LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Pentingnya Fungsi Flasher Mobil dan Cara Menggunakannya

Fungsi flasher mobil adalah sebagai penyuplai arus listrik ke lampu sein agar bisa menyala dan terlihat berkedip. Yuk, AutoFamily supaya lebih jelas mengenai fungsi flasher dan cara penggunaannya, mari simak ulasan berikut ini. 


Pentingnya fungsi flasher mobil


Seperti yang telah sedikit disinggung tadi, fungsi flasher mobil adalah sebagai penyuplai arus listrik ke bagian lampu sein depan dan belakang mobil. Lampu sein adalah penanda bagi kendaraan lain saat Anda akan berbelok.

Tanpa adanya lampu sein, berkendara di jalan raya pasti jauh lebih berbahaya, sebab tidak akan ada yang tahu Anda akan berbelok sehingga hal tersebut meningkatkan risiko kecelakaan. 

Istimewanya, lampu sein ini berbeda dari lampu lain di komponen mobil karena dapat berkedip ketika dinyalakan. Kedip pada lampu sein memang didesain sedemikian rupa agar jadi penanda bahwa Anda akan berbelok. 

Fungsi flasher mobil sangat penting karena sebagai bagian yang menyalakan sekaligus membuat sein berkedip. Bila flasher rusak, maka arus listrik tidak akan mengalir ke lampu dan sein tidak bisa nyala.


Cara menggunakan flasher mobil


Sebenarnya mudah saja jika Anda ingin menggunakan fungsi flasher mobil, tinggal aktifkan tuas yang ada di area kemudi. Secara otomatis, flasher akan mengalirkan arus listrik ke bagian sein agar lampu di bagian tersebut nyala sekaligus berkedip. 

Lalu, Anda pun dapat mengatur sendiri bagian sein kiri maupun kanan yang ingin dinyalakan. Tergantung pada arah mana yang akan dituju untuk berbelok.

Untuk cara kerjanya sendiri, flasher mengandalkan perpindahan arus listrik melalui kumparan yang bisa menjadi magnet ketika arus dialirkan.

Kumparan ini juga berfungsi sebagai sirkuit listrik yang menciptakan relay, yang membuat lampu sein berkedip ketika tuas dinyalakan. 

Baca juga: Mengintip Biaya Servis Mobil Toyota


Perawatan dan perbaikan flasher 


Mengingat fungsi flasher mobil sangatlah penting, AutoFamily harus melakukan perawatan agar bagian ini tidak gampang rusak. 

Namun, apabila sudah telanjur ada masalah pada lampu sein, berikut beberapa perbaikan yang dapat Anda coba:

  1. Bila kedua lampu sein tidak dapat menyala, coba cek kunci kontak, sekering, dan flasher. Kemungkinan besar ada kerusakan pada tiga bagian tersebut.
  2. Apabila semua lampu sein menyala namun tidak bisa berkedip, maka bagian flasher sudah pasti mengalami masalah. Anda dapat memeriksa keadaan kunci kontak hingga kabel-kabelnya.
  3. Jika lampu sein menyala sebelah namun tidak dapat berkedip, periksa bagian sakelar lampu tanda belok. Mungkin saja sakelarnya tidak berfungsi dengan baik. Periksa pula hubungan lampu yang bersangkutan, mungkin saja kondisinya kendor, kotor, atau berkarat.
  4. Jika sebuah lampu sein tidak menyala, maka kemungkinan besar masalahnya bukan pada flasher, namun pada lampu itu sendiri. Bisa jadi sudah putus filamennya sehingga harus diganti dengan yang baru. 


Fungsi flasher mobil adalah untuk menciptakan kedip pada lampu sein ketika dinyalakan. Apabila lampu sein mobil Toyota Anda menyala namun tidak berkedip, itu berarti ada kerusakan pada flasher.

Namun, bila masalahnya adalah lampu tidak menyala, maka bisa jadi penyebabnya adalah lampu sudah rusak. Untuk memastikan kerusakan yang terjadi serta melakukan perbaikan yang tepat, kunjungi cabang bengkel Auto2000 atau booking layanan Auto2000 Home Service

Baca juga: 5 Ciri- Ciri Thermostat Mobil Rusak Dan Cara Mudah Mengatasinya

​​​​​​

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​ promo spontan​​​​​​​
Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo OCTOFEST Bunga 1%
Penawaran yang seru di Octo Fest, bisa dapat mobil baru dengan lebih hemat! Miliki mobil Toyota baru dengan bunga 1% untuk tenor 1 tahun! Rasakan kemudahan untuk bawa pulang Vios, Agya, Yaris, Calya, Avanza, Sienta, Rush, CHR, Altis, Corolla Cross, atau Camry sekarang. Potongan PPnBM sampai dengan 100%* juga di perpanjang loh.

Anda juga bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga tambahan uang elektronik 500 ribu untuk pembelian dengan paket kredit melalui Digiroom.

Yuk bawa pulang mobil Toyotanya dan ikutan kemeriahan Octo Fest!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

22 Oktober 2021
Promo OCTOFEST Calya DP Ringan
Penawaran spesial di bulan Oktober, ikutan OCTOFEST dan nikmati keuntungannya! Dapatkan mobil Calya sekarang dengan DP Ringan mulai dari 24 jutaan* aja dan Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa pompa elektrik. Anda juga akan mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh.

Yuk dapatkan penawarannya sekarang dan nikmati mudahnya beli mobil bersama Auto2000.

Isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Promo OCTOFEST Avanza
Mau beli mobil Avanza yang banyak keuntungannya? Ikutan program special dari Auto2000 di bulan Oktober yuk!

Hanya di Auto2000, Anda bisa mendapatkan asuransi all risk 1 tahun hanya dengan membayar 2 juta rupiah*! Anda cukup melakukan pembelian Toyota Avanza secara cash, dan Anda bisa nikmati keuntungannya.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier! Yuk dapatkan penawarannya sekarang dengan megisi formulir di bawah.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Octo Fest Cicilan Ringan
Mau punya mobil stylish tanpa perlu bayar mahal? Ikutan program Cicilan Ringan aja! Melali EZ Deal Anda bisa mendapatkan mobil
- All New Yaris dengan cicilan mulai dari 3,4juta / bulan
-Toyota Raize dengan cicilan mulai 2,7 juta / bulan*
-Toyota Vios dengan cicilan 4 juta / bulan*
-Toyota Rush dengan cicilan mulai 3,4 juta / bulan*

Dengan mengikuti program ini, cicilannya terjamin ringan! Anda juga bisa mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh. Yuk isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

11 Oktober 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF