LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Mengetahui Solenoid Rusak Dengan Tepat

Cara mengetahui solenoid rusak memang tidak mudah dan sering kali diabaikan. AutofFamily kejadian ini sangat berbahaya. Seorang customer pernah mengalaminya.

Ketika tengah berkendara dengan kecepatan tinggi, tiba-tiba mesin ngempos. Meskipun pedal gas diinjak sedalam-dalamnya, kecepatan mobil tidak bisa ditambah. Untung selamat meskipun saat itu semua mobil di belakang juga sedang melaju kencang.

Begitulah yang terjadi ketika komponen yang mengatur suplai bahan bakar ini tidak berfungsi dengan baik. Komponen ini diaplikasikan hampir di semua mobil berbahan bakar solar, juga pada mobil bermesin bensin dengan karburator.

Idealnya, komponen dalam sistem pembakaran ini selalu buka-tutup. Kasus seperti di atas terjadi karena solenoid dalam posisi tutup terus. Sehingga pasokan bahan bakar ke ruang bakar terganggu. 

Solusi darurat ketika itu, karet perapat pada solenoid dilepas sehingga posisi jadi buka terus. Setelah tiba di bengkel, solenoid pun diganti dengan yang baru. Tentu cara mengetahui solenoid rusak dengan meraba apakah Anda mengalami kesulitan saat ingin menambah kecepatan. 

Baca juga: 5 Alasan Mesin Mobil Tiba Tiba Mati Saat Jalan

Selain ngempos, ada juga efek lain yang ditimbulkan akibat kerusakan pada solenoid. Yaitu, mesin susah untuk dihidupkan. Harus berkali-kali ON/OFF baru terjadi pembakaran bahan bakar. 

Kasus seperti ini biasanya ditandai dengan gejala-gejala yang umumnya luput dari perhatian kita: ketika kunci kontak kita posisikan "OFF" mesin masih hidup hingga 20-30 detik.

Penyebab starter dinamo rusak sebetulnya terdiri dari berbagai faktor, namun yang perlu dipastikan adalah jangan anggap remeh jika ada jeda waktu yang cukup signifikan setiap hendak mematikan mesin (kecuali pada kendaraan dengan mesin yang menggunakan turbocharge). Segera periksa keausan pada solenoid. Bukan tak mungkin komponen yang terletak di karburator (bensin) atau pompa injeksi (diesel) ini sudah usang.

Biasanya, kerusakan pada solenoid terjadi karena kumparan solenoid terbakar, seal rusak, atau karena rangkaian yang terputus sehingga tidak ada tegangan listrik yang dikirim ke solenoid. Jika sudah tampak aus, komponen yang satu ini tidak dapat diperbaiki. Sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Auto2000 Digiroom sekarang sudah menyediakan layanan booking service online. Cek cabang Auto2000 sekitar wilayah Anda. Jangan lupa lihat berbagai spesifikasi mobil Toyota Fortuner keluaran terbaru di tahun 2020. 

​​​​​​​Baca juga: Pengaruh Oktan pada mesin Bensin

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota ​​​​​​​ corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​ promo spontan​​​​​​​
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF