Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Awas Serangan Microsleep, Lakukan Ini Saat Mengemudi di Bulan Puasa
Home - Berita - Awas Serangan Microsleep, Lakukan Ini Saat Mengemu...

Awas Serangan Microsleep, Lakukan Ini Saat Mengemudi di Bulan Puasa

Berita
08 May 2019

Auto2000.co.id – Perubahan pola makan dan aktivitas selama Ramadhan mempengaruhi jam biologis dan metabolisme tubuh Anda. Mudahnya, Anda jadi sering ngantuk saat puasa.

Hal ini disebabkan oleh perubahan jam biologis tubuh yang berkaitan dengan jadwal kerja berbagai sistem serta organ tubuh manusia.

Puasa di siang hari bisa berdampak pada perubahan pola tidur. Ini karena aktivitas rutin seperti makan, minum, interaksi sosial, dan olahraga sering kali hanya dilakukan malam hari, sehingga mengurangi jam tidur dan kualitas tidur.

Tak heran bila seseorang mengantuk atau tidak konsentrasi di siang hari. Dan itu pasti sangat Anda rasakan saat mengemudi. Terutama di jam krusial antara jam 2 siang hingga jam 4 sore.

BACA JUGA : Benarkah Kode Produksi Ban Sebagai Tanda Ban Tidak Layak Pakai?

Rasa yang ditimbulkan mirip dengan jet lag yang biasa dirasakan ketika Anda pergi ke negara dengan pola waktu yang berbeda dengan Indonesia.

Salah satu dampak dari kekurangan waktu tidur adalah rasa lelah saat beraktivitas, seperti ketika mengemudi mobil. Akibatnya, Anda dapat mengalami microsleep atau tertidur secara tiba-tiba namun hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Meskipun dalam waktu yang sangat singkat, risiko fatal akibat kecelakaan siap mengintai.

Lantas, bagaimana cara menyiasatinya?

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

Anda harus ‘memaksakan’ diri untuk membuat jadwal tidur tetap di malam hari dan konsisten menjalaninya selama bulan puasa. Kurang tidur dapat menyebabkan tubuh merasa memiliki utang tidur sehingga Anda mengantuk di siang hari.

Usahakan untuk sering terpapar sinar matahari di siang hari untuk memperkuat jam biologis Anda. Hindari cahaya dari layar gadget atau televisi sebelum tidur malam.

Jaga pola makan, karena diet yang seimbang dapat membuat Anda tidur dengan baik. Beberapa orang tidak bisa tidur dengan perut kosong, sehingga camilan dengan porsi ringan diijinkan.

BACA JUGA : Begini Cara Ngobrol Dengan Tasia Kalau Mau Beli Mobil Baru di Auto2000

Hindari minuman dengan kandungan kafein dan soda minimal 4 jam sebelum waktu tidur. Perbanyak minum air putih sebagai pengganti di siang hari dan menjaga tubuh tidak mudah lemas.

Tidur siang jika diperlukan, meski hanya 15-30 menit, Itu sudah sangat cukup untuk mengistirahatkan tubuh agar tetap segar di siang hari.

Saat kantuk sudah sangat sulit dihindarkan saat mengemudi, segera menepi di tempat aman dan tidur sejenak. Bila sudah bangun, lakukan gerakan olahraga ringan dan basuh wajah dengan air supaya kembali segar.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.