Cara Mengeluarkan Air Wiper.webp

5 Cara Mengeluarkan Air Wiper: Panduan Praktis yang Lengkap

Diterbitkan30 Mei 2024

Air wiper adalah komponen penting yang membantu menjaga kebersihan kaca depan mobil dan memastikan visibilitas yang baik saat berkendara. Menggunakan air wiper secara efektif dapat membantu menghilangkan debu, kotoran, dan serpihan lain yang dapat menghalangi pandangan pengemudi, terutama dalam kondisi cuaca buruk. 


Meskipun tampak sederhana, mengetahui cara mengeluarkan air wiper dengan benar adalah hal yang penting untuk menjaga keselamatan Anda di jalan. Itu sebabnya kali ini Auto2000 akan mengajak Anda mengetahui bagaimana cara mengeluarkan air wiper. Langsung simak info lengkapnya di bawah ini. 


Pentingnya Mengeluarkan Air Wiper

Mengeluarkan air wiper pada kendaraan sangat penting untuk menjaga kaca depan tetap bersih dan memastikan visibilitas pengemudi optimal. Air wiper membantu menghilangkan kotoran, debu, dan serpihan kecil yang menempel pada kaca depan, terutama saat cuaca buruk seperti hujan. 


Penggunaan air wiper yang teratur akan mencegah penumpukan kotoran yang dapat menggores kaca dan merusak wiper itu sendiri. Selain itu air wiper dengan cairan khusus juga dapat mengurangi kabut dan embun sehingga meningkatkan keselamatan berkendara. Kaca depan yang bersih memastikan pengemudi dapat melihat jalan sekitarnya dengan jelas, mengurangi risiko kecelakaan, dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.


Baca juga: Alasan Kita Sebaiknya Tak Pakai Air Keran untuk Wiper


Cara Mengeluarkan Air Wiper

Membuat air wiper keluar sebenarnya tak sulit. Pasalnya sudah tersedia tuas yang bisa langsung digunakan oleh pengemudi. Areanya pun mudah dijangkau sehingga tak akan mengganggu konsentrasi berkendara. Coba baca penjelasan lebih lanjut di bawah ini!


1. Pastikan Tangki Air Wiper Terisi

Sebelum menggunakannya, pastikan dahulu bahwa tangki air wiper mobil Anda terisi penuh. Tangki ini biasanya terletak di bawah kap mesin, dekat dengan bagian depan mobil. Buka penutup tangki dan isi dengan cairan pembersih kaca khusus wiper yang bisa dibeli di toko perlengkapan otomotif. 


JADWALKAN BOOKING UNTUK MOBIL KESAYANGAN ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM

2. Nyalakan Mobil dan Sistem Kelistrikan

Untuk mengaktifkan wiper, Anda perlu menyalakan mobil dan sistem kelistrikan. Putar kunci kontak ke posisi “on” atau tekan tombol starter tanpa menyalakan mesin, tergantung pada jenis mobil Anda. Sistem kelistrikan yang aktif akan memungkinkan pompa wiper bekerja saat Anda mengaktifkan penyemprotan air.


3. Temukan Tuas Pengendali Wiper

Setiap mobil memiliki sistem kendali wiper yang berbeda, tetapi umumnya terdapat pada tuas di sebelah kanan atau kiri lingkar kemudi. Pada beberapa mobil, tuas penyemprotan air wiper bisa ditemukan di ujung tuas atau pada dashboard. Baca manual mobil Anda untuk mengetahui letak pasti kontrol wiper dan cara mengoperasikannya.


4. Tekan atau Tarik Tuas untuk Mengeluarkan Air Wiper

Untuk mengeluarkan air wiper, tekan atau tarik tuas wiper sesuai instruksi manual mobil Anda. Ketika Anda melakukan ini maka pompa akan menyemprotkan air ke kaca depan dan wiper akan otomatis bergerak untuk membersihkan kaca. Pastikan Anda menahan tuas selama beberapa detik sampai jumlah air yang keluar sudah cukup untuk membersihkan kaca secara efektif.


5. Ulangi Proses Jika Diperlukan

Jika kaca masih kotor atau terlihat ada bagian yang terlewat, ulangi proses penyemprotan dan pengelapan hingga kaca benar-benar bersih. Pastikan wiper bergerak dengan baik tanpa meninggalkan jejak atau goresan di kaca. Mengulangi proses ini akan memastikan kaca depan benar-benar bersih dan visibilitas Anda optimal saat berkendara.


Baca juga: 3 Langkah Cara Mengisi Air Wiper Belakang Avanza


Perawatan pada Wiper yang Perlu Dilakukan

Krusialnya peranan wiper membuat pemilik mobil harus memperhatikan dan melakukan perawatan yang benar. Tak perlu bingung karena setiap pemilik mobil bisa membawa kendaraan kesayangan mereka ke bengkel tepercaya seperti bengkel Auto2000 untuk melakukan servis. Didukung oleh teknisi berpengalaman, Auto2000 akan memastikan kendaraan Anda kembali optimal, termasuk bagian wiper dan air wiper-nya. Untuk merawatnya, secara umum teknisi akan melakukan beberapa hal berikut. 


1. Membersihkan Bilah Wiper Secara Rutin

Bilah wiper dapat mengumpulkan debu, kotoran, dan residu yang bisa mengurangi efektivitas pembersihan dan menyebabkan goresan pada kaca depan. Itu sebabnya membersihkan bilah wiper secara rutin sangat penting untuk menjaga kinerjanya. 


Umumnya teknisi akan menggunakan kain lembut yang dibasahi dengan cairan pembersih kaca atau campuran air dan cuka untuk membersihkan bilah wiper. Para teknisi juga sudah mengerti bahwa proses pembersihan harus dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal. 


2. Mengganti Bilah Wiper dengan yang Baru

Apabila setelah pemeriksaan teknisi menemukan adanya kerusakan pada wiper maka mereka akan mengganti bagian satu ini dengan yang baru. Kualitas bilah wiper yang digunakan pun tak main-main karena bengkel Auto2000 menyediakan suku cadang asli untuk mengembalikan kinerja wiper secara optimal agar mudah digunakan. 


3. Mengganti Cairan Wiper Secara Berkala

Selain bilah wiper, teknisi juga akan sekaligus mengganti cairan wiper jika diperlukan. Tentu hal ini akan bergantung pada kondisi kendaraan, tetapi apabila sudah waktunya perlu diganti maka teknisi akan melakukannya. 


TEMUKAN MOBIL TOYOTA BERKUALITAS SESUAI KEINGINAN ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM

Mengeluarkan air wiper dengan benar dan melakukan perawatan rutin pada wiper adalah langkah penting untuk menjaga kebersihan kaca depan serta memastikan visibilitas yang baik saat berkendara. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memastikan wiper mobil berfungsi optimal, meningkatkan keselamatan, dan memperpanjang umur pakainya. 


Baca juga: Kenali 5 Komponen Wiper Menjelang Musim Hujan


Jangan lupa untuk membawa mobil Anda untuk melakukan perawatan di bengkel Auto2000. Perawatan wiper hingga komponen mesin-mesin mobil, semuanya bisa dilakukan di bengkel Auto2000. Anda bisa langsung menjadwalkan servis dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga.

 

Melalui website yang sama, Anda juga bisa menemukan berbagai rekomendasi mobil keluarga pemula dengan segala kecanggihannya. Tersedia jenis mobil SUV, sedan, maupun MPV yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 


Semua informasi mobil Toyota juga tersedia di Auto2000 Digiroom sehingga Anda dapat melakukan pertimbangan yang matang sebelum melakukan pembelian. Jadi langsung saja kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar di atas hanyalah ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.