LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini Sebab Anda Harus Peduli Pada Spesifikasi Minyak Rem

 

Auto2000.co.id – Salah satu komponen vital pada kendaraan adalah sistem pengereman yang berguna untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Jika diabaikan, kecelakaan yang mengancam jiwa adalah risiko terbesar.

Untuk alasan itu, penting bagi Anda untuk mempertahankan perangkat pengereman. Salah satunya dengan mengganti minyak rem setiap dua tahun atau ketika jarak tempuh kendaraan sekitar 40.000 km.

Masalahnya, jika cairan lain dalam kendaraan, seperti air radiator, gagal berfungsi, Anda dapat diingatkan melalui lampu indikator. Tetapi indikator ini tidak ada di minyak rem.

Padahal jika cairan rem gagal berfungsi maka keselamatan jiwa dipertaruhkan lantaran Anda tidak tahu apakah minyak rem masih bisa bekerja maksimal atau sudah turun performanya.

BACA JUGA : Mau Persiapan Mobil Untuk Liburan Bermodalkan Klik di Layar Ponsel?

Makanya penting untuk melakukan pemeliharaan sistem rem, terutama minyak rem. Begitu ada kandungan air dalam minyak rem, maka performa pengereman bakal menurun.

Cairan rem akan menyerap kadar air dari udara, sehingga setiap dua tahun harus diganti karena kandungan air dalam minyak rem akan mengurangi titik didih minyak dan mengganggu pengereman.

Untuk itu, minyak rem yang Anda pilih harus punya titik didih yang tinggi. Kalau tidak, minyak rem bisa gagal beroperasi karena timbul buih gelembung akibat suhu tinggi.

Yang tidak kalah penting, minyak rem harus punya aditif anti karat, sehingga bisa melindungi sistem pengereman dari serangan karat yang bisa mengakibatkan kebocoran di pipa minyak rem.

BACA JUGA : Dapat Oli Gratis, Ini Sebab Servis Berkala di Bengkel Auto2000 Penting

Alhasil, musuh utama yang sanggup menurunkan performa minyak rem adalah kadar air yang berlebihan. Produsen mobil mensyaratkan maksimal 3%, lebih dari itu harus segera diganti dan sistem dibersihkan kembali.

Anda harus menggunakan minyak rem sesuai spesifikasi kendaraan. Misalkan kalau harus menggunakan DOT 4, jangan menggunakan DOT 3. Jangan campur pula antara minyak rem DOT 3 dan DOT 4 karena kandungan kimianya berbeda.

Angka DOT yang lebih tinggi menunjukkan kualitas cairan hidraulik yang lebih baik sehingga dapat menahan suhu lebih tinggi. Untuk mengetahui jenis cairan rem yang terbaik untuk kendaraan Anda, konsultasikan pada teknisi bengkel resmi Auto2000.

Mobil zaman now punya sistem pengereman yang kompleks karena dilengkapi fitur tambahan seperti ABS, EBD, BA, serta kontrol traksi yang mengandalkan kinerja rem mumpuni.

Oleh sebab itu, beri perhatian lebih pada sistem rem mobil ketika servis berkala. Jangan sungkan untuk bertanya pada service advisor bengkel resmi Auto2000 jika dirasa ada yang kurang nyaman.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia