Ganti Karet Wiper Sendiri Tentu Bisa Cukup Ikuti Cara Ini"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ganti Karet Wiper Sendiri Tentu Bisa Cukup Ikuti Cara Ini

Mengganti bilah penghapus kaca mobil, atau yang biasa disebut wiper, termasuk salah satu hal penting dalam perawatan berkala mobil Anda, dan untungnya sangat mudah untuk dilakukan. Bilah wiper harus diganti paling tidak satu kali setiap tahun, dan tanda Anda harus menggantinya adalah saat karet wiper mulai aus atau pecah-pecah.

Anda juga akan mendapati bahwa wiper mulai tidak bersih menghapus air, meninggalkan lapisan tipis di kaca depan, atau menghapus secara tidak merata. Mengganti kedua wiper secara bersamaan adalah pilihan yang terbaik, dengan asumsi bahwa jika salah satu sudah rusak, maka yang lain akan segera menyusul untuk diganti. Anda dapat mengganti sendiri bilah wiper Anda dengan beberapa langkah saja. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk mempelajari caranya.

1.    Tentukan bagian wiper yang harus diganti. Sebuah wiper terdiri dari tiga bagian yang dirakit menjadi satu: sebuah lengan atau tangkai logam, sebuah bilah wiperyang terpasang pada lengan, dan sebatang karet wiper sebagai pengisi bilah yang menempel pada permukaan kaca depan.

2.    Belilah karet atau bilah wiper yang sesuai dengan model mobil Anda di toko suku cadang mobil. Mintalah penjual untuk membantu Anda memilih wiper yang tepat atau Anda juga bisa mengukur lebih dulu wiper lama dan membawa ukuran tersebut ke toko.

3.    Tarik seluruh wiper mulai dari lengannya agar menjauh dari kaca depan dan masuk ke posisi berdiri. Tarik lengan wiper hingga posisinya tegak lurus terhadap pangkal lengan. Ulangi pada wiper yang lainnya.

4.    Mulailah dengan mencari letak plastik pengunci di bagian belakang bilah wiper (di dekat tempat karet wiper bertemu dengan lengan logam), kemudian tekanlah ke dalam (atau pada beberapa kasus, justru ditarik ke luar) untuk melepaskan kuncinya. Tarik bilah wiper ke bawah, dan ia akan meluncur lepas dari kaitan lengan logam.

5.    Siapkan wiper baru. Jika wiper kiri dan kanan ukurannya tidak sama, pastikan wiper baru nanti dipasang pada sisi yang tepat. Tekan pengunci pada bilah wiper baru agar posisinya tegak lurus terhadap bilah itu sendiri.

6.    Sejajarkan bilah wiper baru dengan lengan logam hingga kait lengan dapat masuk ke dalam lubang pada bilah. Tekan kait logam agar masuk ke lubang pada bilah wiper.

7.    Tarik bilah wiper ke atas hingga Anda dapat mendengar dan merasakan bunyi klik yang menandakan ia sudah terpasang pada tempatnya. Perlahan-lahan kembalikan posisi seluruh wiper agar menempel ke kaca depan.

8.    Nyalakan mesin mobil dan basahi kaca depan dengan cairan pembersih kaca mobil untuk mencoba apakah wiper baru sudah dipasang dengan baik.

9.    Mulailah dengan mencari letak pengganjal karet pada masing-masing ujung bilah wiper. Pengganjal ini memiliki tonjolan-tonjolan kecil.

10.  Geser karet wiper hingga keluar seluruhnya. Setelah tonjolan karet berhasil melewati pengunci bilah (di dekat bagian tengah bilah), lepaskan tekanan Anda, dan tarik karet wiper hingga lepas seluruhnya dari bilah wiper.

11.  Siapkan karet wiper baru. Jika wiper kiri dan kanan ukurannya berbeda, pastikan untuk memasang karet yang sesuai dengan ukurannya. Masukkan karet wiper ke dalam bilah, mulai dari ujung tempat Anda menarik karet yang lama.

12.  Kembalikan posisi wiper perlahan lahan agar menempel kembali ke kaca depan dan ulangilah langkah-langkah pemasangan karet wiper ini pada wiper yang lain.

Mudah bukan? Bisa dipraktekkan sendiri? Tentu bisa dong ya. Selamat mencoba Auto Family

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia