LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Salah Pasang Dongkrak Mobil Simak Caranya

Pemilik mobil kadang perlu mendongkrak mobil, entah itu untuk ganti ban atau sekedar memeriksa kolong atau kaki-kaki mobil. Untuk orang yang baru memiliki mobil kadang bingung dimana posisi tumpuan dongkrak yang ideal.

Salah pasang dongkrak mobil bisa bahaya, membuat mobil ambruk atau ambles. Mendongkrak mobil adalah pekerjaan mudah dilakukan sebagian pemilik mobil namun jarang dilakukan.

Memakainya tidaklah sulit, namun jika salah dalam menggunakannya dapat menyinggung unsur keselamatan. Anda tidak perlu khawatir, pabrikan mobil telah merancang agar proses mendongkrak bisa dilakukan semudah mungkin.

Saat Anda terpaksa mendongkrak mobil, sebaiknya lakukan dengan tenang dan santai. Hindari terburu-buru apalagi sampai panik karena bakal memperburuk situasi. Biasanya, pabrikan langsung menyediakan dongkrak mobil yang disimpan di tempat yang mudah dijangkau.

Untuk tempat penyimpanannya pun bervariatif, misalnya di bawah kursi penumpang depan untuk MPV atau di balik lantai bagasi yang menyatu dengan ban serep untuk mobil sedan atau city car. Seringkali, karena lokasinya yang tersembunyi itu, pemilik atau pengemudi jadi sulit menemukannya.

Secara garis besar, dongkrak terbagi dalam 2 jenis, yaitu mekanis dan hidraulis. Dongkrak mekanis atau juga sering disebut dengan dongkrak gunting menggunakan mekanisme drat seperti baut untuk meninggikan titik penampang.

Dongkrak gunting ini membutuhkan lebih banyak tenaga untuk mengoperasikannya. Keuntungan dongkrak mobil mekanis ini bentuknya ringkas saat terlipat, dan bobotnya yang relatif ringan.

Selanjutnya ada dongkrak hidraulis yang bekerja berdasarkan sistem fluida dalam memberi tekanan. Itu pun terbagi lagi, ada yang jenis botol atau yang model buaya.

Dongkrak buaya memiliki performa keseluruhan yang lebih baik. Namun bobotnya berat dan ukurannya besar sehingga kurang praktis untuk ditaruh di bagasi.

Nah, ini yang masih membingungkan bagi sebagian orang saat butuh mendongkrak mobil. Banyak kasus mendongkrak mobil sembarangan, hasilnya kerusakan pada bagian body atau sasis akibat tidak bisa menahan beban mobil.

Mendongkrak sebenarnya pekerjaan yang cukup berbahaya jika Anda melakukan tidak dengan hati-hati. Karena hal ini berhubungan dengan bobot kendaraan yang lebih dari satu ton.

Dongkrak sifatnya hanya untuk menaikkan saja sehingga jangan terlalu lama menahan beban dengan dongkrak mobil, jika butuh waktu lama saat perbaikan maka gunakan Jack Stand untuk mengganti dongkrak.

Setiap mobil memiliki tempat tertentu sebagai titik terkuat untuk menopang. Titik tumpuan dongkrak pada mobil tersebut biasanya di daerah tidak terlalu dalam dari pinggir.

Anda bisa melihat posisi titik tumpuan dongkrak di buku manual. Pada mobil sedan terdapat 4 lifting point. Pada bagian depan, lifting point berada di sasis tepat belakang roda. Sedangkan bagian belakang, lifting point berada di sasis depan roda belakang.

Untuk mobil-mobil konvensional terutama yang menggunakan sasis tangga (ladder frame) dongkrak bisa ditempatkan di lower arm atau tulang sasis. Cirinya adalah tumpuan dongkrak memiliki bentuk yang sesuai dengan dongkrak bawaan mobil. Biasanya tonjolan berbentuk persegi, atau bentuk seperti cekungan.

Namun jika anda ragu untuk melakukan, mintalah pendampingan orang lain yang lebih paham atau anda bisa konsultasikan masalah kendaraan anda terlebih dahulu kepada Dealer Resmi Auto2000 terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF