Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - WASPADA PELAT KOPLING CEPAT HABIS

WASPADA PELAT KOPLING CEPAT HABIS

Promo Cabang
16 Apr 2019

Beberapa pengendara mengeluhkan bahwa dirinya harus sering kali mengganti pelat kopling yang cepat habis, padahal menurutnya jeda waktu penggantian pelat kopling belum lama. Tentu saja dengan seringnya mengganti pelat kopling berarti harus mengeluarkan uang yang lebih banyak.

Menurut pengalaman, salah satu penyebab paling umum cepat habisnya pelat kopling adalah tata cara mengemudi kendaraan yang kurang baik. Seringkali kita tidak mengetahui sebenarnya terdapat beberapa hal yang menjadikan komponen kopling cenderung mudah mengalami kerusakan / cepat habis seperti:

# Meletakkan kaki pada pedal kopling selama kendaraan berjalan, hal ini dapat mempercepat keausan pada release bearing dan pelat/piringan kopling

# Menahan setengah kopling saat mobil antri di tanjakan. Hal ini dapat mempercepat kerusakan sistem kopling. Mesin pun sering terasa bergetar sehingga membuat fungsi karet penahan mesin (engine mounting) juga dapat terganggu. Sebaiknya gunakan rem tangan untuk menahan kendaraan ketika sedang antri di tanjakan.

# Menginjak dan melepas pedal kopling secara kasar. Bila dilakukan dengan cara yang kasar maka sentuhan pelat/piringan kopling terhadap roda gila (flywheel) akan terasa lebih keras.

Agar kopling dapat berfungsi dengan sempurna serta tidak gampang mengalami kerusakan, maka berikut ini adalah tahapan penggunaan kopling yang dianjurkan:

^ Jika menginjak pedal kopling, maka tekanlah pedal kopling sepenuhnya. Tujuannya adalah agar roda gila (flywheel) dan pelat/piringan kopling (cluth plate) dapat terpisah secara sempurna sehingga dapat memudahkan dalam memindahkan tuas transmisi.

^ Ketika sedang menginjak pedal kopling secara sempurna, pindahkan tuas transmisi

^ Setelah memindahkan tuas transmisi, selanjutnya bebaskan injakan kopling secara perlahan diselaraskan dengan injakan pedal gas agar kendaraan dapat berjalan dengan halus dan tidak membuat kendaraan meloncat.

Ayo, coba diperhatikan lagi. Apakah selama ini sudah menggunakan kopling dengan benar atau mungkin Anda salah satu yang selama ini menggunakan kopling dengan cara yang salah? Yuk, mulai membiasakan diri menggunakan kopling dengan tahapan yang benar agar selalu berfungsi sempurna dan tidak cepat mengalami kerusakan.

Jangan lupa percayakan perawatan Toyota Anda kepada Bengkel Resmi Auto2000 Tabanan beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali atau hubungi Booking Service di nomor telepon 0361-9332000 terlebih dahulu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.