Bagaimana Cara Jaga Ban Mobil Supaya Tidak Gampang Meletus di Jalan Tol?"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Bagaimana Cara Jaga Ban Mobil Supaya Tidak Gampang Meletus di Jalan Tol?


Auto2000.co.id – Viral tersiar kabar ban mobil cepat panas dan gampang meletus saat melewati jalan tol, terutama yang permukaannya berbahan beton. Faktanya, tidak semudah itu ban mobil Anda bisa meletus.
​​​​​​​
Meski demikian, potensi ban meletus tetap saja ada dan tidak melulu karena ban panas. Bisa karena gangguan dari luar seperti tertancap paku atau kondisi ban yang sudah tidak layak pakai.

Sebab pertama lebih tergantung pada nasib baik Anda di jalan, tapi untuk sebab kedua Anda bisa melakukan langkah pencegahan dengan melakukan perawatan berkala ban mobil minimal sebulan sekali.

Jangan pernah abai pada kondisi ban karena nyawa taruhannya, ini beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kondisi ban mobil.

BACA JUGA : Mudah dan Nyaman, Ini Sebab Anda Harus Ngobrol Dengan Tasia

1. Periksa tekanan angin ban

Ini langkah paling mudah sekaligus paling sering dilupakan oleh pemilik mobil. Padahal sekarang banyak pom bensin menawarkan jasa isi tekanan angin ban.

Tekanan ban terlalu rendah menyimpan potensi masalah yang besar karena dinding ban tidak berdiri kokoh seperti seharusnya. Bahkan kalau terlalu kempis akan terlihat menekuk.

Ketika dipakai konstan di kecepatan tinggi di jalan tol, defleksi pada dinding ban bakal lebih tinggi dari normalnya karena terlalu lentur serta berisiko merusak anyaman kawat baja di dinding ban, dan berakhir pada ban meletus.

Di lain pihak, ban dengan tekanan berlebih memang lebih aman dari risiko meletus, namun tetap saja bisa terjadi kalau telapak ban sudah menipis bahkan habis sehingga permukaan jalan langsung bertemu dengan anyaman baja di balik telapak ban.

BACA JUGA : Begini Cara Ngobrol Dengan Tasia Kalau Mau Beli Mobil Baru di Auto2000

2. Periksa kedalaman alur ban

Biasanya, kedalaman alur ban penumpang itu minimal sekitar 1,6 mm. Ditandai oleh tonjolan di alur ban yang diberi nama Tread Wear Indicator (TWI).

Segera ganti ban bila tanda tersebut sudah sejajar dengan tinggi telapak ban. Telapak ban yang aus, bahkan sudah tidak ada kembangannya punya potensi meletus karena berhubungan langsung dengan permukaan jalan yang panas.

Letak TWI yang ada di beberapa titik ban juga bisa menjadi gambaran mengenai tingkat keausan ban. Jika tidak merata, bisa jadi ada masalah di sektor suspensi dan kemudi.

3. Periksa tutup pentil ban

Tugas ini memang sepele, karena apalah artinya tutup pentil ban. Namun faktanya, secara perlahan angin akan keluar lewat pentil jika tidak ditutup.

Lama kelamaan ban mobil akan habis bila Anda malas mengecek dan jadi malapetaka saat berkendara di jalan tol dan berakhir dengan meletus.

BACA JUGA : Tasia Bisa Bantu Booking Service di Bengkel Auto2000 atau Order THS

4. Pelajari load index

Load index terkait dengan kemampuan setiap ban untuk memikul beban mobil yang di dalamnya ada berat mobil ditambah bobot penumpang dan barang bawaan.

Daya angkut maksimal mobil yang terkait dengan load index ada di buku manual mobil. Buat perhitungan sederhana agar mudah diingat dan letakkan di dalam laci dasbor sehingga bisa dipelajari saat dibutuhkan.

Beban mobil berlebih membuat suspensi jadi lebih sulit bekerja meredam getaran. Di titik tertentu, tugas tersebut malah bisa dikerjakan pula oleh dinding ban.
Efeknya jadi seperti ban mobil yang tekanan anginnya kurang. Pun membuat mobil terasa kurang nyaman dan menyulitkan pengendalian karena cenderung liar.

BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

5. Rutin spooring dan balancing

Spooring dilakukan untuk mengatur keselarasan kaki-kaki mobil. Suspensi yang baik akan meringankan kerja ban dan memudahkan pengendalian.
Sementara balancing membuat putaran ban pada pelek tetap stabil. Ini membuat mobil dapat bergerak aman saat kecepatan tinggi tanpa khawatir terjadi sesuatu pada ban.

Kedua langkah di atas juga efektif mencegah ban mobil untuk meletus di jalan tol karena mekanisme penggerak ban bekerja dengan baik sehingga ban tetap dapat bergerak aman.

6. Rotasi ban

Disarankan untuk melakukan rotasi ban setiap 10.000 km sekali. Untuk mudahnya bagi pemilik mobil Toyota, ini sama dengan jangka waktu servis berkala dan sudah termasuk ke dalam pekerjaan servis berkala di bengkel resmi Auto2000.
Rotasi membuat seluruh ban ‘merasakan’ tugas dan tanggungjawab yang sama sehingga harapannya tingkat keausan ban dapat merata.

BACA JUGA : Apa itu Aquaplaning Yang Bikin Mobil Kecelakaan Terbalik di Jalan Tol?

Apalagi ada kecenderungan ban depan lebih cepat habis telapaknya lantaran memegang beban paling besar saat mobil bergerak. Alhasil, risiko ban meletus juga menurun.

7. Periksa kondisi pelek

Jika sampai terjadi sesuatu pada pelek, seperti bibir pelek pecah, hampir pasti ban mobil akan mendapatkan tekanan sangat berat saat kejadian. Bisa saja ban jadi rusak, seperti dinding ban benjol atau robek.

Dinding ban yang benjol punya potensi untuk meletus bila mendapatkan tekanan kerja ekstrem di kondisi berat seperti melaju di kecepatan tinggi di jalan tol berlapis beton. Termasuk kalau sudah robek, jangan tunda untuk menggantinya dengan ban baru.

Nah, semua proses tersebut dapat Anda lakukan saat servis berkala di bengkel resmi Auto2000 terdekat. Pun kalau Anda mau ganti ban baru dengan jaminan kualitas sesuai rekomendasi pabrikan.

Segera booking service di aplikasi Auto2000 Mobile atau di website Auto2000. Yang terbaru, Anda bisa minta tolong Tasia untuk melakukan booking service.

Share this article
Promosi Lainnya
Cek Uji Emisi Gratis
AutoFamily tau gak sih, beberapa waktu yang lalu, Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan peraturan baru mengenai uji emisi kendaraan loh. Setiap kendaraan bermotor yang berusia diatas 3 tahun diwajibkan untuk melaksanakan uji emisi minimal 1 kali dalam setahun. Uji emisi merupakan sebuah cara untuk mengukur gas buang kendaraan dengan menggunakan alat khusus dan dilakukan juga oleh teknisi yang sudah bersertifikat.

Uji emisi ini memang sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Selain digunakan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan, hal ini perlu dilakukan agar gas buang kendaraan bermotor bisa dikurangi sehingga dapat mengurangi polusi di udara. Nah bagi AutoFamily yang belum melakukan uji emisi Toyota kesayangan Anda, yuk lakukan sekarang agar lingkungan tetap bersih dari polusi dan udara lebih segar. .

Khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah DKI Jakarta, Anda dapat melakukan pengecekan Uji Emisi secara GRATIS loh! Anda hanya perlu melakukan booking Servis Berkala di bengkel terdekat, dan Anda bisa ikut melakukan pengecekan Uji Emisi. .

Yuk ikutan penawarannya sekarang agar lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Karena kalau bukan kita yang merawat, siapa lagi? .

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. .

15 Januari 2021
Promo - Beli Mobil Di Digiroom, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Auto2000 Dua Kali Untungnya
Hanya di Auto2000 Anda bisa mendapatkan mobil baru dengan dua kali keuntungannya! Miliki sekarang berbagai mobil pilihan Anda:

-New Agya: DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Calya: DP mulai 23jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Avanza: DP mulai 24jutaan atau cicilan mulai 3,7jutaan

Setiap pembelian mobil baru, nama Anda juga akan di masukkan ke dalam lucky draw dan berkesempatan untuk mendapatkan Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Tidak hanya sampai disitu keuntungannya. Setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom, Anda berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disinfection Lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah.

Ikutan sekarang untuk raih hadiahnya!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - PADUKA
Mau ikutan promo Auto2000 yang dua kali untungnya? Ikutan promo PADUKA yuk! Ikutan promo spesialnya dan dapatkan beragam hadiahnya.

Tinggal pilih berbagai pilihan mobil di bawah ini:

-New Agya dengan DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Calya dengan DP mulai dari 23jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Avanza dengan DP mulai dari 24jutaan atau cicilan mulai dari 3,7utaan

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk ikutan lucky draw untuk mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Dapatkan juga hadiah langsung Phillips UV light Disinfection lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom. Semakin banyak kan hadiahnya?

Yuk ikutan sekarang dan rasakan dua kali untungnya hanya bersama Auto2000.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF