Email
Password
lupa password? klik disini
RESET PASSWORD
belum punya akun?

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesia Untung Tri Basuki (kanan) dan Head of Environment and Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kiri) mengunjungi UMKM penghasil kacang jaruk binaan Kampung Berseri Astra (KBA) Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan di acara Festival KBA Banjarmasin. Festival KBA merupakan bentuk apresiasi PT Astra International Tbk bagi para insan kreatif tanah air sekaligus memperingati Hari Koperasi Nasional. Festival KBA diisi dengan berbagai rangkaian acara seperti bazaar UMKM yang diramaikan 30 UMKM lokal yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan, pertanian serta makanan dan minuman.

Para peserta KBA Festival Banjarmasin mengikuti workshop kreasi Kain Sasirangan bersama CEO Komunitas Kain Sasirangan Agus Sasirangan. Kain Sasirangan merupakan kain kebanggaan Kalimantan Selatan yang keindahan dan kepopulerannya tak kalah dengan kain batik dari Tanah Air lainnya. Kreasi Kain Sasirangan kini semakin beragam dengan padu padan warna dan motif menawan.

Jennifer Liem dari SD Dhammasoka (kacamata merah) berpose di depan juri dalam acara fashion show Kreasi Kain Sasirangan. Fashion show yang diikuti 30 peserta ibu dan anak ini merupakan salah satu acara dalam Festival KBA Banjarmasin. Peserta diminta menciptakan ide kreatif menggunakan Kain Sasirangan yang kemudian dipamerkan dalam fashion show dengan si kecil sebagai model.

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan wujud nyata kontribusi sosial PT Astra International Tbk untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi 4 pilar, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

Sejalan dengan arahan pemerintah untuk menciptakan Desa Maju, Mandiri dan Sejahtera, Grup Astra yang kini memiliki 73 KBA di 34 provinsi di Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan KBA tersebut menuju Desa Sejahtera di 100 kabupaten se-Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, sekaligus memperingati Hari Koperasi yang jatuh setiap tanggal 12 Juli, Astra selama 2 hari, yaitu 8-9 Juli 2018, mengadakan Festival KBA di Banjarbaru dan Banjarmasin. Acara hari ini merupakan bagian dari rangkaian Festival KBA yang telah diadakan di kota-kota sebelumnya, yaitu di Cibinong, Jawa Barat, dan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesia Untung Tri Basuki dalam sambutannya mengapresiasi wujud nyata Astra dalam membina 73 KBA di seluruh Indonesia yang di dalamnya terdapat program pengembangan UMKM.

“Festival KBA Banjarmasin ini merupakan puncak dari upaya nyata Astra di bidang kewirausahaan. Acara seperti ini bagus diketahui oleh masyarakat luas, sehingga model kemitraan UMKM yang terapkan Astra dapat dicontoh oleh lainnya untuk mendorong demokrasi ekonomi,” tutur Deputi Untung Tri Basuki.

Dengan mengangkat tema Astra Untuk Indonesia Kreatif, Festival KBA Banjarmasin diharapkan dapat membagikan inspirasi bagi para pelaku wirausaha UMKM dan menggerakkan ekonomi lokal di Kalimantan Selatan. Harapannya, dalam jangka panjang, ketika desa-desa yang sudah dibina dalam pilar kewirausahaan dapat menunjukkan prestasi terbaiknya, maka desa juga akan diperkuat dengan program kesehatan, pendidikan, lingkungan dalam skema KBA untuk mewujudkan masyarakat desa yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Pada prinsipnya, di mana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.

Newsletter
Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.
Name
Email

BERITA TERKAIT

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.