Loading...
Auto2000 Mobile
Lebih nyaman dengan Auto2000 mobile.
Booking servis tidak pakai antri!
Nanti saja »
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Waspada Water Hammer, Inilah Tips Cara Melewati Ja...

Waspada Water Hammer, Inilah Tips Cara Melewati Jalan Banjir Yang Aman

Berita
04 Dec 2018

Auto2000.co.id – Musim hujan telah tiba dan hujan deras bisa terjadi kapan saja. Salah satu risiko musim hujan adalah banjir yang siap menggenangi jalan yang Anda lalui.

Tak butuh waktu lama untuk menciptakan genangan air tinggi di sejumlah titik akibat hujan deras sepanjang hari. Kalau sudah begini, menerjang banjir menjadi opsi yang terkadang sulit terhindarkan bagi sebagian pemilik mobil Toyota.

Meski Anda bisa melewati jalan banjir dengan selamat, kemungkinan untuk terjadi kerusakan serius tetap ada, apalagi kalau Anda kurang hati-hati saat melintasi genangan air.

Nah, bagaimana trik meminimalkan risiko kerusakan seandainya Anda terpaksa menerjang banjir? Ini beberapa di antaranya.

BACA JUGA : Mau Beli Mobil Lewat Aplikasi dan Dapat Bonus Promo Memikat? Begini Caranya

1. Perhatikan ketinggian air

Semakin tinggi genangan air yang harus Anda lintasi, artinya semakin besar pula risiko mobil mengalami kerusakan. Usahakan agar lokasi banjir yang hendak Anda lewati tidak mendekati atau bahkan lebih tinggi dari lubang masuk udara ke mesin mobil Anda.

Atau kalau mau simpelnya, tinggi genangan air yang aman adalah sekitar setengah dari tinggi ban mobil Anda. Posisi tersebut cukup aman lantaran ketinggian air masih di bawah intake mesin, aki, dan sistem kelistrikan di ruang mesin.

Patokan lainnya adalah pembatas jalan di tengah atau trotoar. Kalau masih terlihat, artinya aman untuk dilewati. Namun bila sudah tidak terlihat, cobalah pastikan seberapa tinggi genangan tersebut.

Bersabarlah dan perhatikan mobil lain yang menerjang banjir. Lebih baik lagi kalau ada mobil serupa mobil Anda sehingga bisa dijadikan patokan.

BACA JUGA : Mau Oli TMO Gratis? Manfaatkan Layanan Bermodalkan Klik di Ponsel Ini

Tentukan jalur yang ingin Anda tempuh dengan memilih genangan yang paling rendah serta bebas dari hambatan seperti polisi tidur, jalan rusak atau lainnya.

Karena saat menerjang banjir, konstannya kecepatan mobil memegang peranan penting dalam meminimalkan risiko. So kuncinya adalah, bersabar dan lakukan observasi secara mendalam.

2. Jaga jarak aman

Karena kecepatan konstan sangat penting, pastikan mobil di depan memiliki jarak cukup jauh. Bila masih dekat, tunggu sejenak sebelum Anda melaju.

Jalankan mobil Anda setelah cukup yakin mobil di depan tak akan menghalangi laju. Waspada anak kecil yang senang bermain di genangan banjir.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

Ini juga sebagai langkah antisipasi bila mobil di depan gagal melewati genangan air dan mogok. Anda masih bisa melakukan manuver menghindar.

3. Jaga putaran mesin

Jangan percaya mitos yang bilang saat menerjang banjir putaran mesin harus tinggi supaya mesin tak mudah mati atau untuk melawan air yang masuk lewat knalpot.

Hal ini justru memperbesar daya isap udara dari mesin dan memungkinkan air masuk ke dalam mesin. Akibatnya terjadi water hammer dan mesin pun berantakan.

Cukup jalankan mobil dengan putaran rendah di kisaran 1.500-2.000 rpm. Jaga putaran mesin agar tetap konstan dan mobil tidak melaju terlalu cepat.

BACA JUGA : Masuk Musim Hujan, Pastikan 7 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik Supaya Anda Tenang di Jalan

4. Jangan setengah kopling

Sebisa mungkin lepaskan injakan kopling ketika melewati banjir dan biarkan mesin melajukan mobil secara konstan. Terlalu sering menggunakan setengah kopling malah mengurangi usia pakai kopling dan laju mobil jadi tidak konsisten.

Tidak perlu memaksakan diri untuk mengganti posisi gigi lebih tinggi, seperti dari 1 ke 2 yang malah membuat laju mobil tersendat dan kehilangan momentum. Santai saja dan pertahankan kecepatan di laju yang konstan.

Untuk mobil transmisi otomatis, cukup masukkan gigi transmisi ke-1 dan lajukan mobil dengan santai. Usahakan untuk tidak meletakkan tuas transmisi ke D karena akan pindah sendiri. Anda bakal repot mengatur irama mobil.

5. Keringkan rem

Setelah melewati banjir, piringan rem akan basah dan daya pengereman berkurang secara serius. Hindari langsung menambah kecepatan usai melewati genangan air.

BACA JUGA : Masuk Musim Hujan, Inilah Tips Cara Merawat Kaca Mobil Supaya Tidak Menyulitkan Saat Hujan Turun

Keringkan rem dengan cara menginjak pedal rem sedikit diiringi pedal gas bersamaan. Lakukan ini sekitar 10 detik, lantas cek daya pengereman dengan mengerem normal.

Bila belum, injak pedal bersamaan 10 detik lagi. Ulangi terus langkah ini sampai pengereman kembali normal.

6. Segera matikan mesin saat darurat

Terkadang kita bisa salah perhitungan dan justru masuk ke banjir yang lebih dalam. Ketika ini terjadi, jangan panik.

Lihat dan rasakan apakah mobil masih mungkin menembus di kedalaman ini atau mulai bergeser akibat mengapung. Tapi bila ketinggian air sudah melampaui saluran masuk udara ke mesin atau bahkan kap mesin, langsung matikan mesin.

BACA JUGA : Waspadalah! Lakukan 7 Tips Ini Supaya Ban Mobil Anda Tidak Menjadi Penyebab Kecelakaan di Jalan

Begitu pula ketika terasa ada tanda-tanda mesin kemasukan air dan hendak mati. Dengan mematikan mesin lebih awal, kamu akan menghilangkan risiko terjadinya water hammer.

Jangan panik dan jangan paksakan untuk menyalakan mesin. Keluar dari mobil dan cobalah dorong mobil ke area yang lebih aman. Jangan lupa selamatkan pula barang pribadi seperti dompet dan ponsel.

Untuk pemilik Toyota yang membeli mobil baru di dealer resmi Auto2000, bisa menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance atau ERA yang merupakan hasil kolaborasi dengan AstraWorld.

Tim Era siap melayani dan membantu Anda selama 24 jam 7 hari seminggu. Untuk mendapatkan layanan AstraWorld Auto 2000 ERA, Anda bisa kontak CALL AstraWorld melalui nomor 1-500 898.

Atau bisa pula via aplikasi Auto2000 Mobile. Cukup tekan menu Emergency, maka Anda akan tersambung ke kontak CALL AstraWorld.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.