piston_rem_mobil.png

Ketahui Cara Kerja Piston Rem Mobil

Diterbitkan13 Jan 2021

Siapa yang tak pernah dengar kata piston? Komponen satu ini tentu sangat penting kehadirannya di sebuah mobil. Namun piston bukan cuma hanya ada di dalam mesin, tapi juga di bagian rem. Ya, ada komponen bernama piston rem mobil yang sangat vital dalam sistem penghenti laju kendaraan.

Seperti piston yang ada di dalam blok silinder, piston rem mobil juga berbentuk silinder. Namun tentu tugasnya berbeda. Pada mekanisme rem cakram, piston bertugas untuk menekan kampas rem.

Untuk lebih jelasnya mari kita ketahui cara kerja piston rem mobil. Ingat, piston rem ini hanya terdapat di rem dengan tipe cakram. Pada mobil yang masih menganut rem tromol kita tidak akan menemui komponen satu ini.


Sistem rem cakram

Jenis rem satu ini tentu tidak asing. Bahkan kehadirannya sudah sangat jamak ditemui di banyak mobil keluaran terbaru. Dari tipe terendah sampai yang tertinggi banyak yang dilengkapi rem cakram.

Jenis rem yang juga kerap disebut disc brake ini merupakan sistem pengereman yang cara kerjanya memanfaatkan komponen tambahan berupa piringan cakram. Terdapat dua buah kampas rem yang akan menjepit cakram untuk memperlambat putaran mobil.
Mekanisme rem cakram memanfaatkan sistem hidrolik untuk menekan piston yang ada di kaliper, komponen penjepit cakram yang berisi kampas rem salah satunya.


Keuntungan piston rem cakram

Dengan menekan pedal rem, maka secara hidrolik akan ada gaya tekan di kabel dan membuat pistom rem cakram menekan kampas rem. Tekanan ini akan semakin kuat seiring dengan injakan pedal rem. Semakin dalam kita injak rem maka semakin kuat piston menekan kampas rem.

Dengan sistem seperti ini tentu ada beberapa Keuntungan yang akan kita dapat. Pertama adalah radiasi panas lebih baik, kedua bisa lebih cepat kering bila terkena air dan ketiga adalah pengereman yang lebih responsive.

Keuntungan lainnya adalah konstruksi dan jumlah komponennya yang cukup simpel. Rem cakram memilki desain yang sangat sederhana, karena hanya terdiri dari tiga part utama yaitu cakram, kaliper yang berisi piston dan kampas rem.


Jenis rem cakram

Rem cakram yang dipakai pada mobil-mobil Toyota bisa dikatakan ada beberapa jenis. Jika digolongkan dari jumlah pistonnya maka akan ada dua jenis rem cakram.

Pertama adalah tipe single piston. Sesuai namanya, hanya ada satu piston yang aktif bergerak untuk menekan kampas rem. Namun bukan berarti hanya satu sisi saja yang tertekan. Sisi lain otomatis tertekan karena pada tipe floating, posisi caliper bisa bergeser untuk menekan kampas rem.

Untuk tipe kedua memiliki dua buah piston yang aktif menekan kedua sisi kampas rem. Jenis satu ini memiliki daya pengereman yang lebih kuat dan optimal namun konstruksi kaliper jenis double piston termasuk rumit.

Itulah cara kerja rem mobil yang perlu Anda ketahui. Rem cakram memang teknologi rem yang sudah cukup tua namun tetap relevan dengan kebutuhan kita saat ini.

Pilih mobil dengan sistem rem cakram terbaik dari Toyota hanya di Auto2000. Gunakan aplikasi Digiroom untuk melakukan pembelian mobil Toyota secara online dan praktis.

Baca Juga:Berapa Tekanan Angin Ban Mobil Avanza?

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.