Waspada Penurunan Daya Kendali Berpotensi Kecelakaan Bila Tak Perhatikan Hal ini"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Waspada Penurunan Daya Kendali Berpotensi Kecelakaan Bila Tak Perhatikan Hal ini

Banyak pengemudi mobil tidak menggunakan posisi duduk yang benar, sehingga mengalami penurunan daya kendali dan tingkat kenyamanan secara cukup serius saat mengemudi. Posisi mengemudi yang baik dapat membantu mencegah risiko kecelakaan, memperbaiki faktor keamanan saat terjadi kecelakaan, dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Untuk mengatur posisi duduk saat mengemudi, yuk simak cara berikut ini.

1.    Kenakan pakaian yang tepat. Mengemudikan mobil harus dilakukan dengan pakaian yang tidak membatasi gerak si pengemudi. Pada suhu rendah (misalnya, di musim dingin), jaket panjang dapat menghalangi kemampuan pengemudi dalam menggerakkan kemudi, menyesuaikan posisi kursi pengemudi, serta memasang atau melepaskan sabuk pengaman. Pilihlah pakaian yang ringan dan nyaman.

2.    Posisikan diri Anda dengan pas di kursi kemudi. Pastikan bahwa Anda duduk dengan tegak dan pantat serta punggung Anda berada pada sudut tegak lurus sempurna, dan sepenuhnya bersandar/menekan permukaan kursi kemudi. Posisi ini menurunkan risiko sakit pinggang dan cedera punggung, serta mempertahankan kewaspadaan pada durasi mengemudi yang cukup lama.

3.    Aturlah posisi kursi kemudi pada jarak yang pas dari depan. Kursi kemudi harus selalu diposisikan dengan mempertimbangkan jaraknya dengan pedal-pedal kemudi. Pada mobil bertransmisi manual, injak pedal rem sepenuhnya dengan kaki kanan Anda, dan lepaskan pedal kopling sama sekali. Pada mobil bertransmisi otomatis, yang perlu dilepaskan adalah pedal tambahan (yang sebenarnya tidak berfungsi untuk apa pun selain digunakan sebagai alas/penahan kaki kiri pengemudi), jika ada (karena kebanyakan mobil bertransmisi otomatis tidak menggunakan pedal tambahan ini). Jarak kursi kemudi harus diatur sedemikian rupa agar saat kaki pengemudi melepaskan pedal manapun sepenuhnya, lututnya tetap sedikit tertekuk (kira-kira pada sudut 120 derajat).

4.    Aturlah posisi sandaran kursi kemudi. Posisi sandaran kursi sedapat mungkin harus sejajar dengan posisi kemudi. Memang tidak mungkin keduanya sejajar sempurna (dan hal ini juga tidak diperlukan), tetap i menyesuaikan posisi sandaran kursi hingga tegak pada sudut kira-kira 110-95 derajat dari bagian alas duduknya akan membantu kita untuk mendapatkan posisi yang tepat.

5.    Aturlah ketinggian kemudi. Jika mobil Anda memiliki fitur pengaturan posisi kemudi, ketinggian kemudi harus diatur hingga posisi kemudi sedapat mungkin sejajar dengan sandaran kursi, dan hingga pandangan ke depan melalui kaca depan mobil tidak terhalang. Posisi yang ideal harus memungkinkan pengemudi untuk menggenggam kemudi dengan nyaman pada posisi jam 9 dan jam 3 (lihat gambar di bawah), dengan telapak tangan sedikit lebih rendah dari bahu.

6.    Aturlah jarak kemudi dengan kursi kemudi. Jika mobil Anda memiliki fitur pengaturan posisi kemudi, jarak ini jika perlu diatur sama seperti ketinggian kemudi, yaitu hingga kemudi sedapat mungkin sejajar dengan sandaran kursi kemudi. Saat Anda menggenggam kemudi dengan nyaman dan benar, siku Anda harus tertekuk pada sudut kira-kira 120 derajat. Harus ada jarak sedikitnya 25 cm (dan jarak yang ideal adalah 30 cm) di antara titik tengah kemudi dengan pangkal tulang dada (tulang sternum). Jarak ini tidak boleh lebih jauh daripada 45 cm.

7.    Aturlah ketinggian kursi kemudi. Ketinggian kursi kemudi harus memungkinkan pengemudi untuk melihat ke dashboard tanpa terhalang, dan pas dengan posisi kemudi serta masing-masing pedal. Pada kebanyakan mobil, ketinggian yang tepat untuk pandangan pengemudi ke depan harus memungkinkan pengemudi untuk meletakkan lima jari tangan (jarak selebar telapak tangan) di antara kepalanya dan langit-langit interior mobil.

8.    Aturlah posisi sandaran kepala. Posisikan sandaran kepala pada ketinggian sedikit di atas kelopak mata Anda, dan (yang terpenting) sedekat mungkin dengan kepala Anda (pada jarak 2-3cm). Jarak kepala pengemudi dengan sandaran kepala yang melebihi 7 cm meningkatkan risiko bantingan leher/kepala. Ingatlah bahwa saat mengemudi, leher Anda akan sedikit tertekuk ke depan. Jika Anda tidak dapat mengatur posisi sandaran kepala pada jarak yang aman, Anda perlu sedikit menyesuaikan posisi kemiringan sandaran kursi kembali.

9.    Lakukan penyesuaian lainnya sesuai kebutuhan, misalnya:Penopang punggung: Alat ini memberikan tekanan yang merata di seluruh panjang pinggung. Pengemudi yang mengalami masalah dengan tulang punggung namun tidak memiliki alat ini dapat menggunakan satu atau dua gulungan handuk sebagai gantinya.

10.  Posisikan tangan dengan benar. Kedua tangan Anda harus berada pada kemudi, pada posisi jam 9 dan jam 3. Posisi ini meningkatkan daya kendali pada kemudi hingga maksimal. Telapak tangan Anda harus diletakkan pada sisi lingkar luar kemudi dan kedua ibu jari harus mengait ringan pada garis tengah yang melintang pada kemudi.

11.  Pasang sabuk pengaman dengan benar. Sesuaikan posisi sabuk pengaman seerat dan senyaman mungkin melintasi pinggang Anda. Sabuk pengaman harus diposisikan secara erat dan serendah mungkin, yaitu pada ketinggian tulang panggul, bukan lingkar perut.

12.  Periksa daya pandang Anda. Dengan posisi ini, mata Anda harus dapat memandang ke depan pada ketinggian garis tengah atau paruh teratas area kaca depan, agar menghasilkan daya pandang yang baik. Jagalah mata Anda agar tetap relaks dan jangan berusaha memfokuskan pandangan secara berlebihan. Arahkan pandangan sedikit ke atas, bukan ke bawah. Anda akan mampu melihat dengan area pandang yang lebih luas dan jarak pandang yang lebih jauh, sambil tetap waspada terhadap sekeliling dengan sudut-sudut mata.

13.  Letakkan benda-benda apa pun serendah mungkin di dalam kabin mobil, idealnya di lantai mobil, dan sebaiknya di area kursi penumpang depan.Namun, jangan letakkan benda apa pun di sekitar kursi pengemudi, karena benda itu dapat bergeser hingga terselip di belakang pedal

14.  Aturlah posisi spion tengah untuk semaksimal mungkin menghindari penghalang dan meningkatkan daya pandang Anda. Saat mengemudi, jangan sibuk mengubah posisi spion tengah atau menggunakan spion tambahan untuk melihat ke area kursi belakang.

15.  Manfaatkan pendingin udara untuk menghilangkan lapisan kabut di kaca depan, sekaligus untuk meningkatkan kenyamanan di dalam kabin. Jika Anda berkendara di cuaca yang sangat dingin dan mobil Anda dilengkapi dengan pemanas udara, lebih baik aktifkan pemanas udara daripada Anda mengenakan pakaian ekstra tebal yang mempengaruhi kemampuan mengemudi dan menghalangi fungsi sabuk pengaman. Biarkan salah satu jendela sedikit terbuka, untuk mengalirkan udara segar, baik di musim panas (untuk tambahan suplai oksigen) maupun di musim dingin (untuk tambahan udara dingin yang segar).

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Promosi Lainnya
Promo - Deal Cermat
Berita bahagia di bulan Februari! Sekarang AutoFamily bisa mendapatkan banyak kemudahan untuk punya mobil Toyota terbaru loh.

Melalui paket DEAL CERMAT Anda bisa mendapatkan mobil baru Toyota dengan pilihan DP 20%, 25%, 30%, atau 40% serta tenor hingga 4 tahun khusus model Innova dan Fortuner!

Selain itu, setiap pembelian melalui program DEAL CERMAT Anda juga akan mendapatkan cashback trade in senilai 5 JT rupiah untuk AutoFamily yang melakukan trade in mobil lamanya. Selain itu harga jual mobil Anda akan dijamin di awal pembelian! Promo ini berlaku khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah JABODETABEK dan Medan.

Tunggu apa lagi? Yuk isi formulir di bawah ini untuk ikutan promonya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Februari 2021
Promo Beli Mobil Toyota, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Kilau Sempurna
AutoFamily pasti pernah berandai-andai kan gimana caranya ya mobil Toyota kesayangan bisa terlihat seperti baru lagi? Tenang saja, Auto2000 punya solusinya!

Yuk ikutan program Kilau Sempurna Toyotaku, dijamin bakal bikin mobil Toyota Anda berkilau seperti baru lagi!

Melalui program ini AutoFamily bisa mendapatkan potongan harga jasa perbaikan bodi sebesar 300 ribu rupiah! Potongan ini bisa Anda dapatkan melalui perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal 1,5 juta rupiah dan untuk customer yang memegang asuransi dengan minimum jumlah claim sebesar 3,5 juta rupiah. Pembayarannya bisa menggunakan Cicilan 0% loh!

Anda juga berhak untuk mendapatkan potongan 5% untuk ratusan spare parts pilihan! Semakin mudah untuk memperoleh kembali kilau sempurna mobil Toyota kesayangan Anda kan?

Caranya mudah, AutoFamily hanya perlu menggunakan kode promo KILAU300 pada halaman check out untuk nikmati potongan harganya.

Promo ini hanya berlaku sampai 30 April 2021 ya. Yuk ikutan sekarang agar mobil Toyota Anda terlihat seperti baru lagi!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

03 November 2020
Promo - SPONTAN
Ikutan promo Paket SPONTAN yuk! SPONTAN atau Siaga Kupon Perawatan merupakan program yang menyediakan paket servis berkala dengan harga spesial khusus untuk AutoFamily!

Jika AutoFamily membeli paket servis ini, Anda bisa menghemat sampai dengan 34% dari biaya servis berkala Anda secara total loh! Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spareparts yg di butuhkan. Semakin hemat kan?

Berikut pilihan paket SPONTAN yang bisa AutoFamily pilih:


- SPONTAN A / 1,5 Tahun: 2x Servis Berkala Kecil mulai dari 1.8 juta*
- SPONTAN B / 1,5 Tahun: 1x Servis Berkala Kecil mulai dari 2.4 juta*
- SPONTAN C / 3 Tahun: 3x Servis Berkala Kecil dan 1x Servis Berkala Besar mulai dari 3.8 juta

Paket ini bisa AutoFamily dapatkan melalui website dan aplikasi Auto2000 Digiroom dengan menggunakan kode promo SPONTANHEMAT pada halaman check out. Paket SPONTAN bisa Anda dapatkan khususnya untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota Free Service atau sudah berada di atas 50.000km. Khusus untuk 20 pembeli pertama melalui Auto2000 Digiroom, Anda juga akan mendapatkan Free Die Cast loh!

Makin penasaran dengan promonya? Yuk klik Log In dan Beli Sekarang untuk nikmati hematnya servis menggunakan Paket SPONTAN!
10 September 2020
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF