perkembangan-otomotif-di-indonesia.png

Mengenal Sejarah Perkembangan Otomotif di Indonesia

Diterbitkan6 Des 2022

Apakah AutoFamily tahu bagaimana perkembangan otomotif di Indonesia? Pada era globalisasi ini banyak perkembangan dunia usaha atau bisnis di Indonesia, salah satunya adalah bidang otomotif. Di mana, antara perusahaan otomotif saling bersaing sangat ketat untuk menarik perhatian para konsumen. Dibalik majunya bisnis otomotif di Indonesia ada sejarah yang melatarbelakanginya. Sejarah tersebut akan dijelaskan pada uraian di bawah ini.

Sejarah Perkembangan Otomotif di Indonesia

Otomotif yaitu salah satu ilmu yang mempelajari tentang kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat. Menurut catatan sejarah, ada beberapa dekade perkembangan otomotif di Indonesia, mulai dari masuknya mobil pertama di Indonesia sampai berdirinya perusahaan otomotif di Indonesia. Berikut ini sejarah singkat perkembangan otomotif tersebut.

1. Awal Masuk Mobil di Indonesia

Dilansir dari sejumlah sumber, mobil pertama kali masuk ke Indonesia kisaran tahun 1894 yang dipesan oleh Pakubuwono 10 dari Jerman. Mobil itu diimpor dan didatangkan langsung ke Solo melalui pelabuhan Semarang. Pada zaman itu Indonesia masih menjadi konsumen mobil belum berindustri sendiri.

Baca juga:Mengenal Sejarah Perkembangan Mobil di Dunia

2. Industri Mobil Otomotif di Indonesia

Pada tahun 1927 salah satu pabrikan dari luar negeri mendirikan pabrik otomotif di Tanjung Priok. Namun, industri otomotif di Indonesia pada saat itu kurang berkembang dengan baik. Dikarenakan adanya pengaruh dari perang dunia ke 2 dan masa transisi penjajahan.

Kemudian setelah kemerdekaan, industri otomotif di Indonesia mulai bergerak lagi. Kisaran tahun 1953, kemunculan Astra sebagai pionir otomotif telah di kembangkan oleh anak bangsa

Pada saat itu, bisnis yang dikembangkan masih berkiblat pada mobil-mobil buatan Eropa sebagai penguasa pasar otomotif. Pada masa ini, Jepang belum menunjukkan kemampuan pasar otomotif di Indonesia.

3. Awal Masuknya Otomotif Jepang Di Indonesia

Setelah pergantian pemerintahan Presiden Soekarno kepada Presiden Soeharto, mulai adanya peluang bagi negara maju dapat memasuki pasar Indonesia. Pada sektor otomotif sendiri, setiap produsen juga harus mampu melihat kondisi pasar Indonesia saat itu.

Pada awal tahun 1970-an, mobil-mobil buatan Amerika Serikat dan Eropa di pasar otomotif Indonesia tergantikan oleh mobil buatan Jepang. Mayoritas masyarakat Indonesia memilih mobil-mobil buatan Jepang karena menawarkan kenyamanan dan harga bersaing.

Salah satu perusahaan otomotif Jepang yang mampu mendominasi pasar Indonesia adalah perusahaan Toyota Motor Corporation. Produk Toyota masuk di Indonesia tahun 1961 dengan 100 unit Toyota Land Cruiser yang beratap kanvas, atau biasa dikenal dengan Toyota hardtop.

Masuknya perusahaan Toyota Motor Corporation karena adanya bentuk kerja sama dari Indonesia dengan Jepang. Inilah cikal bakal kelahiran PT Astra International Tbk.

Awalnya, merek-merek otomotif dari Jepang tidak langsung mendirikan pabriknya sebagai basis produksi di Indonesia, melainkan mengekspor mobilnya ke Indonesia, seperti Toyota dan merek mobil lain dari Amerika Serikat dan Eropa.

Namun, melihat potensi otomotif Jepang yang sangat besar di pasar Indonesia, peta bisnis mobil asal Jepang ke Indonesia agak berubah. Perubahan tersebut berupa skala yang mengharuskan Jepang membentuk Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM), yang berlaku tidak hanya mobil produksi Jepang saja, tetapi semuanya.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Peran Toyota dalam Perkembangan Dunia Otomotif Indonesia

Di tengah persaingan global yang semakin ketat, Toyota selalu berupaya untuk meningkatkan kinerja dan kapabilitasnya, sehingga mampu menjawab tuntutan konsumen Indonesia dan mancanegara. Maka dari itu, sudah tidak heran lagi jika hampir setiap jenis mobil Toyota bisa dijumpai di jalan raya. Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat bagaimana peran Toyota dalam perkembangan otomotif di Indonesia.

1. Salah Satu Penyumbang Perekonomian Terbesar

Industri otomotif menjadi salah satu sektor andalan yang memberi kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional. Tercatat ada 22 perusahaan industri kendaraan roda empat yang berkembang di Indonesia.

Toyota sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar sudah melibatkan sekitar 300.000 orang pekerja. Bukan hanya itu saja, pabrik Toyota juga telah memproduksi mobil dengan mesin berteknologi ramah lingkungan. Sejalan dengan kemampuan produksi lokal, Toyota Indonesia juga masih memegang peran sebagai pemegang pangsa pasar nasional.

Baca juga:Rekomendasi Mobil Kecil Untuk 4 Orang

2. Memberi Mobilitas Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Sejak 50 tahun yang lalu masyarakat Indonesia menggunakan produk Toyota. Banyak hal yang berubah seiring berjalannya waktu. Misalnya, zaman dahulu masyarakat Indonesia membutuhkan kendaraan untuk alat transportasi untuk mendukung mobilitas baik jarak jauh maupun pendek, seperti mudik.

Namun, saat ini kebutuhan mobilitas masyarakat telah berkembang menjadi lebih kompleks. Banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan layanan pendukung seperti lebih mudah, aman, nyaman dan berbasis digital. Maka dari itu, Toyota selalu memberikan inovasi-inovasi baru yang memudahkan masyarakat Indonesia sesuai dengan yang dibutuhkan.

Itu dia sejarah perkembangan otomotif di Indonesia yang menjadi titik awal munculnya perusahaan otomotif dan masuknya mobil produk Jepang. Salah satunya Toyota yang hingga saat ini berkembang sangat pesat serta mampu bertahan dalam persaingan global hingga 50 tahun.

Toyota selalu berinovasi dengan menghadirkan fitur baru pada setiap kendaraannya. Tentunya inovasi ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Salah satunya Toyota menghadirkan Toyota BZ4X sebagai mobil listrik dengan interior yang menarik.

Interior Toyota BZ4X didesain dengan elegan dan memberikan kesan berkelas pada penggunanya. Apalagi kehadiran berbagai fiturnya yang memudahkan Anda selama perjalanan. Yuk cek spesifikasi mobil listrik tersebut lebih lanjut hanya di Auto2000 Digiroom. Rasakan kenyamanan berkendara dengan mobil ramah lingkungan bersama Auto2000.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.