Tips Untuk AutoFamily Hadapi Kondisi Emergency di Jalan
Diterbitkan9 Jan 2023
AutoFamily pasti tidak ingin mengalami kondisi emergency atau darurat seperti mogok atau pecah ban di jalan. Namun perlu diketahui, kondisi darurat (non-bencana alam) tidak serta merta terjadi, tapi ada penyebabnya terutama kondisi mobil yang jarang dilakukan perawatan. Nah berikut langkah yang dapat dilakukan ketika menemui kondisi emergency.
1. Kurangi Kecepatan Mobil
Segera kurangi kecepatan mobil dan melajulah di lajur paling kiri untuk memastikan apakah keanehan terus berlanjut. Amati panel instrumen untuk melihat indikator kerusakan yang menyala sebagai pertanda masalah. Perhatikan rambu-rambu di pinggir jalan supaya tidak memicu kecelakaan.
2. Cari Tempat Berhenti yang Aman
Kalau ada petunjuk rest area di jalan tol, arahkan mobil untuk masuk ke dalam rest area karena lebih aman untuk berhenti. Atau ketika mengemudi di jalan arteri, AutoFamily dapat mencari tempat umum seperti kantor polisi, tempat ibadah, minimarket, atau pom bensin. Jika tidak menemukan sementara kondisi mobil semakin buruk, bahu jalan adalah solusinya.
3. Parkir dengan Posisi yang Aman dan Nyaman
Pastikan posisi parkir sudah benar sehingga tidak mengganggu mobil lain. Sebaiknya parkir di jalan yang rata untuk memudahkan proses pengecekan kendaraan. Untuk di bahu jalan, berhentilah di posisi yang aman dengan berpatokan pada garis lurus sebagai pembatas bahu jalan. Pastikan kontur bahu jalan mendukung untuk berhenti, seperti tidak miring atau rusak.
4. Periksa Kerusakan Mobil
Sebelumnya melangkah lebih jauh, nyalakan lampu hazard. Ambil segitiga pengaman dari bagasi dan pasang di belakang mobil dengan jarak minimal 5 kali bodi mobil. Lakukan pengecekan pada bagian yang dicurigai bermasalah. Hati-hati saat memegang komponen mobil karena kondisinya masih panas, terutama di area ruang mesin. Gunakan sarung tangan dan pelajari buku manual kendaraan sebagai panduan.
5. Hubungi Emergency Roadside Assistance (ERA)
Jika kerusakan cukup berat dan membutuhkan bantuan bengkel Auto2000, silakan hubungi ERA (Emergency Roadside Assistance) di 1500 898, sebagai layanan darurat Auto2000. Kasus ringan seperti battery jumper atau mengambil kunci yang tertinggal di dalam mobil juga dapat dikerjakan. Tim ERA menyediakan jasa mobil gendong atau car carrier kalau kerusakan mobil cukup berat untuk dibawa ke bengkel Auto2000. Pembelian Toyota di seluruh cabang Auto2000 mendapatkan keanggotaan AstraWorld selama 5 tahun secara gratis yang beroperasi selama 24 jam penuh.
Semua pemilik mobil pasti tidak ingin mengalami masalah darurat di jalan karena akan merepotkan dan mengganggu ketertiban, bahkan memicu kecelakaan. Hindari risiko terkena masalah di jalan dengan melakukan servis berkala di bengkel Auto2000. Segera booking lewat Auto2000 Digiroom dan manfaatkan program promo menguntungkan yang ditawarkan, jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Jumat (6/1).
Auto2000 Digiroom
Promo Terkait
Lihat semuaArtikel Lainnya
Lihat semuaShare With:
AUTO2000 DIGIROOM
Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.