Email
Password
lupa password? klik disini
RESET PASSWORD
belum punya akun?

Jakarta -Toyota mengklaim target produksi kendaraan mereka di tahun 2016 tercapai, namun di sisi lain untuk ekspor agak mengalami penurunan.

“Tahun ini tercapai (produksi) tapi mungkin ekspor menurun sedikit ya. eksport nurun 5 persen,” ujar Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, kepada wartawan, di Jakarta.

Faktor yang membuat ekspor TMMIN menurun di katakan Warih, dikarenakan permintaan yang menurun dari negara-negara Timur Tengah.

Negara tersebut yang selama ini menjadi andalan ekspor TMMIN, sedang mengalami inflasi. “GCC, GCC (Gulf Cooperation Council),” ucapnya.

Sepanjang 2016 hingga bulan September, TMMIN telah membukukan ekspor CBU sekitar 123.700 unit, CKD sebanyak 34.500 unit, mesin bensin lebih dari 90.300 unit, mesin ethanol sebanyak lebih dari 16.200 unit, dan komponen kendaraan sekitar 64,7 juta buah.

Produk-produk ekspor ini dikirim ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, Pasifik, serta Timur Tengah.

Hingga September lalu, mobil Toyota yang diproduksi TMMIN di Karawang Plant 1 dan 2, telah mencapai angka 201.000 unit.

Lanjut Warih mengatakan walaupun angka ekspor TMMIN menurun, untuk pasar domestik meningkat.

“Tapi domestik kita naik 10-15 persen,” ucapnya.

Selain itu dari segi market share juga meningkat dibandingkan tahun 2015. “Pak Henry (Wakil Presiden PT Toyota Astra Motor Henry Tanoto) sudah menetapkan market sharenya 35-36 persen,” ucap Warih.

Namun Warih kembali mengatakan secara total pencapaian pada tahun 2016 lebih baik. “Lebih besar dari 2015,” tutup Warih.

Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto di tempat terpisah berharap, pasar otomotif tahun 2017 mendatang tumbuh 3 sampai 5 persen. Toyota sendiri menargetkan untuk mempertahankan pangsa pasarnya.

“Kita harapkan market tumbuh 3-5 persen. Harapannya sebenernya lebih. Cuma mungkin 3-5 persen. Toyota sendiri kita targetnya mempertahankan market share 35 persen,” kata Henry di Jakarta akhir pekan lalu.

Khairul Imam Ghozali РdetikOto

Newsletter
Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.
Name
Email

BERITA TERKAIT

Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.