Mengenal Fitur Defogger, Penangkal Embun yang Jarang Digunakan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Mengenal Fitur Defogger, Penangkal Embun yang Jarang Digunakan


Auto2000.co.id – Meski sudah sering mengendarai mobil, tampaknya masih banyak pengendara yang tidak mengetahui fitur yang tersedia pada tunggangannya. Salah satu yang kerap dilupakan adalah fitur penangkal embun atau defogger.
​​​​​​​
Fitur ini memang bukan teknologi baru, namun ternyata masih banyak yang belum mengerti kegunaan serta bagaimana mengoperasikannya.

Padahal fungsinya cukup vital untuk meningkatkan visibilitas ketika berkendara di kondisi hujan atau di daerah pegunungan. Buat konsumen Toyota, fitur ini sudah tersedia di seluruh model yang dipasarkan di Indonesia.

Seperti dijelaskan, defogger merupakan fitur yang berguna untuk menghilangkan embun.
​​​​​​​
BACA JUGA : Masih Ada Waktu, Segera Datangi Auto2000 Untuk Promo Tukar Tambah New Avanza

Proses terjadinya pengembunan pada kaca terjadi karena adanya perbedaan suhu antara di kabin dan di sekeliling bodi mobil alias lingkungan sekitar.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman, defogger akan sangat membantu saat kaca mulai berembun. Secara otomatis, fitur ini akan menghilangkan dan mencegah terjadinya embun.

“Fitur ini bukan hal baru, bahkan semua produk Toyota rata-rata sudah menggunakan defogger karena terkait masalah keamanan saat berkendara,” jelasnya.

“Defogger itu ada di bagian kaca depan dan belakang, fungsinya mencegah terjadi pengembunan sehingga visibilitas tetap optimal meski berjalan di bawah guyuran hujan lebat,” kata Suparman.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Untuk mengenali bila mobil memiliki perangkat penangkal embun ini caranya cukup mudah, bisa dilihat dari tampilan ekterior atau pun interior.

Dari eksterior cukup melihat dari kaca belakang mobil, apakah melekat beberapa baris garis cokelat pada bagian dalam, bila ya otomatis mobil itu sudah menggunakan deffoger.

Sedangkan dari interior, cukup melihat dari pilihan tombol bergambar garis persegi panjang yang kemudian dipotong oleh tiga anak panah. Tombol ini umumnya diletakkan tidak jauh dari tombol AC.

“Untuk bagian depan, defogger biasanya akan berkerja dari kipas AC melalui embusan udara,” ujar Suparman.

BACA JUGA : Mudah dan Nyaman, Ini Sebab Anda Harus Ngobrol Dengan Tasia

‘Jadi memanfaatkan udara yang masuk dari ventilasi mobil yang berada di bagian dasbor. Sehingga dengan udara yang sama, pengembunan bisa dicegah,” urainya.

Sementara untuk defogger belakang, cara kerjanya melalui sistem penghangatan dengan metode elektrik ke permukaan kaca.

Energi panas akan dialirkan menggunakan garis-garis coklat yang melekat di bagian dalam kaca, karena itu jangan sepelekan keberadaan garis tersebut.

Demi menjaga defogger berkerja optimal, cukup minta pengecekan kepada teknisi di bengkel resmi Auto2000 ketika servis berkala.
Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo OCTOFEST Calya DP Ringan
Penawaran spesial di bulan Oktober, ikutan OCTOFEST dan nikmati keuntungannya! Dapatkan mobil Calya sekarang dengan DP Ringan mulai dari 24 jutaan* aja dan Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa pompa elektrik. Anda juga akan mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh.

Yuk dapatkan penawarannya sekarang dan nikmati mudahnya beli mobil bersama Auto2000.

Isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Promo OCTOFEST Avanza
Mau beli mobil Avanza yang banyak keuntungannya? Ikutan program special dari Auto2000 di bulan Oktober yuk!

Hanya di Auto2000, Anda bisa mendapatkan asuransi all risk 1 tahun hanya dengan membayar 2 juta rupiah*! Anda cukup melakukan pembelian Toyota Avanza secara cash, dan Anda bisa nikmati keuntungannya.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier! Yuk dapatkan penawarannya sekarang dengan megisi formulir di bawah.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Octo Fest Cicilan Ringan
Mau punya mobil stylish tanpa perlu bayar mahal? Ikutan program Cicilan Ringan aja! Melali EZ Deal Anda bisa mendapatkan mobil
- All New Yaris dengan cicilan mulai dari 3,4juta / bulan
-Toyota Raize dengan cicilan mulai 2,7 juta / bulan*
-Toyota Vios dengan cicilan 4 juta / bulan*
-Toyota Rush dengan cicilan mulai 3,4 juta / bulan*

Dengan mengikuti program ini, cicilannya terjamin ringan! Anda juga bisa mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh. Yuk isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

11 Oktober 2021
Toyota Flexi Service
Mau servis mobil tapi takut harga gak bersahabat? Ikutan Toyota Flexi Service aja! Anda bisa fleksibel pilih servis yang Anda perlukan dan sesuai untuk kebutuhan mobil Toyota Anda.

AutoFamily bisa memilih beberapa pilihan paket seperti:
- Paket Servis Rem mulai dari 226ribu*
- Paket Tune Up mulai dari 336ribu*
- Paket Servis AC mulai dari 215ribu*
- Paket Wiper Set + Wiper Fluid mulai dari 118ribu*
Semakin hemat kan? Program ini bisa Anda dapatkan untuk booking servis di bengkel ataupun melalui THS Auto2000 Home Service loh.

Penawaran ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2021.

Booking servis sekarang dan jangan sampai ketinggalan promonya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Oktober 2021
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF