Ini Sebab Pintu Geser Mobil Toyota Harus Rutin Dirawat"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini Sebab Pintu Geser Mobil Toyota Harus Rutin Dirawat


Auto2000.co.id – Tren Multi Purpose Vehicle (MPV) yang mengaplikasi pintu geser atau sliding door memiliki penggemarnya sendiri. Apalagi saat ini pintu tersebut bisa dibuka tutup hanya dengan sentuhan tombol saja, alias elektrik.
​​​​​​​
Secara kelebihan, fitur sliding door memang dinilai lebih menawarkan kepraktisan karena memiliki bukaan yang lebar sehingga memudahkan akses keluar masuk penumpang, serta tak memakan banyak ruang.

Pintu geser sendiri sudah diterapkan pada jajaran produk MPV boxy terbaru Toyota, seperti Sienta, Voxy, sampai Vellfire dan Alphard.

Meski menawarkan banyak kemudahan, namun untuk memastikan fungsinya tetap bekerja secara optimal ternyata dibutuhkan perawatan ekstra.

BACA JUGA : Apa itu Aquaplaning Yang Bikin Mobil Kecelakaan Terbalik di Jalan Tol?

Salah satunya dan paling mudah untuk dilakukan para pemiliknya sendiri adalah mengenai menjaga kebersihan pada area sliding door berkerja.

“Punya mobil dengan sliding door memang harus rajin melakukan perawatan,” ucap Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat Sapta Agung Nugraha.

“Paling utama dan mudah dilakukan dengan menjaga kebersihan di sektor rel dan rollernya, jangan dibiarkan terjadi penumpukan kotoran,” tegas Sapta.

Debu atau kotoran yang melekat pada rel dan roller sering menjadi masalah bagi pemilik mobil sliding door, terutama yang elektrik. Dampaknya bisa membuat pintu susah menutup, bahkan mengalami rusak berat.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

Seperti diketahui, cara kerja pintu geser elektrik tidak sesederhana pintu biasa yang hanya menggunakan engsel. Ada banyak tambahan komponen yang diterapkan, mulai dari roller, rel, pengunci, dan juga motor penggerak pintu.

Selain debu dan kotoran, air juga menjadi musuh bagi pemilik mobil sliding door. Intinya pemilik mobil tidak boleh tinggal diam bila melihat rel atau sektor lain pada mekanisme kerja pintu geser basah.

Ketika banjir atau ada genagan air yang tinggi, baiknya juga dihindari, jangan nekat menerabas karena bisa memberikan dampak yang merugikan.

BACA JUGA : Sambut Tahun Baru Imlek, Auto2000 Punya Banyak Program Promo Memikat

Untuk menjaga fungsinnya, Sapta mengajurkan pemilik mobil untuk rajin melumasi kedua area tersebut dengan cairan penetran. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya korosi serta melancarkan kerja roller.

“Saat terkena air jangan ditunda untuk mengeringkan, berikan pelumas atau penetran sehingga tidak karatan,” jelasnya.

“Selain itu, pemilik mobil juga jangan berlaku kasar, seperti menghentikan laju pintu saat bekerja, seperti membuka atau menutup, kondisi ini mengakibatkan motor elektrik mudah rusak,” tutup Sapta.
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF