Ini Cara Kenali Gejala Kampas Kopling Menipis pada Mobil Manual"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini Cara Kenali Gejala Kampas Kopling Menipis pada Mobil Manual


Auto2000.co.id – Menggunakan mobil transmisi manual memang memiliki kenikmatan tersendiri, terutama ketika melakukan perjalanan jauh.
​​​​​​​
Namun perlu diketahui, seiring waktu dan penggunaanya, ada komponen penting yang perlu diganti agar performa mobil tetap responsif dan betenaga.

Pembicaraan kita menyasar pada performa kopling, sudah tentu arahnya pada bagian kampas. Komponen yang satu ini memang cukup vital keberadaannya karena berguna untuk meneruskan tenaga dari mesin menjadi putaran roda.

Saat kampas menipis atau mulai mengalami keausan, otomatis akan berdampak langsung pada penurunan performa kerja mesin.

BACA JUGA : Ini Sebab Pintu Geser Mobil Toyota Harus Rutin Dirawat

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, kampas kopling yang bermasalah bisa memberikan efek kerugian bagi pemilik mobil.

“Saat mulai slip karena aus atau menipis, maka kampas kopling bisa mengganggu kerja mesin. Mulai dari penurunan tenaga, hilangnya respons, bahan bakar yang lebih boros, sampai bau hangus pada ruang mesin,” ucapnya.

Menurut Suparman, menipisnya kampas kompling bisa karena beberapa hal, salah satunya akibat kebiasaan buruk sebagian pengguna mobil transmisi manual.

Mulai dari terlalu sering menekan pedal kopling, berkendara setengah kopling, atau karena memang sudah waktunya melakukan penggantian kampas yang baru.

BACA JUGA : Mengenal Teknologi Canggih Dual VVT-i di New Avanza dan New Veloz

Untuk mengenali gejala kampas kopling mulai menipis atau mengalamai keausan, caranya cukup mudah. Karena memang saat kampas kopling mulai menipis akan diawali dengan beberapa tanda.

Seperti sulit melakukan perpindahan gigi, selip, tenaga yang turun, pedal kopling yang mendadak menjadi lebih keras, sampai akselerasi mesin yang lemah
Bila ingin lebih yakin lagi, Anda bila melakukannya saat menjumpai jalan menanjak.

Biasanya, ciri mobil yang mengalami keausan koling tidak akan kuat menanjak, tenaganya seperti habis atau kompresinya lemah.

“Tenaga akan drop karena kampas menipis, selain itu putaran mesin (RPM) juga menjadi lebih tinggi saat melakukan perpindahan gigi transmisi, tapi tidak diikuti dengan kecepatan yang meningkat, seperti ada yang tidak seimbang,” kata Suparman.

Bila beberapa ciri tersebut sudah ditemui, maka pemilik mobil jangan ragu untuk langung membawa kendaraannya ke bengkel resmi Auto2000 guna menjalani pemeriksaan dan penggantian.
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF