LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Pentingnya Fungsi Flasher Mobil dan Cara Menggunakannya

Fungsi flasher mobil adalah sebagai penyuplai arus listrik ke lampu sein agar bisa menyala dan terlihat berkedip. Yuk, AutoFamily supaya lebih jelas mengenai fungsi flasher dan cara penggunaannya, mari simak ulasan berikut ini. 


Pentingnya fungsi flasher mobil


Seperti yang telah sedikit disinggung tadi, fungsi flasher mobil adalah sebagai penyuplai arus listrik ke bagian lampu sein depan dan belakang mobil. Lampu sein adalah penanda bagi kendaraan lain saat Anda akan berbelok.

Tanpa adanya lampu sein, berkendara di jalan raya pasti jauh lebih berbahaya, sebab tidak akan ada yang tahu Anda akan berbelok sehingga hal tersebut meningkatkan risiko kecelakaan. 

Istimewanya, lampu sein ini berbeda dari lampu lain di komponen mobil karena dapat berkedip ketika dinyalakan. Kedip pada lampu sein memang didesain sedemikian rupa agar jadi penanda bahwa Anda akan berbelok. 

Fungsi flasher mobil sangat penting karena sebagai bagian yang menyalakan sekaligus membuat sein berkedip. Bila flasher rusak, maka arus listrik tidak akan mengalir ke lampu dan sein tidak bisa nyala.


Cara menggunakan flasher mobil


Sebenarnya mudah saja jika Anda ingin menggunakan fungsi flasher mobil, tinggal aktifkan tuas yang ada di area kemudi. Secara otomatis, flasher akan mengalirkan arus listrik ke bagian sein agar lampu di bagian tersebut nyala sekaligus berkedip. 

Lalu, Anda pun dapat mengatur sendiri bagian sein kiri maupun kanan yang ingin dinyalakan. Tergantung pada arah mana yang akan dituju untuk berbelok.

Untuk cara kerjanya sendiri, flasher mengandalkan perpindahan arus listrik melalui kumparan yang bisa menjadi magnet ketika arus dialirkan.

Kumparan ini juga berfungsi sebagai sirkuit listrik yang menciptakan relay, yang membuat lampu sein berkedip ketika tuas dinyalakan. 

Baca juga: Mengintip Biaya Servis Mobil Toyota


Perawatan dan perbaikan flasher 


Mengingat fungsi flasher mobil sangatlah penting, AutoFamily harus melakukan perawatan agar bagian ini tidak gampang rusak. 

Namun, apabila sudah telanjur ada masalah pada lampu sein, berikut beberapa perbaikan yang dapat Anda coba:

  1. Bila kedua lampu sein tidak dapat menyala, coba cek kunci kontak, sekering, dan flasher. Kemungkinan besar ada kerusakan pada tiga bagian tersebut.
  2. Apabila semua lampu sein menyala namun tidak bisa berkedip, maka bagian flasher sudah pasti mengalami masalah. Anda dapat memeriksa keadaan kunci kontak hingga kabel-kabelnya.
  3. Jika lampu sein menyala sebelah namun tidak dapat berkedip, periksa bagian sakelar lampu tanda belok. Mungkin saja sakelarnya tidak berfungsi dengan baik. Periksa pula hubungan lampu yang bersangkutan, mungkin saja kondisinya kendor, kotor, atau berkarat.
  4. Jika sebuah lampu sein tidak menyala, maka kemungkinan besar masalahnya bukan pada flasher, namun pada lampu itu sendiri. Bisa jadi sudah putus filamennya sehingga harus diganti dengan yang baru. 


Fungsi flasher mobil adalah untuk menciptakan kedip pada lampu sein ketika dinyalakan. Apabila lampu sein mobil Toyota Anda menyala namun tidak berkedip, itu berarti ada kerusakan pada flasher.

Namun, bila masalahnya adalah lampu tidak menyala, maka bisa jadi penyebabnya adalah lampu sudah rusak. Untuk memastikan kerusakan yang terjadi serta melakukan perbaikan yang tepat, kunjungi cabang bengkel Auto2000 atau booking layanan Auto2000 Home Service

Baca juga: 5 Ciri- Ciri Thermostat Mobil Rusak Dan Cara Mudah Mengatasinya

​​​​​​

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​ promo spontan​​​​​​​
Share this article
Promosi Lainnya
VIP PPNBM
Potongan PPNBM sampai dengan 100% kembali lagi nih!Sekaranglah saatnya untuk Anda bawa pulang mobil Toyota baru. Nikmati potongan PPNBM sampai dengan 100% untuk mobil Toyota pilihan Anda.

Nikmati Potongan PPNBM 100%* untuk mobil Avanza, Raize, Yaris, Rush, Sienta, dan Vios. Spesial untuk Anda yang ingin bawa pulang mobil Fortuner 4x2 atau Innova, dapatkan potongan PPNBM 50%* dan dapatkan potongan PPNBM 25%* untuk mobil Toyota Fortuner 4x4.

Selain itu, untuk Anda yang melakukan pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah untuk pembelian dengan paket kredit. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Yuk dapatkan penawarannya dan bawa pulang mobil Toyota impian Anda sekarang.

*Syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
Raize Family
Sekaranglah saat yang tepat untuk bawa pulang Toyota Raize! Rasakan berkendara yang nyaman hanya dengan Toyota Raize. Dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang tentu akan menjamin keselamatan Anda dan keluarga. Tak hanya itu, Toyota Riaze juga dilengkapi dengan kabin yang luas agar dapar memberikan pengalaman berkendara yang tidak terlupakan.

Anda bisa membawa pulang Toyota Raize dengan paket kredit bunga 0%* hanya di Auto2000! Tak hanya itu, jika Anda melakukan pembelian melalui Auto2000 Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S2 Ultra loh. Semakin hemat kan?

Yuk dapatkan penawaranya sekarang. Brave to Seize with Raize.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

19 Juli 2021
Raize Millenial
Kini kamu bisa bawa pulang Toyota Raize dengan cicilan yang ringan loh!Toyota Raize yang hadir dengan bodi terlihat gagah dan sporty, cocok untuk kamu yang berjiwa muda. Tak hanya itu, interiornya yang elegan dan tidak lupa dilengkapi dengan teknologi modern, Toyota Raize siap membawamu berkendara untuk menemani sehari-hari.

Miliki sekarang dengan cicilan ringan mulai 3,jutaan* saja! Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Tunggu apa lagi, yuk dapatkan penawarannya sekarang!

*syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
VIP Avanza, Rush, Innova, Fortuner
Karena AutoFamily adalah orang yang sangat spesial, perlu dapat penawaran yang VIP juga! Khusus untuk Anda, bawa pulang mobil Toyota impian sekarang dengan cicilan yang ringan! Anda bisa mendapatkan mobil Rush dengan cicilan mulai 4,6 jutaan*, New Avanza dengan cicilan mulai 3,7 jutaan*, New Kijang Innova dengan cicilan mulai 6,4 jutaan*, dan juga All New Fortuner dengan cicilan mulai 10 jutaan* loh.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra*! Seru kan penawarannya?

Dapatkan penawarannya sekarang dan jangan sampai ketinggalan promonya.

Urusuan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

11 Juni 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF