LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mesin Susah Hidup Karena Solenoid Aus

AstraWorld pernah mengulas efek yang terjadi jika solenoid rusak. Sangat berbahaya. Seorang customer pernah mengalaminya. Ketika tengah berkendara dengan kecepatan tinggi, tiba-tiba mesin ngempos. Meskipun pedal gas diinjak sedalam-dalamnya, kecepatan mobil tidak bisa ditambah. Untung selamat meskipun saat itu semua mobil di belakang juga sedang melaju kencang.

Begitulah yang terjadi ketika komponen yang mengatur suplai bahan bakar ini tidak berfungsi dengan baik. Komponen ini diaplikasikan hampir di semua mobil berbahan bakar solar, juga pada mobil bermesin bensin dengan karburator.

Idealnya, komponen dalam sistem pembakaran ini selalu buka-tutup. Kasus seperti di atas terjadi karena solenoid dalam posisi tutup terus. Sehingga pasokan bahan bakar ke ruang bakar terganggu. Solusi darurat ketika itu, karet perapat pada solenoid dilepas sehingga posisi jadi buka terus. Setelah tiba di bengkel, solenoid pun diganti dengan yang baru.

Selain ngempos, ada juga efek lain yang ditimbulkan akibat kerusakan pada solenoid. Yaitu, mesin susah untuk dihidupkan. Harus berkali-kali ON/OFF baru terjadi pembakaran bahan bakar. Kasus seperti ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala yang umumnya luput dari perhatian kita: ketika kunci kontak kita posisikan "OFF" mesin masih hidup hingga 20-30 detik.

Karena itu, jangan anggap remeh jika ada jeda waktu yang cukup signifikan setiap hendak mematikan mesin (kecuali pada kendaraan dengan mesin yang menggunakan turbocharge). Segera periksa keausan pada solenoid. Bukan tak mungkin komponen yang terletak di karburator (bensin) atau pompa injeksi (diesel) ini sudah usang.

Biasanya, kerusakan pada solenoid terjadi karena kumparan solenoid terbakar, seal rusak, atau karena rangkaian yang terputus sehingga tidak ada tegangan listrik yang dikirim ke solenoid. Jika sudah tampak aus, komponen yang satu ini tidak dapat diperbaiki. Sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

(AstraWorld)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia