Hujan yang cukup intens kerap turun di sejumlah wilayah Indonesia. Musim hujan di penghujung tahun 2021 memang harus kita sikapi dengan baik agar aktivitas harian menggunakan mobil tak terhambat. Bagi mobil yang terparkir lebih dari sehari dan dibiarkan kena paparan hujan, pernahkah Anda perhatikan karat di cakramnya yang tiba-tiba muncul?
Karat yang cukup tiba-tiba munculnya tersebut menyerang di bagian permukaan piringan cakram. Tentu yang namanya karat bukanlah hal yang baik bagi logam. Termasuk piringan cakram.
BACA JUGA: Kenapa Harus Beli Raize diAuto2000
Arie Ferdiansyah selaku Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Karawang, Jawa Barat membantu AutoFamily agar tak bertanya-tanya soal karat tersebut. Ia mengatakan pada dasarnya komponen piringan cakram memang dirancang tak berpelindung karat.
"Dengan demikian akan mudah berkarat jika terjadi oksidasi. Kenapa lebih mudah berkarat jika diparkir di outdoor dalam beberapa hari? Karena kadar udara di luar lebih banyak mengandung air atau embun dibanding di dalam ruangan atau garasi sehingga akan mudah menempel pada piringan dan membuat oksidasi pada bagian piringan cakram," ujar Arie Ferdiansyah.
Lantas apakah karat yang bisa tiba-tiba muncul di piringan cakram berbahaya? "AutoFamily tidak perlu terlalu khawatir, sebab karat tersebut tidaklah berbahaya. Sebab karat hanya menempel pada bagian luar saja tidak akan merusak struktur dan fungsi piringan cakram dari sitem rem. Piringan cakram Toyota sendiri terbuat dari besi tuang atau cast iron yang sangat padat dan kuat terhadap korosi," jawab Arie.
Ia mengungkap juga bahwa tak adanya lapisan anti-karat pada permukaan piringan cakram bukan tanpa alasan. Komponen tersebut dibuat tanpa lapisan pelindung karat bagian luar guna mendukung fungsi pengereman kendaraan agar lebih maksimal.
Kini pertanyaannya adalah, bagaimana cara menghindari munculnya karat tersebut? "Karat akan tetap muncul pada seluruh permukaan piringan cakram karena memang terbuat dari besi yang tidak dilindungi lapisan anti karat. Tetapi tidak perlu khawatir untuk kendaraan yang aktif digunakan bagian permukaan piringan caktram yang kontak langsung dengan kampass rem akan selalu bersih dan cenderung mengkilap karna selalu terjadi friksi saat rek bekerja," seru Arie.
Kampas rem yang bergesekan langsung dengan piringan rem cakram dengan sendirinya akan mengikis atau membersihkan piringan dari karat yang menempel di permukaan. Bagi mobil yang jarang digunakan, Arie memberi solusinya.
"Untuk kendaraan yang tidak aktif digunakan, solusi agar terhindar karat tersebut adalah cukup dengan menjalankan kendaraan beberapa meter saja, karat yang menempel akan bersih dengan sendirinya. Hindari penggunaan cairan pembersih karat karena akan mengurangi fungsi dari piringan cakram tersebut," wanti Arie.
Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi pengereman mobil Anda. Manfaatkan layanan bengkel Auto2000 untuk mendapat pemeliharaan komponen pengereman agar mobil selalu prima dan siap digunakan.
Auto2000 Digiroom
CEK HARGA LENGKAP TOYOTA RAIZE DI SINI