Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Susah Stater tapi Suara Klakson Keras apa yang har...

Susah Stater tapi Suara Klakson Keras apa yang harus dilakukan

Promo Cabang
12 Apr 2019

Kenapa Accu saya sudah tidak bisa  untuk stater mobil tapi kondisi klakson masih bersuara kencang ???

11 April 2019 – Auto2000 Pandeglang

Accu merupakan bagian terpenting pada kendaraan. Accu pada kendaraan merupakan sumber listrik pada rangkaian kelistrikan di kendaraan. Saat mesin akan dihidupkan maka baterailah yang mensuplai arus ke motor stater, dan setelah mesin sudah hidup maka altenator akan mengisi kembali arus pada baterai. Sehingga tanpa adanya baterai maka kendaraan khususnya mobil tidak akan dapat menyala karena untuk menghidupkan kendaraan ini menggunakan elektrik starter. Penggunaan baterai secara terus-menerus akan mengakibatkan penurunan kemampuan baterai sehingga pada baterai perlu dilakukan pemeriksaan. Untuk menjawab prtanyaan diatas mari kita ketahui cara pemeriksaan Accu dibawah ini.

Berikut DIY Perawatan mudah Accu Toyota anda :

  1. Periksa Kondisi Fisik Accu.
    • Pemeriksaan kondisi dari kotak baterai. Kotak baterai merupakan bagian paling luar baterai dan dapat langsung dilihat kondisinya secara langsung. Kotak baterai yang masih normal bentuknya masih rata dan lurus, tidak menggelembung, tidak ada keretakan pada kotak baterai dan tidak terjadi kebocoran pada kotak baterai. Sehingga bila ditemui baterai kondisi kotak baterai yang tidak normal misalnya ada yang retak atau bocor atau tidak rata atau menggelembung maka lakukan penggantian baterai
  2. Periksa Kondisi Terminal Accu.
    • Periksa Terminal positif dan Negatif Accu Dari adanya korosi ataupun karat Agar tidak berkurangnya kontak Terminal Accu menuju Kabel dan rangkaian kelistrikan. Hal yang umum terjadi pada Terminal Accu adalah terdapatnya korosi berwarna hijau keputih-putihan. Untuk mengatasi hal ini anda cukup Menyiramkan Air Hangat ke Terminal tersebut sembari mengetuk-ketuk terminal tersebut hingga korosi hilang.
  3. Periksa Kondisi Cairan Elektrolit Accu Apakah dalam Kondisi Full Atau low.
    • Untuk pengecekan Cairan Elektrolit ini hanya untuk Accu Basah dengan melihat pada bagian Body Accu anda. Cairan Elektrolit yang Kurang akan mengakibatkan kerusakan Element di dalam Accu tersebut, dan jika Cairan Elektrolit terlalu berlebihan maka akan mengakibatkan Berat jenis Accu berkurang yang akan mengakibatkan Arus Accu melemah. Periksalah Cairan Accu agar selalu pada posisi Full sesuai tanda yang tertera pada body Accu.
  4. Periksa Kondisi Accu melalui Densimeter Hole (Khusus Accu Kering)
    • Pemeriksaan Untuk Accu kering biasanya hanya dengan melihat kondisi Densimeter Hole yang terdapat pada bagian atas Accu. Namun apakah itu 100% akurat???. Menurut Bp Arif Kepala Foreman Auto2000 Pandeglang “Kondisi Accu kering tidak bisa hanya berpedoman pada Densimeter Hole, Kenapa ??? Beliau bertanya kembali kepada saya lalu melanjutkan “Densimter Hole itu apa sih sebenarnya??? Densimeter adalah alat yang  digunakan untuk mengukur densiti (kerapatan) zat cair secara langsung. Angka-angka yang tertera pada tangkai berskala secara langsung menyatakan massa jenis zat cair yang permukaannya tepat pada angka yang tertera. Jadi Accu kering yang diukur disini hanya Berat Jenis Airnya saja namun jika Kondisi dimana Element Accu didalam mengalami kerusakan itu sama saja Accunya tidak akan kuat untuk start Mobil” jadi pemeriksaan Densimeter Hole sama saja pemeriksaan Cairan Elektrolit Accu pada Accu Kering.

Jika Item-item perawatan diatas sudah dilakukan dan hasilnya Bagus semua namun Accu masih tidak mau Stater Mobil. Maka dapat disimpulkan Accu Sudah Lemah dalam kemampuan Ampere yang diperlukan untuk menghidupkan stater mobil. Kenapa Lemah ??? ingat pemeriksaan di atas hanya pedoman pemeriksaan visual dari luar fisik Accu tapi apakah anda dapat memastikan di dalam Accu tersebut Elemen masih bagus atau tidak!!! Agar anda Lebih yakin konfirmasikan gejala tersebut ke pihak Dealer resmi Toyota agar di cek menggunakan alat pengecekan Accu bahwa kondisi Elemen Accu Sudah Tidak Bagus. Satu lagi pertanyaan kenapa Klakson masih Bunyi Keras karena Ampere yang dibutuhkan untuk membunyikan Stater lebih kecil dibandingkan yang dibutuhkan untuk Stater. Jadi untuk kasus seperti ini dapat dipastikan Accu harus segera di ganti.

Follow Facebook dan Instagram Fanpage kami untuk mendapatkan Update terkait promo cabang Auto2000 Pandeglang

https://www.facebook.com/toyotapandeglangbanten/

https://www.instagram.com/auto2000pandeglang/

(Arif Krisna K)

Auto2000


Warning: explode() expects parameter 2 to be string, array given in /home/admauto/public_html/wp-content/themes/auto2017/single.php on line 131
Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.