Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Home - Berita - Solusi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Solusi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Promo Cabang
13 Jan 2020

Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan kelembapan dan suhu. Biasanya, kelembapan dan suhu di luar lebih dingin daripada di dalam kabin. Meski banyak yang menganggap sepele, ternyata embun pada kaca mobil ini sebenarnya cukup membahayakan. Karena terganggunya jarak pandang pengemudi, embun dapat menyebabkan kecelakaan fatal. Bukan itu saja, embun yang menempel terlalu lama di kaca juga dapat menyebabkan timbulnya kerak air di permukaan kaca. Oleh karena itu, berikut adalah cara hilangkan embun di kaca mobil saat hujan :

Nyalakan AC

Suhu AC yang terlalu dingin memang bisa menyebabkan kaca berembun. Tapi, solusinya bukanlah dengan mematikan AC. Malah, Auto Family disarankan untuk menyalakan AC untuk membantu menghilangkan embun, terutama ketika hujan atau udara dingin di luar mobil. Cukup atur suhu AC dan sesuaikan dengan suhu di luar saat hujan.

Baca Juga : Begini Cara Rawat Karet Wiper dan Karet Jendela

Aktifkan defogger

Defogger bisa Auto Family temukan di bagian belakang kaca mobil dengan garis-garis kawat tipis sebagai kondensator panas, baik vertikal maupun horizontal. Keberadaan defogger di musim hujan dapat membantu menghilangkan embun, sehingga visilibilitas pengemudi saat melihat ke bagian belakang akan lebih jelas. Untuk mengaktifkan defogger, Auto Family cukup menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada di dashboard kendaraan Auto Family.

Oleskan kaca dengan sampo rambut

Cara lain untuk hilangkan embun di kaca mobil saat hujan adalah dengan mengoleskannya dengan sampo rambut sebelum mulai berkendara. Formula yang terdapat pada sampo rambut ternyata dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembapan di sekitar kaca terjaga. Cara penggunaannya pun sederhana. Auto Family cukup mengoleskan sedikit sampo di kaca mobil bagian dalam (tetapi jangan dicampur air), lalu lap kaca dengan lap sintetis (chamois) yang sedikit lembab (jangan bercampur air) dengan arah lurus menyamping (searah, supaya kaca tidak buram). Setelahnya, jika hujan telah reda dan cuaca kembali cerah, segera bersihkan kaca mobil Auto Family dari sampo dengan menggunakan lap hingga bersih.

Baca Juga : Ciri ciri Oli Bercampur Air

Gunakan tembakau

Selain sampo, ternyata tembakau juga bisa hilangkan embun di kaca mobil saat hujan. Kandungan nikotin pada tembakau dipercaya dapat menyerap uap air dan mencegah kaca mobil berembun saat suhu menjadi sangat dingin atau hujan. Penggunaannya pun sama, Auto Family cukup mengoleskan tembakau pada rokok di kaca. Namun, berhati-hatilah dalam mengoleskannya agar kaca mobil tidak tergores oleh campuran potongan cengkeh yang mungkin terdapat di rokok tersebut. Oleskan secara pelan dan halus.

Cairan anti kabut

Bagi Auto Family yang ingin cara lebih praktis, Auto Family bisa membeli produk cairan anti kabut atau defogger di toko perlengkapan mobil. Setelahnya, Auto Family cukup menyemprotkan cairan anti kabut ke kaca bagian dalam, diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah beberapa kali.

Baca Juga : 6 Langkah Persiapan Mobil untuk Menghadapi Musim Hujan

Cara Mencegah Kaca Berembun

Kaca berembun akan terjadi pada jenis mobil apa saja, baik yang murah maupun mahal. Untuk mencegah kaca berembun, ada beberapa tips lain yang bisa Auto Family lakukan:

1. Jangan parkir di tempat yang terlalu terik.

2. Buka seluruh kaca untuk beberapa menit setelah mobil Auto Family diparkir di tempat terik.

3. Jangan menggunakan lap basah untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam. Bila hal itu telah terlanjur Auto Family lakukan, maka setelah mobil dicuci, usahakan untuk membuka seluruh kaca hingga udara di kabin benar-benar kering.

4. Bersihkan karpet dek mobil secara teratur dengan menjemurnya selama beberapa jam. Karena meskipun terbuat dari bahan karet atau bahan lain yang kedap air, karpet masih membawa air atau bahan lain yang berair.

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di Auto2000 Pandeglang. Segera Booking untuk memanfatkan layanan kami.

(Krisna)

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.