Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Tips Mudik dengan Mobil Pribadi Agar Perjalananmu ...

Tips Mudik dengan Mobil Pribadi Agar Perjalananmu Menyenangkan

Promo Cabang
28 May 2019

Banyak alasan kenapa pemudik lebih memilih kendaraan pribadi untuk pulang kampung ketimbang menggunakan angkutan umum. Selain lebih fleksibel, mudik dengan mobil pribadi bisa memudahkan silaturahmi ke sanak famili di kampung halaman. Namun sebelum semua itu terlaksana, ada baiknya kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Perjalanan mudik tidaklah sama dengan perjalanan sehari-hari ke tempat kerja. Apalagi jika daerah tujuanmu sangat jauh, maka akan banyak sekali hal yang tidak bisa diprediksi, seperti kemacetan panjang di daerah tertentu, kelelahan fisik, kendaraan mogok atau pengalihan arus lalu lintas ke jalan yang belum pernah kamu lewati.

Nah, berikut ini tips mudik dengan mobil pribadi agar perjalanan ke kampung halaman terasa menyenangkan dan berkesan

BACA JUGA : Buta Sejenak Karena Sinar Lampu Dari Arah Berlawanan

Periksa Kendaraan

Hal yang paling utama sebelum melakukan perjalanan mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan. Mobil yang prima merupakan salah satu faktor yang menentukan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara. Bawalah mobil kamu ke bengkel langganan dan periksa oli mesin, air radiator, kaki-kaki, rem, busi, keausan ban, karet wiper, filter AC dan lainnya.

Sediakan Uang Tunai dan Saldo E-money yang Cukup

Perkirakan berapa banyak uang yang diperlukan selama perjalanan dan siapkan sebagiannya dalam bentuk cash. Uang tunai yang cukup akan memudahkan bertransaksi karena tidak semua tempat yang akan kamu singgahi terdapat mesin ATM atau menerima kartu debit. Jika menggunakan jalan tol atau menyeberang lewat pelabuhan, jangan lupa isi saldo e-money yang cukup.

BACA JUGA : High Mount Stop Lamp Bukan sekedar Aksesoris lho

Jangan Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas

Setiap kendaraan memiliki batas jumlah penumpang. Selain mengganggu kenyamanan, mengangkut penumpang melebihi jumlah yang ditentukan jelas membahayakan keselamatan bersama. Hal lain yang perlu diperhatikan, jangan membawa barang bawaan berlebihan. Mobil yang terlalu penuh dengan barang, akan membuat penumpang sulit bergerak selama perjalanan dan badan jadi pegal-pegal.

Sediakan Makanan yang Cukup

Meskipun tempat makan atau minimarket 24 jam mudah dijumpai di sepanjang jalan, sebaiknya sediakan makanan atau camilan. Makanan ringan dapat menjadi teman yang menyenangkan untuk menikmati perjalanan sekaligus sebagai pengusir rasa bosan.

BACA JUGA : Apakah Rem Tangan Auto Family Bekerja dengan Baik

Rencanakan Perjalanan dengan Matang

Perjalanan mudik bukan melulu soal ritual pulang-pergi ke kampung halaman. Jadikan perjalanan ini juga sebagai rekreasi keluarga. Sempatkan mampir untuk menikmati kuliner legendaris di sepanjang jalan yang kamu lewati. Beristirahat sambil menyantap sajian yang banyak dibicarakan orang tentu menjadikan pengalaman mudikmu pasti tambah seru. Aktifkan GPS atau Google Maps sebagai panduan untuk mengantisipasi terjebak di kemacetan. Rencanakan jalur alternatif yang bisa kamu gunakan jika jalan utama ternyata terjadi kepadatan atau penumpukan kendaraan. Perhatikan juga posko mudik yang diselenggarakan diler resmi di kota-kota yang kamu lalui, siapa tahu kendaraanmu butuh pemeriksaan di tengah perjalanan.

Istirahat Jika Kelelahan

Jangan memaksa untuk terus mengemudi jika merasa lelah atau mengantuk. Tidak ada obat yang paling mujarab untuk mengusir kantuk kecuali tidur. Tidak harus berjam-jam, tidur berkualitas selama 15 menit sudah cukup untuk membuat badan kembali segar. Bila memungkinkan, pilihlah rumah makan atau restoran yang biasa dijadikan pemudik sebagai tempat makan sekaligus istirahat.

BACA JUGA : Tips Memilih Pengharum Kabin Mobil Auto Family

Biar Lambat Asal Selamat

Perjalanan mudik bukan ajang balapan atau adu kecepatan dengan pengendara lain. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas, saling menghormati sesama pengguna jalan dan menghilangkan ego dalam mengemudi, akan membantu menurunkan angka kecelakaan selama masa mudik.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.