Mengenal Fitur Defogger, Penangkal Embun yang Jarang Digunakan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mengenal Fitur Defogger, Penangkal Embun yang Jarang Digunakan


Auto2000.co.id – Meski sudah sering mengendarai mobil, tampaknya masih banyak pengendara yang tidak mengetahui fitur yang tersedia pada tunggangannya. Salah satu yang kerap dilupakan adalah fitur penangkal embun atau defogger.
​​​​​​​
Fitur ini memang bukan teknologi baru, namun ternyata masih banyak yang belum mengerti kegunaan serta bagaimana mengoperasikannya.

Padahal fungsinya cukup vital untuk meningkatkan visibilitas ketika berkendara di kondisi hujan atau di daerah pegunungan. Buat konsumen Toyota, fitur ini sudah tersedia di seluruh model yang dipasarkan di Indonesia.

Seperti dijelaskan, defogger merupakan fitur yang berguna untuk menghilangkan embun.
​​​​​​​
BACA JUGA : Masih Ada Waktu, Segera Datangi Auto2000 Untuk Promo Tukar Tambah New Avanza

Proses terjadinya pengembunan pada kaca terjadi karena adanya perbedaan suhu antara di kabin dan di sekeliling bodi mobil alias lingkungan sekitar.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman, defogger akan sangat membantu saat kaca mulai berembun. Secara otomatis, fitur ini akan menghilangkan dan mencegah terjadinya embun.

“Fitur ini bukan hal baru, bahkan semua produk Toyota rata-rata sudah menggunakan defogger karena terkait masalah keamanan saat berkendara,” jelasnya.

“Defogger itu ada di bagian kaca depan dan belakang, fungsinya mencegah terjadi pengembunan sehingga visibilitas tetap optimal meski berjalan di bawah guyuran hujan lebat,” kata Suparman.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Untuk mengenali bila mobil memiliki perangkat penangkal embun ini caranya cukup mudah, bisa dilihat dari tampilan ekterior atau pun interior.

Dari eksterior cukup melihat dari kaca belakang mobil, apakah melekat beberapa baris garis cokelat pada bagian dalam, bila ya otomatis mobil itu sudah menggunakan deffoger.

Sedangkan dari interior, cukup melihat dari pilihan tombol bergambar garis persegi panjang yang kemudian dipotong oleh tiga anak panah. Tombol ini umumnya diletakkan tidak jauh dari tombol AC.

“Untuk bagian depan, defogger biasanya akan berkerja dari kipas AC melalui embusan udara,” ujar Suparman.

BACA JUGA : Mudah dan Nyaman, Ini Sebab Anda Harus Ngobrol Dengan Tasia

‘Jadi memanfaatkan udara yang masuk dari ventilasi mobil yang berada di bagian dasbor. Sehingga dengan udara yang sama, pengembunan bisa dicegah,” urainya.

Sementara untuk defogger belakang, cara kerjanya melalui sistem penghangatan dengan metode elektrik ke permukaan kaca.

Energi panas akan dialirkan menggunakan garis-garis coklat yang melekat di bagian dalam kaca, karena itu jangan sepelekan keberadaan garis tersebut.

Demi menjaga defogger berkerja optimal, cukup minta pengecekan kepada teknisi di bengkel resmi Auto2000 ketika servis berkala.
Share this article
Tanya Tasia