perbedaan-ring-piston-kompresi.jpg

Ketahui Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan 2

Diterbitkan30 Nov 2020

Mengetahui perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 sangat penting demi mencegah masalah pada kendaraan. Sebab, fungsi keduanya adalah untuk memastikan mesin bekerja dengan performa maksimal, efisien, dan efektif. Kalau pemasangan antara ring 1 dan 2 salah, alhasil mobil AutoFamily akan boros oli, muncul noise, ngebul, tidak mau langsam, dan kendala lain yang akan sangat merugikan.
Mengingat bentuk kedua ring piston ini sangat mirip, bahkan nyaris terlihat sama, maka baca artikel berikut ini untuk mengetahui perbedaannya!

Ring piston kompresi 1

Sebelum membahas perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2, akan lebih bijak bila Anda mengetahui perbedaan fungsi keduanya terlebih dahulu. Dengan mengetahui fungsinya, maka AutoFamily akan paham mengapa pemasangan ring piston ini tidak boleh sampai salah. Ring piston kompresi 1 bertanggung jawab untuk mencegah terjadinya kebocoran udara. Di samping itu, komponen ini juga berfungsi sebagai penyalur panas dari mahkota piston ke dinding silinder.
Dengan kedua fungsinya tersebut, maka ring piston kompresi 1 akan Anda temukan di bagian susunan fungsi ring piston atas, paling dekat dan mengarah ke ruang bakar mesin. Lalu, untuk ciri-cirinya, ring piston kompresi 1 memiliki sisi tepian luar, di mana sudutnya sejajar dan rata dengan dinding silinder. Berbekal bentuknya ini, maka ring piston 1 akan maksimal menyalurkan panas.

Ring piston kompresi 2

Bisa dikatakan kalau perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 terletak pada fungsi. Bila ring piston 1 bertugas sebagai pencegah kebocoran udara, maka ring piston 2 adalah pelapis kedua untuk mencegah kebocoran udara yang lolos dari celah ring 1. Artinya, ring piston 2 ini adalah pendukung fungsi ring piston 1 untuk memastikan tidak ada udara yang lolos dari proses kompresi.
Namun, bukan berarti fungsi ring piston 2 ini cuma sebagai pendukung. Sebab, komponen ini juga bertugas menyapu dan membersihkan sisa oli atau minyak pelumas yang ada pada dinding silinder agar tak menerobos masuk ke dalam ruang bakar. Untuk ciri-cirinya, ring piston 2 memiliki sudut tepian tirus atau meruncing, di mana saat pemasangan, sudut ini dipasang di bagian bawah.

Perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2

Nah, apakah sekarang Anda sudah lebih tahu perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2? Kalau belum, berikut perbandingan keduanya dalam sebuah kolom untuk memudahkan Anda.
Ring Piston Kompresi 1Ring Piston Kompresi 2
Dipasang pada bagian paling atas pada urutan nomor satu.Dipasang pada bagian kedua, tepat di bawah ring piston kompresi 1.
Saat diraba, tepian luarnya terasa halus dan rata.Saat diraba, tepian luarnya terasa halus namun ada sedikit rasa tajam, khususnya bagian yang menghadap ke bawah.
Bagian tepi luar ring piston bentuknya rata, sedangkan tepi dalam tirus.Bagian tepi luar ring piston bentuknya tirus, sedangkan tepi dalamnya rata.
Berwarna silver atau abu-abu. Tak jarang juga chrome cerah.Berwarna kehitam-hitaman dan lebih gelap daripada ring piston kompresi 1.
Ada tanda khusus R, N, T, TOP di sisi atas ring dekat dengan gap atau satu warna cat di tepian ring.Ada tanda khusus seperti 2R di sisi atas ring dekat dengan ring gap. Bisa juga 2 warna cat di tepian ring.

Ternyata mudah, bukan, melihat perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 di dalam mesin mobil? Keduanya punya ciri dan bentuk yang berbeda meski fungsinya hampir sama, yaitu untuk mencegah kebocoran udara saat proses kompresi. Agar komponen ini tetap terjaga, pastikan Anda melakukan servis rutin ke bengkel Auto2000 terdekat. Buka website Auto2000 Digiroom untuk menemukan cabang bengkel. Dapatkan pula penawaran menarik Toyota Innova dan Toyota Fortuner.


Baca juga: Waspada, Kenali Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis



PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.