Toyota Ingin Mesin dan Teknologinya Dijual ke Kompetitor - AUTO2000
Email
Password
lupa password? klik disini
RESET PASSWORD
belum punya akun?

Tokyo -Setelah mengumumkan bakal menambahkan tim pengembang teknologi hybrid sebanyak 30 persen di 2021, sebagai bagian dari langkah mengurangi emisi karbon di beberapa produknya, Toyota kini siap menjual teknologi tersebut ke kompetitornya.

Diberitakan Road and Track, Kamis (29/12/2016) komponen mobil saat ini lebih banyak mengandalkan teknologi komputer sehingga membuatnya mudah didesain dan dapat digunakan oleh beberapa merek lain. Tak hanya itu, setiap produsen mobil juga bakal dikenai aturan yang sama di masa depan, tampaknya masuk akal untuk menggunakan platform dari merek lain untuk mengurangi biaya produksi.

Kepala divisi mesin Toyota, Toshiyuki Mizushima mengatakan pihaknya bakal mengubah sistem yang memungkinkan rivalnya menggunakan transmisi yang sama.

“Pemasok Toyota memproduksi banyak teknologi yang hanya bisa digunakan oleh Toyota. Kami ingin mengubah itu, di mana teknologi yang kami kembangkan dengan suplier sebagai langkah awal sehingga teknologi tersebut bisa dipakai oleh konsumen non-Toyota,” kata Toshiyuki.

Pemasok terbesar Toyota adalah Denso yang juga menyambut baik rencana tersebut.

“Hingga saat ini, kami tak bisa menjual inverter yang sama yang digunakan di sistem Hybrid Toyota model sebelumnya ke konsumen non-Toyota karena tidak bakal cocok dengan motornya atau voltasenya yang berbeda. Kami bisa menghindari hal tersebut jika pemasok bisa menjualnya keseluruhan,” ungkap Direktur Eksekutif Riset dan Pengembangan Denso, Yoshifumi Kato.

Menggunakan standar yang sama dan saling berbagi komponen bakalan kita lihat di masa depan. Di Jepang misalnya adanya Nissan yang sudah berbagi teknologinya dengan Renault, juga Mercedes Benz. Mazda membuat roadster bersama dengan Fiat untuk MX-5, sementara Toyota bersama dengan Subaru juga BMW untuk membuat mobil sportnya lebih ekonomis.

Dina Rayanti – detikOto

Newsletter
Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.
Name
Email

BERITA TERKAIT

Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.