Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Tidak Boleh Asal Ganti Oli Matic

Tidak Boleh Asal Ganti Oli Matic

Berita
09 Sep 2019

Teknologi transmisi otomatis kini terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa jenis. Nah, setiap jenis transmisi, membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda. Jangan dilanggar!. Nyawa transmisi matik ada di oli. Sebab, prinsip dasar transmisi matik menggunakan tekanan oli dan torque converter (TC) untuk menggerakkan perpindahan gigi. TC menggantikan kopling mekanis pada transmisi manual. Dan seluruh bagian kampas kopling matik ini terendam oli. Makanya, kualitas oli menjadi kebutuhan yang mutlak. Jadi, memilih oli matik pun ada rambu-rambunya.

BACA JUGA :  Mengapa harus Pakai Oli Mesin Mobil dari Pabrikan

Tak boleh asal. Itu sistem matik konvensional. Apalagi, saat ini ada beragam jenis transmisi matik yang dipakai pada mobil di atas tahun 2000-an. Mulai elektronik, CVT serta dual clutch. Teknologi transmisi otomatis kini terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa jenis. Nah, setiap jenis transmisi, membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda. Jangan dilanggar!. Nyawa transmisi matik ada di oli. Sebab, prinsip dasar transmisi matik menggunakan tekanan oli dan torque converter (TC) untuk menggerakkan perpindahan gigi.

TC menggantikan kopling mekanis pada transmisi manual. Dan seluruh bagian kampas kopling matik ini terendam oli. Makanya, kualitas oli menjadi kebutuhan yang mutlak. Jadi, memilih oli matik pun ada rambu-rambunya. Tak boleh asal. Itu sistem matik konvensional. Apalagi, saat ini ada beragam jenis transmisi matik yang dipakai pada mobil di atas tahun 2000-an. Mulai elektronik, CVT serta dual clutch. “Setiap jenis transmisi ini mempunyai rekomendasi oli yang berbeda dan tidak boleh tertukar” tegas Sunardi SA Auto2000 Pandeglang.

BACA JUGA : Mulailah dari Memeriksa Tutup Oli Mesin

“Pemakaian oli yang salah tak hanya berdampak pada performa, tapi juga bisa merusak sistem kerja transmisi,” Lanjut Sunardi.  Lebih lanjut Sunardi menambahkan, di mobil Toyota saja mempunyai 3 jenis oli matik yang berbeda. Untuk Avanza dan Rush menggunakan Dexron III.  Sedangkan Kijang Innova dan Fortuner mengunakan T-IV. Untuk Camry dan Vios memakai ATF WS. Sedangkan varian mobil yang menggunakan transmisi sistem CVT seperti Corolla Altis, memakai CVT Fluid.

Perbedaan ini dipicu dari perbedaan sistem kerja tiap jenis matik. Pada transmisi matik konvesional, lebih sederhana. Tak terdapat chips elektronik yang terendam oli. Oli hanya bertugas sebagai pelumas dan tenaga hidrolis bertekanan tinggi, yang membuat perpindahan gigi serta memutar kopling, sampai berlangsung perpindahan tenaga ke roda. Makanya kebutuhan olinya cukup memakai Dexron III. Tapi, buat transmisi yang menggunakan sistem elektronik, mempunyai rangkaian elektronik yang terendam di dalam oli. Otomatis membutuhkan spesifikasi oli yang ramah terhadap perangkat ini.

BACA JUGA :  TIPS HEMAT BBM

“Oli tidak boleh menghantar arus listrik. Jika menggunakan oli matik jenis konvensional, maka perangkat ini bisa rusak,” tegasnya. Terlebih lagi sistem Continuously Variable Transmission (CVT).  Teknologi matik terbaru ini lebih rumit. “Tidak ditemukan roda gigi seperti transmisi matik konvensional. Diganti dua puli yang dihubungkan sabuk baja (belt). CVT bergerak dengan dinamis. RPM naik akan disesuaikan kecepatan,” tambahnya. Pergerakan CVT ini diperintah oleh sistem komputer yang terdapat pada ECU. Makanya, perlu oli dengan spesifikasi khusus yang ramah terhadap puli dan juga bisa mengikuti kecepatan dari perintah computer. Bila salah memasukkan oli, resiko paling kecil akan terjadi slip pada puli. Sehingga, transmisi ini tak bisa menyalurkan tenaga yang optimal ke roda. Resiko terbesar, kerusakan pada sistem transmisinya.

Dapatkan promo menarik berupa Free 1 Liter Oli TMO Synthetic* untuk setiap penggantian oli dan Free 2 Liter Oli TMO Synthetic* setiap Auto Family melakukan Service berkala pada hari Minggu.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.