Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Waspada Serangan Microsleep Saat Mengemudi di Jalan Tol Trans Jawa
Home - Berita - Waspada Serangan Microsleep Saat Mengemudi di Jala...

Waspada Serangan Microsleep Saat Mengemudi di Jalan Tol Trans Jawa

Berita
09 Jan 2019

Auto2000.co.id – Jalan tol trans Jawa membuat Anda tidak perlu keluar masuk tol untuk berkendara antar kota, seperti antara Jakarta dan Surabaya atau antara Jakarta dan Solo.

Hal ini jelas membuat perjalanan Anda terasa lebih singkat dan nyaman. Andapun bisa memacu mobil Toyota kesayangan dengan kecepatan cukup tinggi dalam jangka waktu lama.

Aktivitas monoton selama sekian jam nonstop menimbulkan rasa mengantuk berlebih di luar waktu istirahat. Saat ini terjadi, otak merasakan kelelahan namun tetap bertahan supaya Anda tetap terjaga.

Apalagi jika sebelumnya Anda sudah lelah beraktivitas. Seperti diketahui, banyak orang memanfaatkan momen libur akhir tahun ini yang lumayan panjang untuk berlibur bersama keluarga menggunakan mobil Toyota kesayangan.

BACA JUGA : Kejutan Awal Tahun! All New Camry Resmi Diluncurkan Hari Ini

Pun, bila tidak ada sopir pengganti selama Anda berkendara di musim libur akhir tahun kali ini. Risikonya adalah microsleep, atau tertidur secara tiba-tiba hanya dalam waktu yang sangat singkat, sekitar satu hingga 30 detik.

Microsleep sering terjadi saat Anda melakukan pekerjaan yang monoton, seperti berkendara dalam waktu yang lama di jalan tol trans Jawa. Lipatkan risikonya bila Anda mengemudi malam hari.

Sebagai tips mengemudi di jalan tol trans Jawa, Anda harus waspada atas risiko timbulnya microsleep. Kenapa?

Jalan tol yang panjang bisa membuat pengemudi terlena. Dan biasanya, tingkat kewaspadaan ikut menurun. Padahal, tingkat keletihan fisik Anda juga terbilang tinggi. Makanya disarankan mengemudi maksimal hanya 3-4 jam saja.

BACA JUGA : Inilah Daftar Harga Resmi All New Camry Yang Diluncurkan Hari Ini

Saat Anda bisa berkendara konstan di jalan tol trans Jawa, katakanlah 80 km/jam, dalam 1 detik Toyota Rush Anda sanggup melaju sejauh sekitar 22 meter. Dalam waktu 3 detik, mobil Toyota C-HR Anda sudah melaju sejauh sekitar 66 m.

Saat terserang microsleep, banyak hal bisa terjadi selama kurun waktu dan jarak tersebut. Yang paling mungkin adalah mobil pindah jalur tanpa disadari.

Kalau jalan kosong, Anda beruntung. Tapi bagaimana kalau ada truk sedang berjalan lambat di jalur tersebut? Atau karena lepas kendali, mobil meluncur ke jalur berlawanan arah.

Sebelum microsleep terjadi saat mengemudi di jalan tol trans Jawa, perhatikan gejala awal munculnya microsleep supaya terhindar dari risiko celaka. Seperti, apakah Anda sudah lupa kejadian 2 – 3 menit sebelumnya?

BACA JUGA : Amazing! Ini 4 Fakta Keunggulan All New Camry Yang Bikin Anda Kagum

Jika ya, itu salah satu gejala awal Anda punya risiko terkena microsleep. Atau Anda melakukan kesalahan kecil yang tidak penting. Seperti salah menyalakan lampu sein dan sulit bertahan di jalur yang semestinya.

Secara fisik, kepala dan kelopak mata juga terasa berat. Secara tidak sadar, kepala mengangguk tanpa sengaja dan Anda sering menguap dengan durasi yang cukup panjang

Otomatis daya refleks menurun drastis dan koordinasi antar anggota tubuh ikut melemah. Anda jadi ragu dan sulit mengantisipasi potensi masalah yang terjadi di depan mata.

Tidak ada obat mujarab untuk microsleep selain istirahat tidur yang cukup. Tidak perlu terlalu lama, bisa sekitar 30 menit dengan syarat Anda harus tidur nyenyak.

BACA JUGA : Ada Gempa Bumi dan Tsunami, Lakukan 2 Tahapan Ini Untuk Menyelamatkan Diri dan Mobil Toyota Kesayangan Anda

Ibarat isi ulang baterai ponsel, memang waktu 30 menit belumlah cukup untuk mengembalikan kebugaran tubuh menjadi normal kembali. Namun paling tidak itu membantu meningkatkan kesadaran dan kebugaran Anda untuk mereduksi risiko microsleep.

Jangan mengandalkan minuman bersoda atau kopi untuk menahan rasa mengantuk. Memang terasa menyegarkan di awal, tapi lebih banyak sugestinya dan dalam jangka waktu panjang malah mengganggu kesehatan, apalagi untuk Anda yang punya penyakit maag dan masalah jantung.

Saat mau jalan, lakukan senam ringan untuk meregangkan otot tubuh yang kaku. Cuci muka dengan air bersih agar terasa segar dan membantu mengusir rasa ngantuk.

Siapkan air putih sebagai teman perjalanan. Bisa pula permen dengan rasa sedikit asam untuk membuat badan tetap terjaga. Bisa ditambah camilan, tapi jangan sampai mengganggu konsentrasi mengemudi.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.