Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Tips Mencari Mobil Untuk Anak Muda

Tips Mencari Mobil Untuk Anak Muda

Promo Cabang
16 Dec 2019

Hai Auto Family!

Bagi kebanyakan anak muda, punyai satu unit mobil jauh lebih penting dibandingkan mempunyai rumah. Hal ini tak lepas dari mobilitas tinggi yang dimiliki anak muda zaman sekarang.

Jadi tanpa mobil, hidup dirasa kurang komplet. Sayangnya, harga mobil masih terlalu mahal bagi kantong anak muda. Terlebih lagi, bagi yang baru mulai bekerja. Tabungan yang dimiliki, tentu saja belum cukup untuk membeli satu unit mobil.

Tetapi, jangan putus asa dulu, karena banyak trik yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginan punya mobil. Kira-kira trik apa yang mesti dilakukan? Berikut tips beli mobil walau gaji pas-pasan.

Baca Juga Testimoni Pelanggan Setia Auto2000

1. Tentukan Mobil yang Diinginkan

Pertama-tama, tentukan dulu mobil seperti apa yang diinginkan, apakah itu mobil sedan, truck, SUV, dan lainnya. Mengetahui jenis mobil sangat membantu untuk mengetahui kisaran harga mobil yang sebenarnya.

Sehingga, mudah mengetahui jumlah uang yang harus dipersiapkan, agar mobil tersebut bisa segera parkir di garasi milik Anda. Sesuaikan jenis mobil dengan tingkat kebutuhan sehari- hari untuk menghindari kasus salah membeli mobil. Apabila sampai salah membeli, bisa-bisa mobil tidak akan memberi manfaat maksimal untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Sangat disayangkan, bukan?

2. Jangan Ragu Cicil Mobil Bekas

Apabila harga satu unit mobil baru masih terlalu mahal, apa salahnya untuk melirik mobil bekas. Toh, kualitas mobil bekas tidak selalu buruk. Asal sabar mencari dan pintar memilih, mobil bekas yang didapat bisa saja lebih bagus dari apa yang Anda harapkan sebelumnya. Sebelum membeli, coba perhatikan kondisi mesin mobil.

Apabila mesinnya masih dalam keadaan baik dan prima, lanjutkan proses negosiasi dengan pemilik. Apabila mesinnya sudah tidak bagus, sebaiknya cari penjual lain yang menawarkan kualitas mobil seperti yang kamu cari.

3. Menabunglah Secara Rutin

Apa pun yang diinginkan pasti bisa diperoleh asalkan mau menabung. Jadi, Anda yang gajinya hanya Rp4-5 juta per bulan, cobalah untuk menabung secara rutin. Sisihkan 1/3 dari total gaji kira-kira selama 1-2 tahun untuk membayar DP mobil.

Agar menabung tetap konsisten, tentukan kapan tabungan akan disetor. Apakah itu di awal bulan, pertengahan bulan, atau di akhir bulan. Tabungan ini tentu harus dipisah dari jenis tabungan lain untuk menghindari adanya pemakaian untuk memenuhi kebutuhan selain membeli mobil. Dengan demikian, uang yang ditabung bakal kelihatan karena jumlahnya bertambah terus-menerus.

4. Kencangkan dalam Berinvestasi

Berinvestasi jauh lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan menabung. Kenapa? Karena, uang yang diinvestasikan bisa tumbuh lebih cepat. Dalam tenor 6-12 bulan saja, Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan bahkan jutaan rupiah apabila instrumen investasi yang dipilih tepat.

Dari segi besarnya risiko, berinvestasi memang memiliki tingkat risiko yang lebih besar daripada tabungan. Tapi tenang, tingkat risiko ini bisa diminimalisir asal Anda menguasai ilmu investasi dengan baik. Bagi yang tidak mau mengambil risiko besar, Anda bisa mencoba investasi dalam bentuk deposito.

Investasi ini cenderung lebih aman daripada investasi saham. Keuntungan yang didapatkan juga lumayan untuk menambah pundi-pundi tabungan saat membeli mobil.

5. Lakukan Riset ‘Dealer’

Keberadaan dealer, tentu saja akan memudahkan Anda saat membeli mobil. Apalagi sekarang, jumlah dealer yang ada di setiap wilayah sudah semakin banyak. Dealer-nya juga tidak hanya berasal dari satu perusahaan mobil saja, tapi dari beberapa perusahaan sekaligus.

Coba lakukan serangkaian riset terhadap masing-masing dealer yang ada. Riset ini penting untuk mengetahui seberapa baik kinerja dealer dalam melayani kebutuhan pembeli. Apabila dealer yang satu dirasa tidak cocok, Anda bisa beralih ke dealer yang lain.

Agar riset lebih mudah dan ringkas, Anda bisa meminta rekomendasi dealer dari keluarga atau kerabat yang sudah mempunyai mobil. Bisa juga dengan mencari di Google untuk menambah informasi yang dibutuhkan.

6. Pilih Tenor Cicilan yang Sesuai

Bagi yang tidak mampu membeli mobil secara tunai, coba manfaatkan program cicilan yang ditawarkan oleh dealer. Cicilan hadir dengan tenor yang beranekaragam. Ada yang 3 tahun, 5 tahun, atau bahkan 15 tahun juga.

Pilihlah tenor cicilan yang terbaik untuk Anda. Sesuaikan dengan total gaji yang diterima setiap bulan agar proses pembayaran cicilan nantinya tidak menyulitkan Anda secara finansial.

Meski begitu, jangan pula memilih tenor cicilan yang terlalu lama ya. Sebab bunga cicilan yang harus dibayarkan biasanya jauh lebih besar dibandingkan cicilan yang tenornya lebih singkat.

7. Rawat Mobil dengan Baik

Cicilan belum lunas, tapi mobil sudah bermasalah saja. Anda pasti tidak mau mengalami hal ini, bukan? Maka dari itu, cobalah merawat mobil sebaik mungkin. Caranya dengan memperhatikan pemakaian mobil sehari-hari.

Selain itu, cuci mobil secara teratur agar mobil selalu bersih. Bila perlu, bawa juga mobil ke bengkel untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan, terutama pada bagian mesinnya.

Apabila mesin mengalami kerusakan, mesin bisa segera diperbaiki sebelum kerusakannya bertambah parah. Dengan demikian, uang yang dikeluarkan juga menjadi lebih sedikit bila dibandingkan saat kondisi mesin rusak parah.

8. Ingat Apa yang Jadi Keinginan Anda!

Ketika Anda ingin menghambur-hamburkan uang demi kesenangan semata, coba ingat kembali apa yang menjadi keinginan. Ingat kalau Anda ingin segera punya mobil. Dengan mengingat hal ini, maka niat Anda untuk menghamburkan uang akan langsung terhenti sesaat. Apa yang terjadi justru sebaliknya, di mana Anda akan semakin terpacu semangatnya untuk menabung dan terus menabung.

Alhasil, mobil idaman pun bisa segera didapatkan dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan. Biarkan bayang-bayang punya mobil pribadi membekas kuat di dalam ingatan. Tujuannya, agar fokus dalam dirimu tertuju pada satu hal saja, tidak melenceng ke hal-hal lain.

Semuanya Mungkin, Asal Ada Usaha

Apa pun yang diinginkan dan semahal apa pun biaya untuk mewujudkan keinginan itu, semuanya bisa terwujud asal kamu tahu triknya. Bagi yang berkeinginan untuk segera mempunyai mobil, coba terapkan trik-trik yang dijelaskan di atas.

Semoga dengan trik di atas, Anda bisa segera mendapatkan mobil impian walaupun jumlah gaji yang diterima setiap bulannya tergolong minim atau pas-pasan.

Baca selengkapnya di Gaji Pas-Pasan Bisa Beli Mobil

(Firsty N)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.