bulan September. Walau belum merata, di beberapa wilayah sudah mulai turun hujan.

Saat hujan, Anda mesti mengubah gaya berkendara lantaran kondisi lingkungan yang berbeda, seperti jalan yang lebih licin sehingga harus meningkatkan kewaspadaan.

Yang tak kalah penting, kondisi mobil harus prima agar saat melewati hujan tidak mengalami masalah berarti. Termasuk bila harus melewati jalan banjir.

Sangat berbahaya jika mobil Anda tidak siap menghadapi hujan. Seperti karet wiper sudah rusak sehingga tidak bisa membersihkan kaca depan secara optimal.

Atau yang lebih parah, telapak ban mobil sudah aus sehingga kehilangan grip ketika melewati jalan licin. Potensi kecelakaan sangat bisa terjadi di sini.

BACA JUGA : Penting! Ini Alasan Anda Harus Rutin Melakukan Servis Berkala Mobil Kesayangan

Lantas, bagian mana saja dari mobil Anda yang harus diperiksa saat mau masuk musim hujan?

Yang pertama tentunya adalah karet wiper. Karet wiper bagaikan pembersih mata Anda saat hujan.

Kalau sampai bermasalah, maka Anda tidak bisa melihat dengan baik. Sangat berbahaya, apalagi saat hujan deras.

Untuk itu cobalah perhatikan kondisi karet wiper. Untuk mobil MPV seperti Avanza dan Sienta juga mesti mengecek kondisi wiper belakang.

Jika getas atau berubah bentuk, segera ganti yang baru. Ganti kedua karet wiper agar hasilnya optimal. Pastikan Anda menggunakan karet wiper asli Toyota.

BACA JUGA : Ada Aturan Ganjil Genap, Aplikasi Ini Bantu Anda Beli Mobil Baru Tanpa Perlu Datang ke Showroom

Periksa pula kondisi air pembersih kaca. Jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor. Supaya maksimal, Anda bisa mencampurnya dengan cairan pembersih kaca.

Setelah mengecek ‘mata’ mobil, sekarang saatnya menginspeksi ‘alas kaki’ alias ban mobil. Potensi celaka sangat besar bila ban mobil tidak dalam kondisi prima.

Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. Jika tingginya sudah sama dengan tinggi telapak ban, maka ban tersebut wajib diganti.

Cek pula apakah ban aus secara merata atau tidak. Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di sistem suspensi.

Atau paling ringan, mobil Anda butuh spooring. Sekaligus lakukan balancing untuk menjaga performa ban.

BACA JUGA : Pusing Mau ke Bengkel Tapi Ada Aturan Ganjil Genap? Ini Caranya Supaya Mobil Bisa Diservis Tapi Anda Tetap Santai di Rumah

Ban yang aus, baik seluruhnya ataupun tidak merata, menyulitkan pengemudi mengendalikan mobil saat hujan. Apalagi saat jalan mulai tergenang ringan dan Anda sedang melaju cukup kencang.

Gejala aquaplaning atau ban mobil kehilangan daya cengkeram ke jalan akibat adanya lapisan air di atas aspal bisa membuat mobil Anda tidak bisa dikendalikan dan tergelincir.

Sembari spooring, sempatkan waktu untuk mengecek kondisi kaki-kaki mobil. Sistem suspensi yang bekerja dengan baik membantu Anda mengendalikan mobil di jalan basah akibat hujan.

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil akan bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi dengan baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Tidak terkait langsung dengan teknis kendaraan, tidak ada salahnya bila Anda mengecek polis asuransi mobil Toyota kesayangan.  Ini sebagai langkah antisipasi ketika Anda harus berhadapan dengan banjir.

BACA JUGA : Tidak Mungkin Kena Tipu, Program Ini Bantu Anda Beli Mobil Baru Dengan Cara Tukar Tambah

Mengapa?

Karena banjir tidak masuk dalam perlindungan standar asuransi mobil, baik Total Lost Only (TLO) maupun Comprehensive (All Risk). Banjir masuk dalam klausul tambahan Act of God (AoG) dan merupakan perluasan perlindungan asuransi.

Pastikan bahwa asuransi mobil Anda sudah melindungi mobil dari banjir, termasuk pula pelajari syarat dan ketentuannya agar klaim asuransi Anda bisa diterima saat mobil terkena musibah banjir.

Merasa repot dengan semua prosedur pengecekan di atas? Serahkan saja pada ahlinya, yaitu teknisi bengkel resmi Auto2000 saat Anda melakukan servis berkala.

Bahkan kalau Anda tidak sempat ke bengkel, bisa melakukan pesanan layanan THS – Auto2000 Home Service via aplikasi Auto2000 Mobile.

Dengan begini, Anda bisa melakukan persiapan mobil sebaik mungkin tanpa meninggalkan aktivitas Anda di  rumah atau kantor.

Newsletter
Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.
Name
Email

BERITA TERKAIT

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.